PENJAHAT LEGENDARIS INDONESIA : KUSNI KASDUT

Siapa yang tidak mengenal tokoh ini pada era 70 an, salah satu pejahat Legendaris, tertangkap dan di vonis hukuman mati atas segala perbuatannya…. Namun pada saat – saat akhir hayat nya ia bertobat dan dengan “tegar” menghadapi hukumannya.

Dalam keterasingannya di penjara dan jauh dari orang-orang yang dicintai, ternyata sisi agamis Kusni Kasdut tumbuh semakin dalam. Apalagi ketika dia di penjara dan sebelum dieksekusi mati, dia sempat berkenalan dengan seorang pemuka agama Katolik.

Setelah berkenalan dengan pemuka agama tersebut, akhirnya dia memutuskan menjadi pengikut setia. Kusni Kasdut dibaptis sebagai pemeluk Katolik dengan nama Ignatius Kusni Kasdut.

Saat menunggu hari eksekusi, dia menuangkan rasa cintanya terhadap agama yang telah dia anut dalam sebuah lukisan yang terbuat dari gedebog pohon pisang. Dalam lukisan tersebut, tergambar dengan rinci Gereja Katedral lengkap dengan menara dan arsitektur bangunannya yang unik. Dan sampai sekarang masih tersimpan rapi di Museum Gerja Katederal Jakarta.

lukisan Kusni Kasdut yang terbuat dari gedebok Pisang, dan masih tersimpan di Kathederal Jakarta

lukisan Kusni Kasdut yang terbuat dari gedebok Pisang, dan masih tersimpan di Kathederal Jakarta

“Setelah lukisan gedebog pisang itu jadi, sebagai tanda terima kasihnya, Kusni Kasdut memberikan lukisannya itu kepada Gereja Katedral, Jakarta. Beberapa hari setelah itu, Kusni Kasdut ditembak mati,” ujar pengurus Museum Katedral, Jakarta, Eduardus Suwito.

Saya mendapat tulisan mengenai saat – saat akhir hayatnya pada saat mau menghadapi regu tembak :

Keinginannya terakhir hanya ia mau duduk di tengah keluarganya.
Itu terpenuhi. Sembilan jam sebelum diantar pergi oleh tim
eksekutor, di ruang kebaktian Katolik di LP Kalisosok Kusni
Kasdut dikelilingi keluarganya: Sunarti (istri keduanya), Ninik
dan Bambang (anak dari istri pertama), Edi (menantu, suami
Ninik) dan dua cucunya, anak Ninik. Itulah jamuannya yang
terakhir-dengan capcai, mi dan ayam goreng. Tapi rupanya hanya
orang yang menjelang mati itu yang dengan nikmat makan.

Kusni, kemudian, memeluk Ninik. “Saya sebenarnya sudah tobat
total sejak 1976,” katanya, seperti direkam seorang
pendengarnya. “Situasilah yang membuat ayah jadi begini.
Sebenarnya ayah ingin menghabiskan umur untuk mengabdi kepada
Tuhan. Tapi waktu terlalu pendek. Ninik dan yang lain
menangis. “Diamlah,” lanjut ayahnya, “Ninik ‘kan sudah tahu,
ayah sudah pasrah. Ayah yakin Tuhan sudah menyediakan tempat
bagi ayah. Maafkanlah ayah.” Kedua cucunya, Eka dan Vera, mulai
mengantuk.

Fact about Kusni Kasdut

Pada masanya Kusni kasdut adalah penjahat spesialis “barang antik” salah satunya yang paling spektakuler ia merampok Museum Nasional Jakarta. Dengan menggunakan jeep dan mengenakan seragam polisi (yang tentunya palsu), dia pada tanggal 31 Mei 1961 masuk ke Museum Nasional yang dikenal juga Gedung Gajah. Setelah melukai penjaga dia membawa lari 11 permata koleksi museum tersebut.

Pernah membunuh dan merampok seorang Arab kaya raya bernama Ali Badjened pada 1960-an. Kusni Kasdut dalam aksinya ditemani oleh Bir Ali. Ali Badjened dirampok sore hari ketika baru saja keluar dari kediamannya di kawasan, Awab Alhajiri. Dia meninggal saat itu juga akibat peluru yang ditembak dari jeep yang dibawa oleh Kusni Kasdut.

