SIDIK JARI

Sidik jari (finger print) adalah ilmu yang “murni” polisi, saya tidak pernah melihat institusi lain yang mengajarkan ilmu ini selain kepolisian, saya akui semasa menjadi siswa kepolisian saya agak malas mengikuti pelajaran ini… karena pelajaran ini rumit, terutama bagian merumus sidik jari…

Sekedar mengingat pelajaran lalu….. mungkin juga berguna bagi pembaca yang ingin sedikit tahu mengenai sidik jari…

Ok… Pada prinsipnya “TIDAK ADA MANUSIA DI DUNIA INI YANG MEMPUNYAI SIDIK JARI YANG SAMA” …. Hmmmmh lucu ya ? itulah Keajaiban Tuhan… pernah dicoba dibandingkan sidik jari dua orang yang kembar identik…. Tetapi tetap saja sidik jarinya tidak sama…. Yang saya tidak tahu apakah orang yang di CLONING juga mempunyai sidik jari yang sama ???? wah….. memang jawaban ini bikin saya penasaran, sayangnya belum ada percobaan di dunia untuk meng- CLONING manusia….

Kenapa ada sidik jari ??? sidik jari sebenarnya adalah kulit yang menebal dan menipis membentuk suatu “punggungan” pada telapak jari yang membentuk suatu pola, sidik jari tidak akan hilang sampai seorang meninggal dunia dan busuk, goresan – goresan atau luka biasanya pada waktu kulit berganti akan membentuk pola yang sama…. Kecuali kulit tersebut mengalami luka bakar yang parah…. Ada kejadian nyata, sesorang di Jakarta pada saat mau membuat visa AS ditolak karena pola sidik jarinya hilang karena pernah mengalami luka bakar…. Kalau begini bagaimana ya ????

Identifikasi Sidik jari dikenal dengan DAKTILOSKOPI adalah merumus pola sidik jari pada tapak tangan yang sama, kiri maupun kanan…. Metodanya dikenal dengan metode Henry, Rocher dan Vucetich… Metode Henry diciptakan di India dan dipakai semua negara “English Speaking” , Metode Rocher digunakan di negara Jerman dan Jepang, sedangkan Metode Vucetich digunakan pada negara – negara berbahasa Spanyol…. Indonesia sendiri menggunakan Metoda Henry….

Bagaimana bentuk umum sidik jari ????

Pada umumnya manusia mempunyai 3 macam bentuk umum sidik jari dalam metode Henry yaitu :

arch

ARCH

loop

LOOP

whrol

WHORL
Ada juga varian ARCH ……

tented arc

TENTED ARCH

Nah……..Dari bentuk bentuk diatas inilah kita bisa merumuskan sidi jari….

Sidik jari bisa digunakan untuk pengungkapan kejahatan, misalnya dari sidik jari laten (pengambilan sidik jari menggunakan serbuk kimia) yang didapat dari barang barang di TKP, atau barang – barang yang digunakan untuk “melakukan kejahatan” seperti pistol, pisau, tang obeng dan sebagainya…

Nah … inilah letak krusialnya…. Dari sidik jari laten yang kita temukan di TKP tersebut, polisi melakukan pemotretan sidik jari lalu dibandingkan dengan data sidik jari dalam file kepolisian….

Ingatkah anda pada waktu membuat SKKB ??? itulah sumber data yang berharga bagi polisi untuk mencari data guna membandingkan sidik jari di TKP dengan sidik jari orang – orang yang kita curigai…

Dalam ilmu Daktiloskopi sidik jari dikatakan IDENTIK apabila mempunyai MINIMAL 12 titik yang sama dalam satu ruas jari (tidak perlu lengkap semua…. Bisa kelingking saja… bisa jempol saja….)

Salah satu contoh bagaimana SIDIK JARI bisa menentukan tersangka dalah tulisan saya di sini.

Ok demikian “pencerahan” saya, mudah – mudahan bermanfaat….

About these ads

68 Komentar

Filed under hukum, Polisi, polri, Publik

68 responses to “SIDIK JARI

  1. menarik sekali postinganya ;) apalagi saya dulu penggemar novelnya S Mara GD (jadi pingin baca lagi). Tapi kalau manusia hasil rekayasa genetik, mendingan tidak usah ada, jadi pusingnya merumuskan sidik jari juga tidak perlu bertambah. Selama ini untuk mikroorganisme hasil cloningan hampir selalu mempunyai gene yang sama persis dengan aslinya, jadi mungkin manusia cloningan juga mempunyai rumus sidik jari yang sama, who know???

    @mimie: Inilah yang menjadi perdebatan beberapa tahun belakangan ini…. apakah secara etika “Ketuhanan” membolehkan manusia di CLONING…. secara “logika” manusia memang “memungkinkan” untuk dilakukan…. yang “ngeri” memang membayangkan ada dua manusia yang memang identik dari segala aspek… termasuk SIDIK JARINYA (ngga tau juga ya.. apa sidik jari bisa sama…..) … yang jelas kalau sampai ada buat POLISI repot doonk…..

