Pertarungan Selanjutnya

Masihkah ingat pertarungan Pilpres 2018 yang membuat masyarakat kita menjadi tersegregrasi menjadi dua kelompok besar, yang berkiblat kepada 2 pasang calon Presiden RI ? Setelah penetapan Presiden, ternyata perpecahan itu terus berlanjut, dan sedihnya ternyata sampai sekarang, yang paling menarik menurut saya adalah penamaan kelompok yang satu terhadap kelompok yang lainnya, yaitu ‘Kampret dan ‘Kecebong, yang mengidentifikasikan stereotype masing-masing kelompok tergantung pilihan presidennya, dan perubahan istilah dari kampret menjadi ‘Kadrun atau Kadal Gurun, sangat menarik mempelajari gejala sosial yang terjadi, identitas sosial telah terjadi, selalu dinamis dan mengejutkan.

Hal yang diantisipasi selanjutnya sudah diperkirakan akan terjadi pada Pilpres dan Pileg Serentak pada tahun 2024, diprediksi akan terjadi kembali hal – hal seperti itu, dimulai dengan politik identitas yang digunakan dalam memilih calon tertentu, yang menarik pola ini telah diprediksi oleh Geertz lebih seratus tahun lalu, yaitu kelompok sosial masyarakat, yang sekarang berasosiasi dengan partai politik tertentu. Identitas yang dimaksud tentunya adalah identitas keagamaan, karena calon dari masyarakat golongan mayoritas tentunya tidak akan melewatkan faktor ini.

Jadi menjelang perlehatan itu, siap siaplah berbagai gangguan dari fake account di medsos yang bersifat provokatif, berita – berita hoax yang secara masiv disebarkan melalui WA group, juga media sosial yang dipenuhi berita hoax yang sama hasil reposting dari WA Group atau medsos anonim, jangan lupa juga serangan terhadap situs penyelenggara pemilu harus diantisipasi. Cara – cara analisis data dari masyarakat melalui penarikan data ilegal dari start up atau games untuk mempelajari kebiasaan dan pandangan politis seseorang juga harus diantisipasi.

jadi, fasten your seat belt, kita siap siap menuju perhelatan besar Pilpres, Pileg dan Pilkada 2024.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s