Saat-saat terakhir Kusni Kasdut ini dijadikan ide untuk lagunya God Bless “Selamat Pagi Indonesia” di album “Cermin”. Lirik lagu ini ditulis oleh Theodore KS, wartawan musik Kompas yg jagoan menulis lirik lagu.

Awalnya Kusni kasdut adalah seorang pejuang kemerdekaan Indonesia.

SUDARTO adalah penasehat hukum Kusni Kasdut mengatakan dalam pembelaanya : ”Manusia tidak berhak mencabut nyawa orang,” dan ”Nafsu tidak bisa dibendung dengan ancaman”.

Kusni Kasdut pada saat sedang menunggu keputusan atas permohonan grasinya sempat melarikan diri kemudian dapat ditangkap kembali dan akhirnya menjalankan pidana matinya.

Kusni Kasdut sempat dijuluki “Robin Hood” Indonesia, karena ternyata hasil rampokannya sering di bagi – bagikan kepada kaum miskin.

Tangan kanan Kusni Kasdut adalah Bir Ali, anak Cikini Kecil (sekarang ini letaknya di belakang Hotel Sofyan). Bir Ali, yang juga menjadi pembunuh Ali Bajened bersama Kusni Kasdut di Jalan KH Wahid Hasyim, bernama lengkap Muhammad Ali. Dia mendapat gelar Bir Ali karena kesukaannya menenggak bir, ia tewas dalam tembak menembak dengan polisi.

Ia menjalani hukuman matinya didepan regu tembak pada 16 Februari 1980.

Sumber : dari berbagai sumber

About these ads

117 Komentar

Filed under Polisi, polri, Publik

117 responses to “PENJAHAT LEGENDARIS INDONESIA : KUSNI KASDUT

  1. NICE POSTING NDAN !
    Sebuah kisah yang sangat mengharukan dan mendirikan bulu roma

    @ Mobrig : terima kasih….

  2. mantaph.. :D Kirain kisah pejahat keren kayak gitu cuma ada di Hollywood doang.

    @ norie : sebenernya mana ada sih penjahat yang keren ? :-) pasti lebih banyak nyusahin daripada nguntungin…. bener ngga ?

    • drajad hari suseno

      Ada sisi lain yang belum diketahui publik, kenapa Kusni Kasdut memilih menjadi perampok? Dia sangat kecewa dengan republik, utamanya para pejabat/penguasa pada waktu itu. Dia kecewa karena sebagai bekas tentara Heiho, dia merasa ditinggal dan tidak diperhatikan, gak dapat pensiun, padahal dia pernah berjuang untuk memerdekakan Republik Indonesia. Intinya dia merasa diperlakukan tidak oleh penguasa pada saat itu. Teman-teman dia banyak yang diangkat jadi polisi, tentara, dan lain-lain. Sementara dia cari pekerjaan sangat susah, akhirnya Kusni memutuskan menjadi penjahat sebagai balas dendam atas itu semua.

      Kemampuan legendaris yang dia miliki adalah, Kusni Kasdut mampu melarikan diri dari penjara mana pun. Dia tercatat kabur dari penjara sebanyak tujuh kali. Sementara, Jack Masrene, salah seorang penjahat legendaris Perancis, tercatat berhasil kabur dari penjara sebanyak lima kali. Kusni Kasdut mengakhiri hidupnya di depan regu tembak, Jack Masrene mati diberondong di jalanan ketika hendak menyalakan mobilnya yang tengah parkir.

      @Drajat : Terima kasih atas tambahan ceritanya, akan melengkapi tulisan saya ini ….

      • gua

        mentalnya jauh lebih bagus dari politikus kita skarang.

      • cerita ini yang paling perlu dipublikasikan, selain itu pada massa itu hukum indonesia tidak ada vonis mati tapi mengapa vonis itu diberikan kepada kusni tidak lain adanya unsur politis karena banyak orang yang ada dalam pemerintahan merasa terancam atas ulah kusni, disisi lain yang dirampok kebanyakan adalah kawan2 semasa berjuang….

      • dia'

        thank’s atas tambahan infonya. Tapi maaf referensinya shahih gak?