  2. Semua itu memang hanya tertinggal masalah ke Tuhanan, secara teori kloning manusia itu bisa, meski sejauh ini banyak dicoba hanya pada mikroorganisme (kerjaan sehari-hari ;))
    Tapi kalau mengingat I am legend nya will smith, semoga kloning manusia tidak pernah ada

  3. T. hendrawan

    he.he he….nice wrote again dan.. tapi pernah kepilir gak buat manage tuh sidik jari yang udah didata dalam bentuk digital dan dibentuk dalam file khusus sehingga gak perlu repot lagi …cari bentuk sidik jari orang dan datanya…..lanjut dan mau bahas tentang narkoba gak …

  4. Asik mas, beberapa penjelasan diatas semakin dimengerti oleh semua orang, tapi ada beberapa kalimat yang saya ambil dari artikel sidk jari yang mas buat :

    ” Nah … inilah letak krusialnya…. Dari sidik jari laten yang kita temukan di TKP tersebut, polisi melakukan pemotretan sidik jari lalu dibandingkan dengan data sidik jari dalam file kepolisian….

    setahu saya masalah pengarsipan file terutama sidik jari di Polri masih amburadul. Jadi kata-kata mencocokkan ataupun membandingkan data sidik jari di TKP dengan data yang ada di Polri masih jauh dari harapan, karena pengarsipan di Polri masih manual alias hasil rumusan sidik jari berupa blangko yang berbentuk kotak-kotak disimpan di dalam rak / almari tidak dalam format digital… seperti yang difilm-film.

    apalagi jika pelaku tindak pidana adalah penjahat kambuhan, gimana bisa ngungkapnya mas……

    • Gandrink

      untuk membandingkan sidik jari latent tidak harus membongkar semua file sidik jari yang di simpan, tapi harus selektif, dari kepolisian sendiri punya data sidik jari semua tahanan di wilayah masing2 dari semua jenis kejahatan, seperti yg mas agus bilang misaalnya seperti pelaku tindak pidana kambuhan, setiap pelaku tindak kejahatan mereka punya specialist dari masing2 kejahatannya misalnya ( specialist bobol plafon, specialist curat siang, specialist bobol brangkas dll. ), jd dr sinilah pihak kepolisian bisa membandingkan secara selektif…….demikian penjelasan saya semoga bermanfaat…..

      @Gandrink: terimakasih atas penjelasan tambahannya

      • Mungkin data pengarsipan sidik jari AK23 melalui data base itu yang dimaksud,untuk melakukan perbandingan sidik jari tetap harus manual agar lebih akurat karna yang namanya teknologi jelas mempunyai kekurangan dan kelebihan dan sistim biasa eror namun untuk percepatan pencarian data yang mendekati sama bisa dilakukan melalui sisitim komputer yang memiliki kemiripan pola atau garis papiler sekitar 80-90 persen kenapa saya mengatakan begitu karna setiap sidik jari latent yang kita temukan jelas tidak memiliki kesempurnaan dari bentuk dan pola terkadang tidak begitu jelas core dan delta sebagai patokan untuk melakukan perbandingan apalagi sidik jari menyangkut nasib seseorang apakah pelaku pidana atau bukan karna ditentukan oleh kita sebagai saksi ahli dipengadilan bayangkan jika kita melakukan perbandingan tsb hanya bergantung pada sistim komputer dan syarat seseorang bisa dikatakan identik itu harus memiliki ketentuan garis pembanding 8 untuk garis istimewa dan 11 untuk garis biasa….” SIDIK JARI SETIAP ORANG TIDAK SAMA,SIDIK JARI MANUSIA TIDK BERUBAH SELAMA HIDUP dan SIDIK JARI DAPAT DIRUMUS ATAU DIKLASIFIKASIKAN SECARA MATEMATIS ( Sir Francis Galton (1822-1916) )

      • ahmad

        Kalo pengarsipan saya lebih setuju dengan cara komputerisasi atau CA-AFIS, sebab apabila kita melakukan arsip SJ dg manual, bayangkan apabila kita membandingkan satu SJL dengan file yg kita miliki yg jumlahnya mencapai ribuan????? apa gak gempor mata kita, cuman… cara manual harus tetap kita gunakan setelah kita temukan file yg pas melalui cara komputerisasi untuk menguatkan proses identifikasi SJL tsb, salam INAFIS INDONESIA…

      • Untuk percepatan pencarian sidik jari comparator dng laten bisa dengan komputer tapi untuk laten yang jelas terlihat tetapi apabila menemukan latent yg agak kurang jelas atau agak kabur software apapun itu tidak akan bisa membaca garis charateristic garis papiler atau galton detail coba bagi yg sudah menggunakan absen sidik jari dikantor apakah anda pernah menekan scan dng jari kemudia meminta berapa kali untuk menyentuh live scane tsb itu menandakan sisitim tsb hanya bisa membaca data yg jelas sedangkan laten yg aga kabur kurang terang alatatau software tsb tidak bisa membaca dan ini menandakan masih terdapat kelemahan dan penyelesaian akhir tetap menggunakan manual.hal tsb sudah saya buktikan.pencarian dng software paling kemiripan untuk laten yg agak kabur sekitar 80-90 %

      • Untuk percepatan pencarian sidik jari comparator dng laten bisa dengan komputer tapi untuk laten yang jelas terlihat tetapi apabila menemukan latent yg agak kurang jelas atau agak kabur software apapun itu tidak akan bisa membaca garis charateristic garis papiler atau galton detail coba bagi yg sudah menggunakan absen sidik jari dikantor apakah anda pernah menekan scan dng jari kemudia meminta berapa kali untuk menyentuh live scane tsb itu menandakan sisitim tsb hanya bisa membaca data yg jelas sedangkan laten yg aga kabur kurang terang alatatau software tsb tidak bisa membaca dan ini menandakan masih terdapat kelemahan dan penyelesaian akhir tetap menggunakan manual.hal tsb sudah saya buktikan.pencarian dng software paling kemiripan untuk laten yg agak kabur sekitar 80-90 %Untuk percepatan pencarian sidik jari comparator dng laten bisa dengan komputer tapi untuk laten yang jelas terlihat tetapi apabila menemukan latent yg agak kurang jelas atau agak kabur software apapun itu tidak akan bisa membaca garis charateristic garis papiler atau galton detail coba bagi yg sudah menggunakan absen sidik jari dikantor apakah anda pernah menekan scan dng jari kemudia meminta berapa kali untuk menyentuh live scane tsb itu menandakan sisitim tsb hanya bisa membaca data yg jelas sedangkan laten yg aga kabur kurang terang alatatau software tsb tidak bisa membaca dan ini menandakan masih terdapat kelemahan dan penyelesaian akhir tetap menggunakan manual.hal tsb sudah saya buktikan.pencarian dng software paling kemiripan untuk laten yg agak kabur sekitar 80-90 %