      • Jigzaw

        @Bang Drajat, tergantung niat orang tsb. Banyak juga mantan pejuang yang enggak diangkat jadi tentara or polisi tetapi tetap hidup dengan cara yang baik-baik.
        Pertanyaan yang benar adalah mengapa Kusni Kadut tidak diangkat jadi abdi negara oleh mantan atasannya? Jika memang Kusni Kadut ini memiliki kemampuan (termasuk kepribadian yg baik), pastilah dia sudah memiliki pangkat yg bagus dan sudah jadi purnawirawan
        Selain itu, yang harus kita lihat dengan siapakah dia bergaul karena teman itu sangat besar pengaruhnya terhadap kita. Kalau dia suka berteman dengan yg suka mabok (termasuk berjudi atau main di lokalisasi) lambat laun dia akan ikut. Pertamanya mungkin cuman 1/2 gelas. lama-lama yah.. banyak. Trus, gimana mendukung hidup bersenang-senang tsb, sementara tunjangan veteran tentaranya pas-pasan? Tentunya, dia harus memikirkan pendapatan dengan cara lain. Teman2 pemabok terdiri dari beragam pribadi. Mungkin salah satunya punya rencana untuk mendapatkan hasil besar dengan cara yang cepat. Nah, di sinilah peran baru Kusni Kadut, Si perampok yg ditakuti, dimulai.

    • lebih nyusahin mana ama pejabat korup yg bebas berkeliaran seperti kutu dikepala.Penjahat paling2 bunuh orang cm 1-5,pejabat bs bunuh orang jutaan.

      • Jigzaw

        Sama aja, sama-sama meresahkan masyarakat. Yang satu lebih parah, main paksa, bahkan bisa men-dor orang sampai mati, sementara satunya lewat penyalahgunaan jabatan, dengan cara halus. Tidak ada yang bagus. Mungkin karena kita tidak pernah merasakan bagaimana rasanya dirampok, sehingga menganggap kasus perampokan itu biasa-biasa saja.
        Bayangkan harta benda anda dirampas dengan cara kekerasan, mungkin dengan merusak jendela atau pintu rumah, mengikat kaki dan menyumbat mulut pembantu, istri, atau anak kita. Belum lagi resiko di tembak mati oleh perampok.
        Yang bagus itu cara orang menyampaikan kisah “Sang tokoh”. Jika anda membaca kisahnya Imelda Marcos, maka anda akan suka pada mantan ibu negara Philipina tsb. Begitu juga, kalau anda membaca cerita anak buahnya Pak Suharto, pasti anda juga trenyuh, bagaimana baiknya orang-orang tsb.
        Padahal jika ingin cerita yang objektif, kita harus juga menceritakan bagaimana kesan dari orang-orang di sekeliling sang perampok, termasuk korban-korbannya. Pasti, cara berpikir anda berubah terhadap Kusni Kadut ini.

  3. T. hendrawan

    oc jg boss…..

    @T. hendrawan : Terima kasih pak…

  4. Sebuah kisah yang cukup seru dan dramatik..pada dasarnya saya setuju dengan peniadaan hukuman mati bagi manusia. Tuhan saja menciptakan untuk hidup, kenapa kita manusia berhak untuk merampas hak hidup orang lain..Walaupun seorang yang mendapat hukuman mati adalahs seorang penjahat yang sudah membunuh berpuluh puluh bahkan ratusan orang..Dalam sebuah kisah Israili, diceritakan ada penjahat yang telah membunuh 999 orang. lalu dia bertemu dengan seorang rahib dan bertanya, apakah Tuhan akan mengampuni dia?Rahib itu menjawab, jelas saja tidak bisa, dosanya terlalu besar untuk diampuni.Maka dibunuh lah rahib tersebut. kemudian dia bertemu dengan rahib yang lain, dan bertanya apakah Tuhan akan mengampuni dia..rahib tersebut menjawab bahwa Tuhan akan mengampuni semua dosa jika manusia benar2 bertaubat dan tidak PERNAH mengulangi dosa tersebut…

    @ Wahid : Memang samapai sekarang masih menjadi perdebatan panjang tentang perlu atau tidaknya hukuman mati, mungkin yang paling adalah masalah kemanusiaan dan keTuhanan ada yang menganggap yang berhak mencabut nyawa seseorang hanya Tuhan, tapi itu juga menurut saya masih gamang…. bukankah di kitab – kitab suci juga dikenal hukuman mati ?

    • erwin

      @ Wahid … Anda setuju dengan peniadaan hukuman mati. 1 pertanyaan buat anda, bagaimana jika penjahat yg mau dihukum mati adalah orang yg membunuh salah orang yg paling anda sayangi dengan sadis? …

      I bet you will kill that criminal by your own hand!

      • Adiwidya

        Maybe.. but what could I’ve gain in carrying out such vendetta.. Nothing…

      • EDO

        ADIWIDYA……YAH PAYAH LO…!!! EMANG KALO EMAK LU DIBUNUH SI KUSNI ENTUT NI…MASA YA ELU KAGA MO SI KUSNI ENTUT NTU MODAR! IMPOSSIBLE LAH! ITU MENYALAHI PRINSIP2 KEADILAN …MEMANG KITANYA GA MO DENDAM BUNG…TAPI KEADILAN HARUS DITEGAKKAN AGAR KELUARGA YANG DITINGGAL MENJADI TENANG! SI KUSNI KENTUT NI DIA MELAKUKAN BALAS DENDAM JUGA (INI ORANG IRI DAN FRUSTASI)…JANGAN LU BELA…(KONTRADIKTIF!!!). MENILAI ORANG ITU LU LIAT AJA TEMEN2 DIDEKETNYA…KALO TEMENNYA JAH DEMENANNYA NENGGAK BOTOL MASA LU MASIH BELA! ATO KRN LU JUGA DOYAN BOTOL ?

      • liam

        Satu pula pertanyaan saya, bagaimana bila anda membalas membunuh penjahat itu dan kau dibunuh lagi? Pada hakekatnya, dendam melahirkan dendam, sejahat apapun yg dilakukan org kepada kita, maafkanlah dan berdoalah baginya.

    • dia'

      @Mas Wahid: taubat itu urusan seorang hamba dengan Tuhan, tapi qishas / hukum mati adalah urusan sesama manusia dan qishaspun aturan dari Tuhan lewat Rasulnya…

  5. denny handayansyah

    luar biasa tujuannya tapi salh jalannya
    jangan ditiru apalagi dijadikan tokoh

    @denny : Betul mas saya setuju pendapat anda, penjahat ya tetap saja penjahat ….

  6. placeboys

    keren juga yah cerita nya kalo di filmkan kaya johny indo :D

    @ placeboys : syang tokohnya kurang ganteng kaya Johni Indo :P

  7. tetep aja sedih, tapi mendinglah betul2 bertobat sebelum meninggal, biar Tuhan saja yang menghakimi. thks buat infonya to.

    @ Marsha : menurut saya manusia berbuat sesuatu mempunyai dua dampak, dampak di dunia dan di kehidupan mendatang…. ya jadi mungkin dia sudah menyadari resikonya… karena hidup itu pilihan memang……….

  8. … seandainya kuasa
    membuka mulut mungkin akan berkata
    selamat pagi indonesia….
    (“Selamat pagi Indonesia” – ditulis Theodore K.S, musik Yan Antono-God Bless, album “Cermin”)

    @Kelzen : terima kasih sudah mampir………. blog anda bagus sekali …

  9. Sory, bang….nyasar nih! ^_^
    Tapi setelah dibaca…ternyata menarik juga, ga nyangka ada cerita legendaris kayak gini. Ya iyalaaah….secara gt lho baru lahir, hehehe…
    Tapi lumayan buat nambah2 pengetahuan.
    SEmanGaT, Bang….!!!

    @ Yuni : Terima kasih sudah berkujung, selamat juga atas blogya, keep blogging…….

  10. wah asik2 nih blognya, masukin lagi dunk tentang profile2 penjahat2 y lainnya, lebih seru lagi kalo di buat kategori khusus gitu, biar enjoy bacanya, oh ya sekalian ajah masukin profile koruptor2 dunk, kan sama aja penjahat hehehe…
    :)

    @ Senu : Terima kasih sudah berkunjung, sementara memang tulisan masih seperti gado – gado antara tulisan pengalaman dan artikel, mmmhmm usulya bagus juga tuh……. terima kasih..

  11. yang pertama gw salut ma kepolisian yang berhasil menangkap penjahat idola gw pada zamannya…
    yang kedua dia adalah penjahat yang punya karisma mungkin kalo ada lagi penjahat seperti dia kiamatpun makin lamaaaaa..
    dan yang terakhir…ada yang tw ga keluarganya tolong dong kasih tw gw jujur w mw tw lebih dalam tentang latar belakang orang ini…kirim ke email gw ja..

    mudzakir_yusuf@yahoo.com

    @ Ucuup: mohon maaf hanya ini informasi yang saya dapat, tulisan ini pun hasil googling dari berbagai macam sumber, mungkin rekan – rekan ada yang bisa membantu ?