  5. wah hebat ya udah ke darfur, tapi soal sidik jari anda pernah lihat yang : plain whorl, central pocket loop whorl, double loop whorl n accidental whorl dan jika pingin yang lebih jauhnya anda bisa lihat pada http://www.ident-banyumas.blogspot.com itu blog dari kami tim identifikasi banyumas

    @ Dmitri : Wah hebat juga orang ident Polres sudah buat blog, kemarin saya tulis tentang sidik jari memang secara sekilas saja….. bisa juga nih kalau pendataan sidik jari DPO melalui blog …. sukses selalu mas

  6. Nia

    pa, mau tanya nich.. sebenernya sidik jari boleh dipelajari oleh orang awam ga? saya mahasiswa teknik tingkat akhir, tugas akhir saya mengenai perumusan sidik jari, tetapi lagi bermasalah dengan data, kalau minta sampel dari keolisian apakah diperbolehkan??
    berhubung baru satu jenis jari yang diidentifikasi menjadi rumus, maka belum bisa dipakai dikeolisian. semoga kedepanya dengan semakin canggih teknologi, cara pengambilan sidik jari tidak lagi manual.

    @Nia : Sidak jari sepertinya cuma dipelajari di kepolisian, saya belum melihat diajarkan di institusi lain selain Polisi, kalau mau belajar mungkin bisa menghubungi petugas identifikasi (di setiap Polres di Indonesia ada tuh..) kalau masalah data Sidik jari mungkin bisa saja, tapi secara teknis saya tidak bisa memberi jawaban apakah bisa atau tidak diberikan, kalau data di Polres semuanya data 10 jari dari SKKB, untuk data satu jari (seperti di pembuatan Sim/Ktp) tidak bisa dilakukan perumusan, mungkin hanya bisa untuk pembanding, itupun tidak akan disyahkan kalau cuma satu jari sebagai pembanding….

  7. ryan sudaryana

    pak, yang berhak ngambil sidik jari apa cuma polisi? gimana kalo panitia lelang yang mewajibkan pendaftar untuk memberikan sidik jarinya disamping tanda tangan? apa itu legal? trims.

    @ryan sudaryana: Tidak ada larangan sih untuk tidak membolehkan seseorang memberikan cap sidik jarinya dalam sebuah surat, mungkin panitia lelang menghindari error in persona alias salah orang atau, orang satu orang untuk beberapa nama pendaftar, walapun yang bisa membuktikan secara hukum adalah hanya polisi………..

  8. ryan

    trims, pak. kebetulan saya ketiban tugas jadi panitia lelang di kantor (semoga ini jadi anugrah, bukannya jadi musibah). kalau memang tidak ada larangan untuk mengambil sidik jari seseorang disamping tandatangannya, mungkin akan kami terapkan hal tsb. tujuan utamanya memang untuk menghindari error in persona dan juga (amit-amit jabang bayi), kalau lelang udah jadi masalah hukum (sekarang lagi ngetrend panitia lelang antri diperiksa aparat penegak hukum, dan saya sama sekali tidak bercita-cita diinterogasi oleh rekan-rekan bapak) semoga hal tersebut bisa jadi salah satu aspek yang bisa meringankan panitia (bapak tau sendiri lah, iklim pengadaan barang & jasa di sini mungkin lebih panas dari darfur, hehe). sekali lagi, terima kasih & selamat bertugas. :-)

  9. endah ekasanti

    pagi pak…
    saya seorang mahasiswi It Telkom yang ingin mengangkat topik sidik jari menjadi tugas akhir saya..saya udah punya buku dari kepolisian. tapi bingung abiz…
    ribet banget euy…

    @ endah : jangan kan mba … wong saya aja yang polisi bingung hehehe…. saya memang dapat pelajaran daktiloskopi, tapi pada akhirnya orang bertugas di identifikasi yang benar benar melaksanakannya …

    • Sidikjari jabar

      tanya sama ahlinya pak ….. gak semua polisi tau masalah dactiloscopy…..hanya 3 % saja dari seluruh jumlah polisi di Indonesia

  10. teguh santoso

    saya anggota unit identifikasi polres bengkulu utara,memang kendala yang kmi hadapi di kewilayahan adalah mengenai pengarsipan sidik jari itu sendiri baik pemohon sidik jari untuk skck maupun data sidik jari tersangka baik yanr tsk baru maupun residifis.jadi saya mohon petunjuknya adakah metode pengarsipan yang baik untk kami yang di kewilayahan yang mana peralatan yang tidak mendukung.terima kasih

    @teguh santoso: Jangan kuatir sebentar lagi akan ada sistem pendataan sidik jari secara nasional berbasis web yang dirancang Polri namanya INAFIS, wilayah akan mengirimkan data sidik jari dan akan tersimpan semuanya dalam pusat komputer di Mabes Polri.

    • teguh santoso

      syukurlah kalau begitu pak….kami sangat membutuhkannya,karena sangat mendukung kerja kami di kewilayahan.terima kasih pak atas informasinya.maju terus kepolisian indonesia.

  11. pendri

    woewwww,…
    awesome bung,.

  12. tomi

    apakah dari hasil perumusan sidik jari itu, bisa juga dibuat sebagai data untukmengetahui karekter seseorang !