  12. prinsip kusni kasdut yang keren.
    ‘saya tidak pernah merampok kampung sendiri’

    @sawung : mas mas… perasaan ngga ada lah namanya rampok yang keren, semua tuh nyusahin dan kriminal :mrgreen:

    • purwanto

      emang indonesia bukan kampoengnya sendiri

    • husni hasdut

      “@sawung : mas mas… perasaan ngga ada lah namanya rampok yang keren, semua tuh nyusahin dan kriminal”

      ups, kayanya perlu redefinisi nih ttg perampok dan kriminal…robin hood, kusni kasdut, si pitung, rocamondolfi, dan bandit2 sosial lainnya ada krn struktur masyarakatnya timpang, krn the rich richer and the poor poorer…apa anda pikir struktur kekuasaan dlm sistem negara ini baik2 aja? negara aja justru menjaga penghisapan sesama manusia di dalamnya, kaya petani yg kerja saban hari tp ttp miskin krn tanah mereka dirampas, ditekan paksaan monopoli perusahaan benih & pupuk, para pemodal dibiarkan enak aja jalan lancar smntr spt petani gtu ga dilindungi…trus prnh ga terpikir knp di dunia ini ada macam polisi dan tentara? bkn ujug2 dtg dr langit, spesialisasi kerja smcm polisi&tentara kan tugasnya untuk menjaga kekuasaan, knp jg mrk bs legal untuk pegang senjata? ya spy klo ada orang2 yg ditekan dlm struktur masyarakat kaya gini melawan buat perbaiki kondisi hidupnya, polisi&tentara bs gampang untuk tumpas itu org2…yow, sistem-cara hidup kita skrg ini scr inheren ngandung nilai penghisapan sesama manusia, dan selalu menanamkan kebencian di dlmnya…anda blg nyusahin, krn itu bertentangan dgn profesi anda, dgn kepentingan apa yg menghidupi anda..bagiku, presiden, pejabat, pengusaha dsb yg punya power dan selalu berupaya mnjaga powernya itu, itu baru perampok, yg jauh lebih gila drpd para bandit sosial! dan mrk, sayangnya, selalu tampak spt org suci, dan dihormati…duh duh,

      • EDO

        ALA….ANEH YE LU PADA…..NAMANYA JUGA PERAMPOK MENGAMBIL BARANG YANG BUKAN MILIKNYA…MO DI APA-APAIN JUGA ITU NAMANYA DOSA…..LU MEMANG ANEH YA GINI2 AJE PADA BRISIK… BIAR KORUPTOR…ROBINHOOD SAMA-SAMA PENDOSA…MENGAMBIL BARANG ORANG…KOK YG BGINI2 JA DIRIBUTIN…MAKANYA BLAJAR TUH AGAMA…UMUR DAH TAMBAH TUA…HIDUP CUMA SEMENTARA….KETEMU MALAIKAT MAUT LU PADA NYAHOO NTAR…!!!

  13. mardiaz

    gile, bandit koq dibilang keren, dasar bandit juga elu!

    @ Mardiaz : jangan galak 2x bro :mrgreen:

  14. Nice story, i’ve looking for that story for several year

    setuju dg bandit adalah bandit, tp kusni kasdut sudah jd bagian sejarah jakarta bahkan indonesia..ada baiknya kita liat dr sisi sejarahnya saja sambil dipilah2 nilai2 baiknya

  15. ashar

    Yth. “Sumber dari segala sumber”.
    Kalau anda berminat melengkapi tulisan ttg KK, silahkan hubungi saya. Tks.
    ashar (ex dan sat reserse polwiltabes surabaya 1978 -1981).

  16. Mengenai peristiwa Kusni Kasdut juga dijadikan ide pembuatan lagu, silahkan untuk klik disini : http://www.indonesiantunes.com/oldies/detail/2008/09/18/eloilama-sabactani-.html

    Terima kasih…
    Jonny Herbart
    0818749607

    @ Johny : Terima kasih om…. kepada rekan rekan silahkan dilihat……

  17. sumardi

    Mohon informasi biografi kusni kasdut dilengkapi, setahu saya sebelum melakukan kejahatan,beliau adalah seorang pejuang pada era tahun 1945 s/d 1955.buat rekan-rekan atau siapa saja, saya minta informasi,terimaksih,

    @ Sumardi : Kalau saya sendiri belum dapet sumber jelas tentang hal itu, apa rekan – rekan ada yang punya ?

  18. ashar

    08111776767 _ ashar.
    sejak tertangkap sampai saat2 terakhir, beliau berada didekat kami.
    bila ada yg berminat membuat buku ttg kusni kasdut hubungi saya. terima kasih.

    @ Ashar : Terima kasih atas informasinya, ada berniat nih membuat buku Kusni Kasdut ?

  19. dari catatannya tidak begitu banyak kejahatannya. Kalau dibandingkan dengan korban-korban Ryan,dukun As, dll. Diakhirnya dia melakukan pertobatan, itu sisi terangnya.

    @ themulya : Pengampunan Tuhan tidak ada batasnya kalau manusia bertobat………. terima kasih sudah berkunjung ke blog saya

  20. BUCEK BOLONK

    ketika aku dilahirkan , aku ga tau harus jd apa….penjahat, perampok, pemulung, penindas, pembunuh, pemerkosa, dll….
    tak ada satupun yg baik menurut orang….tapi ketika kita di hadapi oleh satu persoalan yg tidak bisa di selesaikan maka tidak ada lg kata untuk kompromi……
    dan itulah reality.
    kita tau babi itu haram, tapi ketika tidak ada lg makanan maka babi itu akan menjadi “hallal”….
    tidak ada yg baik, tidak ada yg jahat…
    tidak ada yg pintar, tidak ada yg bodoh…
    tidak ada yg lebih, tidak ada yg kurang…
    tidak ada yg miskin, tidak ada yg kaya…
    seharusnya tidak ada yg dikorbankan…oleh manusia itu sendiri..
    “SETARA DAN SEJAHTERALAH DI DUNIA”
    “SATU BUMI TANPA PENINDASAN”
    VIVALA…………..!!!!!

    @BUCEK BOLONK: Terima kasih atas commentnya, hmmmh anda penganut nihilisme juga ya ? :)

  21. anonimus

    “better live one day as a lion than a hundered years a a sheep”

    tapi secara pribadi bandit tetap aja bandit, bahkan kita juga harus semakin curiga ada bandit menyusup sebagai “bandit berseragam” bikin rusak institusi

    @anonimus: bandit institusi sbenarnya bukan penyusupan.. tetapi lebih banyak dibentuk oleh budaya institusi

  22. sie

    cuma pernah denger ceritanya doang, ceritain dong lebih lengkap….denger2 dulu pernah lari dr penjara dan pake aji ajian gitu, ngilang ……dr rumah tahana….bener ga sih….?

  23. dion

    Kusni Kasdut…keren juga…

  24. suratman

    Banyak penjahat besar di negeri ini yang merampok harta negara tapi mereka tidak satria tidak berani ambil tanggung jawab (bebas dari hukum), Kusni Kasdut penjahat besar yang berani ambil tanggung jawab.

  25. metalzoneid

    ijin share di FB yah ndan ^_^

  26. Rumah ibunya di Blitar beda satu gank dengan rumah saya.. *gak penting*

  27. rinus

    lebih baik act like kusni kasdut daripada seperti Noordin Moh. Top, DR. Azhari, Moh Djibril, Hambali…..walaupun memang salah jalan, tapi pernah saya dengar kusni kasdut berbuat seperti tidak lebih sebagai protest terhadap situasi saat itu. Ybs. memang memiliki beberapa kelebihan dalam ilmu/ajian sehingga sulit ditangkap, hal ini memang terjadi seperti cerita om saya sewaktu bareng di Rumah Tahanan Militer Guntur. Bilamana ybs butuh rokok maka dia bisa keluar dari sel untuk beli rokok di Pasar Rumput dan kembali lagi ke sel setelahnya, seperti yg kita tau semua bahwa penjagaan di guntur sangat rapat tapi dia bisa lolos & kembali masuk ke sel lagi setelah apa yg dia cari ketemu.