    @tomi: wah itu sih namanya palmistry… atau ramal meramal… ilmu perumusan sidik jari 100 % ilmiah

    • Dari sidik jari bisa diketahu karakter seseorang kok karna karakter sudah melekat sejak manusia lahir namun untuk rejeki atau jodoh gak bisa karna itu rahasia Tuhan dan jelas melangkahi namanya hehe

  13. Sihar

    Saya hanya ingin menambah info bahwa sidik jari tidak hanya di kepolisian saja tetapi juga di kemkumham, bahkan kalau di polisi sidik jari digunakan hanya untuk kepentingan intern saja, tapi di direktorat daktiloskopi sidik jari digunakan umum, bahkan kita mempunyai sidik jari dari jaman belanda

  14. mbah kidi

    boleh dong berbagi Ilmu tentang Identifikasi yang di kembangkan oleh JCLEC atau yang di kembangkan oleh JICA atau yang sekarang dikaji perumusannya oleh PUSINAFIS

  15. Robby Mukhtar

    Apakah Rumus Sidik Jari dapat Berubah?
    mohon infonya,
    Terima kasih.

    • andi sutrisno

      perumusan sidik jari kalau untuk primernya tdk akan berubah kecuali perumusnya salah untuk melihat bentuk sidik jari yg terdapat pada 10 jari tersebut dan perbedaan penghitungannya juga pasti ada beda karena penglihatan seseorang berbeda-beda maksudnya ada yang teliti dan ada juga pada saat melakukan perumusan sambil ngobrol jadi ada garis papilairnya yg terlewatkan, namun hakikinya bentuk sidik jari itu sendiri tidak akan berubah pernah berubah kecuali ada mendapatkan cacat atau kecelakaan dan perumusannya untuk untuk memudahkan melakukan file dari sidik jari itu sendiri, tks Kanit I Inafis Polda Kepri

      @pak andhi: terimakasih atas tambahannya pak .. sukses selalu ….

    • Rumus Sidik jari manusia tidak akan berubah kecuali mengalami cacat apakah itu karena luka bakar permanen atau putus karena kecelakaan dan untuk perumusan penghitungan garis papiler yang masih dimaklumi 1-2 karena menyangkut ketelitian mata dalam perumusan garis pokok lukisan LOOP terutama.

  16. EKO WIRAHUTOMO

    assalamualaikum,Selamat pagi dan salam proficiat Buat Bapak
    perkenalkan terlebih dahulu
    nama saya eko wirahutomo,mahasiswa fakultas hukum disebuah perguruan tinggi UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT,saya amat tertarik mengenai blog yang anda muat mengenai sidik jari dari maka itulah saya mengambil judul skripsi saya mengenai PERANAN SIDIK JARI DALAM PROSES PENYIDIKAN SEBAGAI SALAH SATU ALAT BUKTI UNTUK MENGUNGKAP SUATU TINDAK PIDANA KEJAHATAN
    jika Bapak berkenan dan sudi membagi sedikit ilmu mengenai peran sidik jari saya amat berterimakasih kepada Anda
    atas perhatiannya saya haturkan terimakasih
    wassalam

    @eko: pengetahuan saya mengenai sidik jari hanya sebatas pada waktu sekolah polisi… yes memang sidik jari banyak sekali membantu kepolisian dalam mengungkap kejahatan, di polri sekarang dinamakan INAFIS (Indonesia Automatic Fingerprints Identification System), yang paling utama tugas inafis dalam kepolisian adalah 1) mengenal korban kejahatan 2)mencari pelaku kejahatan melalui data sidik jari 3) pendataan sidik jari nasional guna menerapkan single identification

  17. nunky

    wahhh mantaap ndann, izin ndan sayaa masukin majalah yaa,,, yang dolphin juga , yaa dengan sumber nama komandan tentunya,,,, terima kasiihhh,. ;)

  18. Ini referensi yg dicari untuk membuat aplikasi *programming*, tapi sepanjang baca postingannya, kok gak ditemukan ya formula sidik jari (gimana nentuinnya)..hmmm help me :(

    @daniel : kalau untuk cara merumusnya kita saja belajarnya 1 semester mas … jadi sekilas saja ya mas … :)

  19. Arizein

    om, bisa lebih detail lagi ga om
    misalnya
    cara mendapatkan sidik jari
    dengan alat – alat sederhana

    @arizein: kalau mau menimbulkan sidik jari di gelas, ambil gelas ke dalam container tertutup tapi tembus cahaya, tumpahkan power glue di suatu wadah di dalam kontainer itu, biarkan dalam matahari sampai mengembun…. nanti kelihatan bekas sidik jari timbul….. ambil sidik jari itu dengan menempelkan lak ban bening tempel dan tarik , kemudian tempelkan di kertas… gampang kan ?

  20. Arizein

    eh, om saya mo tau
    sebenarnya butuh waktu berapa menit/jam suhu tubuh mayat dapat sampai ke suhu ruangan
    kaya gitulah kira2
    q g bisa merangkai katanya

  21. pak, izin bertanya.
    bagaimana cara mendapatkan sidik jari yang tertinggal di kertas, dengan alat sederhana.
    terima kasih.

    @ruly : bisa sih dengan meletakkan kertas di kontainer dan menaruhkan power glue didalamnya, biarkan dijemur…. hasil penguapan power glue apabila panas akan menimbulkan sidik jari ….

    • saya rasa kalau untuk kertas harus menggunakan cairan kimia karna kertas itu sifatnya menyerap atau poros jadi harus menggunakan cairan ninhidryn atau iodine crystal sedangkan untuk benda yang sifatnya tidak menyerap bisa menggunakan super glue yang mengandung cyano accrilate,powder biasa atau magnet. barang-barang yang bisa dikembang dengan alat itu tergantung sifat sidik jari yang menempel pada benda apakah poros,semi poros atau non poros..trima kasih

  22. Hariyanto S. Auna

    rumahku diterjadi pencurian….bagimna cara agar kita bisa mengidentifikasi sidik jari pelaku yah…..tolng yh penjelasannya./….

    sebnarnya aku udah lapor ke polisi…tapi tindak lanjutnya ngga ada kejelasan…..aku ingin menelitinya….tapi saya butuh informasi alat apa dan cara apa yang bisa digunakan untuk identifikasi sidik jari pelaku…

    @hariyanto: intinya dalam memeriksa sidik jari harus ada 2, sidik jari laten yang kita dapat di TKP, dan sidik jari pembanding yang kita dapat dari tempat lain seperti KTP, SIM atau dalam dokumen apapun yang ada sidik jarinya, kemudian kita bandingkan, apabila ada 12 titik kesamaan bisa dikatakan identik … cara mengambil sidik jari laten salah satunya dengan penguapan, yaitu menaruh benda yang dicurigai ada sidik jari laten misalnya gelas kedalam suatu kontainer transparan yang telah diberi superglue, kemudian di jemur … akan tampak sidik jari laten tsb…

  23. teddy

    Artikel yang menarik. Saya juga ingin nanya nih:
    1. Jika ada orang memegang sebuah benda, berapa lama sidik jarinya di benda tersebut masih bisa diidentifikasi?
    2. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengidentifikasi sidik jari? 1 hari?

    Terima kasih

    • # sidik jari manusia itu dipengarungi oleh benda yang menempel, suhu ruangan atau cuaca dimana barang bukti tersebut ditemukan kemudian ketebalan keringat orang itu sendiri semakin banyak dia mengeluarkan keringat pada jari tangannya semakin kuat dan lama sidik jari tersebut bertahan. # untuk pengembangan sidik jari di barang bukti itu tergantung alat atau bahan yang kita gunakan baik menggunakan bahan kimia,cairan kimia basah atau kering atau serbuk. untuk berapa lama sekitar 1 jam saya rasa paling lama sudah cukup

  24. bayisehat

    nice gan. saya pernah coba aplikasi veryfinger akurasinya 90% mendekati. agan boleh coba. nah kalo boleh nanya agan punya info ga aplikasi yang bisa melakukan perbandingan sidik jari menggunakan php ?
    mohon pencerahannya gan

    @bayisehat: maaf gan aku ngga punya …. yang jelas dikatakan identik apabila minimal mempunyai 12 titik yang sama antara sidik jari laten dan pembandingnya …

    • sidik jari untuk dilakukan perbandingan dan bisa dikatakan identik itu harus memenuhi ketentuan yaitu 8 garis istimewa dan 11/12 garis biasa dan makin banyak lebih bagus dan untuk keakuratan harus dilakukan manual agar lebih yakin apabila menjadi saksi ahli dipengadilan karna kita tidak bisa 100 persen bergantung pada komputer apalagi komputer mengalami yg namanya eror system sedangkan manual walaupun lambat namun akurat dan pasti apalagi sidik jari laten yang kita temukan di tkp bermacam-macam bentuk dan polanya dan selalu tidak sempurna apalagi perbandingan dipengari oleh pola sidik jari,garis papiler core dan delta.trima kasih

      • ahmad

        @all, gini bro, sebetulnya dua tahun kemarin ada yang nawarin software dan hardware perbandingan SJ, akan tetapi saat itu harga mnecapai 25 jt, kalo di polres tetangga di karesidenan Polwil PATI, sudah ada yg punya hasilnya cukup akurat, tinggal gulingkan jari di papan scan, sudah langsung muncul huruf2 vocal point-nya beserta hitungan garis papilairnya, demikian sekilas infonya, salam….

  25. Ramos Sibarani

    Halo bang, saya mau tanya jika ingin mendapatkan sidik jari dari suatu benda yg terbuat dari alumunium apakah metodenya sama dgn pengambilan sidik jari dari benda yg terbuat dari gelas & apakah di Mabes Polri terdapat jasa pengidentifikasian sidik jari bagi masyarakat umum. Terima kasih sebelumnya.
    @Ramos: Kalau alumunium sepertinya metodanya sama dengan gelas, karena sidik jari itu sebenarnya minyak alami tubuh yang melekat pada benda, kalau jasa identifikasi tidak ada, hanya pada kasus kriminal dan ada lopran polisi yang dilakukan… tapi kalau mau belajar sendiri bisa kok gampang :)

    • A.T.R.U.W. Community

      sebenarnya mudah ngungkap pelaku dengan metode SJ, pake software dan Hardware yg khusus unt perbandingan SJ, cuman masalahnya, dari dulu kita tunggu2 kiriman dari mabes ga kunjung datang, dari sejak mottonya msh ‘ samata satyata karya ‘ ampe berubah jd ‘velox exactus et accuratus’ jg ga kunjung datang alatnya, padahal di daerah tu dana operasionalnya minim, kalo sudah ada alatnya kan minimal bs ngurangin beban kerja resmob tu, minimal ga banyak pertanyaan tentang identitas pelakunya, masak jaman gini msh pake kaca pembesar bandingin atu2 dr ak-23 nya…. yg penting CSI-INAFIS Maju dahh…

      @tengku: YA memang sangat disayangkan proyek ambisius Polri dalam INAFIS harus putus ditengah jalan … program ini di posphoned oleh DPR entah sampai kapan

      • saya rasa untuk melakukan perbandingan tetap dengan proses manual lebih akurat karna ini mengangkut nasib seseorang apakah pelaku pidana atau bukan sedangkan melalui sistim komputer atau database mungkin cukup untuk melalui percepatan saja pencarian data seseorang yang kita curigai sekitar 80-90 persen selebihnya tetap melakukan secara manual agar lebih yakin tetang akuratnya,sesuai pengalaman dalam melakukan perbandingan tidak segampang yg kita bayangkan apalagi sidik jari laten yang kita temukan terkadang tidak begitu jelas atau tidak sempurna baik core atau delta sebagai patokan untuk melakukan comparising namun alat komputer database saya rasa cukup membantu pengarsipan pencarian data namun data manual tetap dibutuhkan apabila komputer mengalami gangguan atau eror atau lost data.mungkin itu sekedar masukan saja dari saya trima kasih.

    • untuk kasus-kasus perdata yang menyangkut sidik jari pada dokumen atau surat penting untuk membuktikan apakah sidik jari yang bersangkutan memang benar, bisa dimintakan bantuan kepada team identifikasi atau INAFIS dengan mengajukan surat permohonan melalui pengacaranya dan bukti laporan kasusnya seperti yang perna saya tangani..trima kasih

  26. pak kalo ujung jari tepatnya pas sidik jari di tato apa akan berubah itu sidik jari,,trus sam pek berapa mili mtrs mesin sidik jari bisa baca,,??

    @Sheilla: tattoo tidak merubah alur garis, hanya bila catat permanen yang menyebabkan sidik jari tidak terbaca lagi, seperti terpotong atau tergores dalam.

  27. Saya kebetulan dibagian INAFIS POLRESTA PTK KOTA dan paling senang kalau membahas soal sidik jari dari pengalaman sebagai Criminalist atau sebagai Team dalam saksi ahli dipengadilan untuk olah tkp dan pengembangan alat bukti maupun pengungkapan barang bukti berharap semoga di Indonesia khususnya ada semacam sekolah atau universitas yang khusus mempelajari CRIME SCENE INVESTIGATION seperti diluar negeri di Saplan University khusus CSI dan Teknologi database khusus pengarsipan data AK23 pembuat SKCK atau Tahanan/Residivis dilengkapi guna percepatan pencarian data pembanding untuk kasus-kasus pidana yang kita curigai yang terjadi walaupun untuk melakukan perbandingan sidik jari tsb harus manual agar lebih akurat ditemukan beberapa data pembanding 8 titik untuk garis istimewa dan 11 untuk garis biasa…..terima kasih untuk blognya untuk shering demi kemajuan dan pengungkapan kasus Pidana di Indonesia….mungkin untuk sekedar sharing bisa ke amail agung28879@yahoo.com atau agung.inafis@gmail.com atau dan FB agung utomo

    @Agung: Terima kasih atas bantuan informasinya, sukses selalu di Bidangnya yaa … buat rekan rekan yang ingin lebih detail bertanya bisa dihubungi mas agung langsung …

    • sama-sama saya juga senang dengan blog ini jadi bisa berbagi ilmu dan saling bertukar informasi…terima kasih sebelumnya.

      • A.T.R.U.W. Community

        Salam unt CSI Community, sedikit info,
        1. dua tahun terakhir saya sering mengikuti baik itu coaching clinic, pelatihan, maupun acara2 lain yg berhub dg SJ, sekarang unt pembanding lebih diutamakan pada delta dan core, jd apabila delta dan core sudah jelas terbaca, maka cukup titik pembandingnya bisa kurang dari 8 titik.
        2. Sedikit unt menyamakan persepsi tentang perumusan, apa yg rekan2 lakukan apabila menemui jenis radial loop pada ibu jari baik kanan atau kiri?
        3. dalam buku identifikasi, kita temukan petunjuk tentang perumusan jari kelingking kiri dr jenis whorl, yg mana petunjuk itu mengatakan hitungan papilairnya dari delta kanan ke core (bukan delta kiri ke core), pertanyaannya kapankan cara ini kita gunakan??

      • ## Berdasarkan petunjuk teknis kepolisan tentang perbandingan SJL yang diatur dalam No.Pol :Juknis/05-a/VII/1998 bahwa yang bisa dikatakan identik adalah
        1. 12 ( dua belas ) atau lebih titik persamaan, keidentikannya pasti
        2. 8 ( delapan ) s/d 11 ( sebelas ) titik persamaan, keidentikannya masih harus dikuatkan dengan hal-hal seperti : kejelasan sidik jari, adanya core dan delta, bentuk pokok lukisan yang jarang dijumpai dan lain2.
        jadi jelas bisa dikatakan sidik jari tersebut identik/sama,

        ### kemudian dalam hal perumusan apabila ditemukan sidik jari RADIAL pada jempol kanan atau kiri tetap dilakukan penghitungan untuk nilai Majornya dan jempol yang terdapat RADIAL LOOP baik kiri maupun kanan tetap ditulis kodenya dengan r (kecil ) seperti halnya pada bentuk LOOP hanya saja huruf r harus ditulis antara Major dan Primary berdasarkan petunjuk Teknis No.Pol :Juknis/08-a/VII/1998. Bentuk RADIAL LOOP pada jempol kanan/kiri tidak menghapus rumus Major namun RADIAL LOOP ( r ) ditulis sebagaimana penulisan a,t .

        ## untuk perumusan jari kelingking terdapat WHORL pada jari kanan dan kiri maka untuk perumusan yang dipakai adalah jari kelingking kanan kecuali dikelingking kanan WHORL dan LOOP kelingking kiri maka yang dipilih adalah LOOP kelingking kiri. Dasar perumusan untuk kelingking yang diutamakan adalah LOOP kecuali apabila tidak ditemukan LOOP maka yang dipilih tetap sebelah kanan pada jari kelingking dan cara penghitungan WHORL untuk delta ke core diliat posisi pada jari mana kelingking itu berada misal terdapat WHORL dikiri maka penghitungannya atau ridge countingnya terbalik jg.

      • Agung Utomo

        ## Berdasarkan petunjuk teknis kepolisan tentang perbandingan SJL yang diatur dalam No.Pol :Juknis/05-a/VII/1998 bahwa yang bisa dikatakan identik adalah
        1. 12 ( dua belas ) atau lebih titik persamaan, keidentikannya pasti
        2. 8 ( delapan ) s/d 11 ( sebelas ) titik persamaan, keidentikannya masih harus dikuatkan dengan hal-hal seperti : kejelasan sidik jari, adanya core dan delta, bentuk pokok lukisan yang jarang dijumpai dan lain2.
        jadi jelas bisa dikatakan sidik jari tersebut identik/sama,

        ### kemudian dalam hal perumusan apabila ditemukan sidik jari RADIAL pada jempol kanan atau kiri tetap dilakukan penghitungan untuk nilai Majornya dan jempol yang terdapat RADIAL LOOP baik kiri maupun kanan tetap ditulis kodenya dengan r (kecil ) seperti halnya pada bentuk LOOP hanya saja huruf r harus ditulis antara Major dan Primary berdasarkan petunjuk Teknis No.Pol :Juknis/08-a/VII/1998. Bentuk RADIAL LOOP pada jempol kanan/kiri tidak menghapus rumus Major namun RADIAL LOOP ( r ) ditulis sebagaimana penulisan a,t .

        ## untuk perumusan jari kelingking terdapat WHORL pada jari kanan dan kiri maka untuk perumusan yang dipakai adalah jari kelingking kanan kecuali dikelingking kanan WHORL dan LOOP kelingking kiri maka yang dipilih adalah LOOP kelingking kiri. Dasar perumusan untuk kelingking yang diutamakan adalah LOOP kecuali apabila tidak ditemukan LOOP maka yang dipilih tetap sebelah kanan pada jari kelingking dan cara penghitungan WHORL untuk delta ke core diliat posisi pada jari mana kelingking itu berada misal terdapat WHORL dikiri maka penghitungannya atau ridge countingnya terbalik jg.

      • ## Berdasarkan petunjuk teknis kepolisan tentang perbandingan SJL yang diatur dalam No.Pol :Juknis/05-a/VII/1998 bahwa yang bisa dikatakan identik adalah
        1. 12 ( dua belas ) atau lebih titik persamaan, keidentikannya pasti
        2. 8 ( delapan ) s/d 11 ( sebelas ) titik persamaan, keidentikannya masih harus dikuatkan dengan hal-hal seperti : kejelasan sidik jari, adanya core dan delta, bentuk pokok lukisan yang jarang dijumpai dan lain2.
        jadi jelas bisa dikatakan sidik jari tersebut identik/sama,

        ### kemudian dalam hal perumusan apabila ditemukan sidik jari RADIAL pada jempol kanan atau kiri tetap dilakukan penghitungan untuk nilai Majornya dan jempol yang terdapat RADIAL LOOP baik kiri maupun kanan tetap ditulis kodenya dengan r (kecil ) seperti halnya pada bentuk LOOP hanya saja huruf r harus ditulis antara Major dan Primary berdasarkan petunjuk Teknis No.Pol :Juknis/08-a/VII/1998. Bentuk RADIAL LOOP pada jempol kanan/kiri tidak menghapus rumus Major namun RADIAL LOOP ( r ) ditulis sebagaimana penulisan a,t .

        ## untuk perumusan jari kelingking terdapat WHORL pada jari kanan dan kiri maka untuk perumusan yang dipakai adalah jari kelingking kanan kecuali dikelingking kanan WHORL dan LOOP kelingking kiri maka yang dipilih adalah LOOP kelingking kiri. Dasar perumusan untuk kelingking yang diutamakan adalah LOOP kecuali apabila tidak ditemukan LOOP maka yang dipilih tetap sebelah kanan pada jari kelingking dan cara penghitungan WHORL untuk delta ke core diliat posisi pada jari mana kelingking itu berada misal terdapat WHORL dikiri maka penghitungannya atau ridge countingnya terbalik jg.

      • A.T.R.U.W. Community

        1. siappp… unt point I & II sudah cukup jelas, cuman untuk dasar hukum seperti juklak dan juknis spt tsb di atas kita belum punya, kita msh berpedoman pd buku cetakan 1991, sedang unt penjelasan juknis terbaru kita belum pernah menerima.
        2. unt poin III, yang kami tanyakan kapankan penggunaan ridge counting pd kelingking jenis whorl dari delta kanan ke core??? yang kami harapkan bukan penjelasan ttg pemilihan pokok lukisan SJ untuk final spt diatas>

  28. Didalam perumusan sidik jari dikenal ada dua yaitu ridge counting dan ridge tracing.khusus ridge counting pada jari kelingking pada whorl untuk nilai final ketika tidak ditemukan loop maka jelas yg diambil jari kanan kelingking kemudian untuk juknis apabila blm memiliki yg terbaru coba menghubungi pihak pus inafis mabes karena dasar kita bekerja harus sesui petunjuk yg terbaru dan direvisi ssperti masalah perumusan, perbandingan dll

  29. Firdhonal, SH Notaris di jakarta

    Mohon penjelasan Dari pa Agung, Sy seorang notaris kebetulan dalam UU kits yg baru UU No 2/2014 pasal 16 ayat 1 c, mengharuskan melampirkan sidik jari dalam akta pertanyaannya: dapatkah kami minta sidik jari dengan memakai fingerprint U are U 4500 kedua apakah cukup ibu jari sja atau 5 jari atau 10 jari, thanks pak

    Mas Agung bisa bantu ?

    • Terima kasih sebelumnya,untuk membuat surat perjanjian atau dokumen penting memang seharusnya dilampirkan sidik jari.baik itu dengan cap jempol atau cap jari.karena kalau hanya menggunakan tanda tangan sering terjadi pemalsuan dokument dan tanda tangan dan pelaku yang ikut dalam perjanjian surat tsb sering menyangkal kalau tanda tangan tersebut adalah miliknya.seperti kasus yang pernah saya tangani dimana pelaku membuat dokumen tanah atau alas hak palsu yang isinya bahwa tanah tsb adalah miliknya dengan melampirkan cap jari dan daftar nama ahli waris yang tertera didokumen palsu tsb yang kemudian dijual kepada pihak bank kemudian pihak bank menggunakan surat palsu tsb untuk dijadikan sertifikat tanah kepada pihak BPN kemudian saya membuktikan apakah alas hak yang digunakan dan dijual kebank benar karena seseorang yang sah memiliki tanah tersebut tidak pernah merasa menjual dan setelah dibuktikan ternyata cap jempol yg tertera dalam ahli waris tsb ternyata palsu berikut nama ahli waris yang salah dan cap yg tertera disurat tsb tidak sesuai dng tahunnya.Untuk pemilik tanah asli sudah berapa kali kalah dalam persidangan akhirnya dipersidangan tsb dilampirkan berkas Perbandingan sidik jari yang menyatakan dokumen tsb palsu akhirnya pemilik tanah yang asli menang.Itu sebabnya kenapa lebih baik menggunakan cap jari/jempol karena cepat,akurat dan murah.Untuk pengambilan sidik jari bisa dilampirkan 10 jari dengan menggunakan balangko AK23 seperti milik Polisi atau membuat belangko sendiri dengan kotak2 sebanyak sepuluh jari dari tangan kanan dan kiri dimulai dari jempol sampai kelingking serta didokumen diatas nama2 pihak yang membuat surat perjanjian dibubuhkan cap jarinya.Untuk lebih jelasnya bisa dihubungi ke amail saya agung.inafis@gmail.com

  30. mas apa dasar dasar hukum sidik jari dijadikan sebagai alat bukti?

    @made: silahkan di klik http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt526508d141dd9/bagaimana-kekuatan-pembuktian-sidik-jari Trims

  31. Arif

    kalau mau menimbulkan sidik jari di gelas, ambil gelas ke dalam container tertutup tapi tembus cahaya, tumpahkan power glue di suatu wadah di dalam kontainer itu, biarkan dalam matahari sampai mengembun…. nanti kelihatan bekas sidik jari timbul….. ambil sidik jari itu dengan menempelkan lak ban bening tempel dan tarik , kemudian tempelkan di kertas… gampang kan ? pak untuk penjelasan ini posisi gelasnya harus bagaimana

  32. Arif

    Kalau sidik jari yang menempel pada benda apakah bisa hilang sendiri tanpa dihapus,apakah polisi yang mengambil sidik jari hanya satuan khusus atau semua polisi paham tentang pengambilan sidik jari

    • sidik jari pada benda bisa bertahan lama dipengaruhi beberapa faktor yakni iklim,suhu diruangan tsb,sidik jari yang menempel pada benda tsb apakah pada benda bersifat poros,semi poros atau non poros semakin banyak atau tebal keringat tsb pada benda makin bagus

    • sidik jari pada benda bisa bertahan lama dipengaruhi beberapa faktor yakni iklim,suhu diruangan tsb,sidik jari yang menempel pada benda tsb apakah pada benda bersifat poros,semi poros atau non poros semakin banyak atau tebal keringat tsb pada benda makin bagus

    • # sidik jari pada benda bisa bertahan lama dipengaruhi beberapa faktor yakni iklim,suhu diruangan tsb,sidik jari yang menempel pada benda tsb apakah pada benda bersifat poros,semi poros atau non poros semakin banyak atau tebal keringat tsb pada benda makin bagus. ## Pengambilan sidik jari umumnya dilakukan oleh satuan khusus di Kepolisian yang dikenal INAFIS karena memang bidangnya dan sudah mengetahui bagai mana cara yang benar dan baik sehingga pada saat dilakukan perumusan sidik jari pada kartu sidik jari tidak kesulitan atau salah dan pada saat dilakukan perbandingan pada kasus2 yang menggunakan sidik jari dapat terlihat jelas garis2 papilernya ketika di sandingkan dengan pembandingnya.dan untuk selain anggota INAFIS bisa saja mengambil sidik jari asalkan caranya benar.terima kasih

    • # sidik jari pada benda bisa bertahan lama dipengaruhi beberapa faktor yakni iklim,suhu diruangan tsb,sidik jari yang menempel pada benda tsb apakah pada benda bersifat poros,semi poros atau non poros semakin banyak atau tebal keringat tsb pada benda makin bagus. ## Pengambilan sidik jari umumnya dilakukan oleh satuan khusus di Kepolisian yang dikenal INAFIS karena memang bidangnya dan sudah mengetahui bagai mana cara yang benar dan baik sehingga pada saat dilakukan perumusan sidik jari pada kartu sidik jari tidak kesulitan atau salah dan pada saat dilakukan perbandingan pada kasus2 yang menggunakan sidik jari dapat terlihat jelas garis2 papilernya ketika di sandingkan dengan pembandingnya.dan untuk selain anggota INAFIS bisa saja mengambil sidik jari asalkan caranya benar.terima kasih

  33. sidik jari pada benda bisa bertahan lama dipengaruhi beberapa faktor yakni iklim,suhu diruangan tsb,sidik jari yang menempel pada benda tsb apakah pada benda bersifat poros,semi poros atau non poros semakin banyak atau tebal keringat tsb pada benda makin bagus

  34. nur

    saya mau tanya, kalau terjadi pencurian uang didalam ampol dan laptop tetapi amplopnya tersebut oleh pencuri ditinggal dibawah kasur korban dan uangnya sudah diambil semua, yg tersisa hanya beberapa saja
    kejadian pencurian sudah 1 minggu dan korban baru tau kalau amplopnya ditinggal dibawah kasur.
    Nah bisa ga amplop tersebut diambil sidik jarinya?
    apakah peralatannya hanya memakai serbuk yg warna hitam saja?dan jika beberapa detik setelah selesai menaburkan serbuk tersebut ternyata tidak ada sidik jarinya, apakah itu dianggap sidik jarinya sudah hilang?
    berapa lama sih sidik jari didalam kertas bisa hilang?

    @nur: secara teori selama masih dalam cuaca normal sidik jari masih terdapat dalam amplop tersebut, untuk pengambilan sidik jari di kertas diperlukan metode khusus penguapan (bisa dibaca dalam beberapa comment diatas), sidik jari laten masih bisa diangkat bahkan setelah tahunan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s