  28. roma

    Almarhum papah saya dulu sering bercerita ttg kk ini. Dulu saya punya buku trbitan lama yg berisi biografi kk,skrg entah kemana.. Bagus mas tulisannya..2 thumbs up..tulis tokoh legendaris yg lain dong,baik itu bandit ataupun pahlawan..cuma beda sudut pandang kok..:) GBU

    @Roma : Thanks Bro … GBU 2

  29. cahyosetiadi

    tulisan yang bagus dan bermanfaat, trims informasinya…

    @cahyosetiadi: terimakasih sudah mampir di rumah saya :)

  30. Ye De

    aku terharu…. doaku untukmu KK….

  31. Misterio

    kasdut…kasdut…..kamu itu gak pernah punya perhitungan…masak cuma ngandalin ilmu cicak buat ngerampok….dari tahun 50 an rasa egomu gak pernah luntur…kamu merasa paling pintar dan lihai…., kamu tahu banyak teman kita yg telah tewas..Bir Ali? kurang hebat apa dia….tapi habis juga….terakhir kali sudah aku bilang lebih baik taubat bung…dan kamu janji akan taubat…tapi justru kamu malah makin gila…malah ngajak aku…padahal aku sudah bilang “tidak lagi!!!!” aku malah terkejut ketika kamu nyatakan kamu pindah agama, padahal namamu adalah “HUSNI”, terakhir kali sebelum kematianmu..namaku justru disangkut pautkan…padahal aku sudah menghilang sekian puluh tahun untuk hidup tenang dan bertaubat….HUSNI atau kusni….lihat nasib teman-teman kita yg sepertimu angkatan 50 dan 60 an seperti Johny sembiring mati dikarungi, bir ali tewas ditembak, Henky Tupanwael mati tidak jelas, yang lain mati merana dalam keadaan meninggalkan anak cucu dan dalam keadaan susah….Kenapa kamu tidak belajar dari semua itu……

    (Sepenggal cerita dari orangtua saya yang masih hidup…….)

    • GFINTARIS

      YA SEMUA ORANG PASTI TAHU KARENA KEADAANLAH SEHINGGA SESEORANG BISA BERBUAT NEKAT…,YANG SAYA SESALKAN KENAPA POLISI BERANINYA HANYA CUMA SAMA PENJAHAT PENJAHAT KECIL MALING AYAM SAJA DI TEMBAK…FUCK POLISI.KALAU MEMANG POLISI BERANI TEMBAK MATI DONG ITU PARA KORUPSI KORUTOR…PASTI TIDAK BERANIKAN…?ALLAH MAHA TAHU DAN MAHA MELIHAT.DI DUNIA KITA HANYALAH SEMENTARA…ALAM AKHIRAT ABADI SELAMANYA…PAK POLISI TOLONG ADIL DONG AGAR KITA SEBAGAI MASYARAKAT INDONESIA BISA BANGGA DENGAN ANDA CORP.BAJU COKLAT…KALAU ANDA TIDAK ADIL JUJUR LIHAT 1-2THN KEDEPAN KEJAHATAN PASTI LEBIH SADIS KEJAM DAN DILAKUKAN ORANG ORANG KECIL YANG TERHIMIT OLEH KEADAAN EKONOMI YANG SEMAKIN SULIT,KARENA KETIDAK ADILAN PARA PEJABAT BERDASI.

    • subagyo

      omong kosong !!! ga ada nama Husni yang ada lelaki terlahir dengan nama Waluyo dan diakhir hidupnya dia menemukan jalanya sendiri dan mati dengan nama Ignatius Waluyo di LP kalisosok didepan regu tembak 16-02-1980
      (dari karib kusni kasdut)

    • Ronin

      Hengki Tupanwael juga udah mampus dieksekusi dipenjara.

  32. Wahyu

    sePengtaHuan Saya Kusni Kasdut tertangkap karena anaknya yg menyuruh Dia menyerah, jadi bukan karena tertangkap satu lagi Kusni Kasdut tu kebal dari berbagai macam senjata makanya tu g mungkin Dia bs tertembak! anaknya lah yg menyuruh Dia menyerah makanya Dia bs tertembak,

  33. strat

    wuaah hahaha itulah romantika kehidupan bung Kk, ngga tahan lihat realita hidup pada zamannya,hingga mengambil jalan yg salah sekalipun para pembaca melihat ada sifat heroik disana,namun menurut aku tetap aja dalam koridor yang teramatsalah dan brutal…lebih bagus lagi kalo dia menempuh jalan diam seribu bahasa dan menDOAKAN teman2 nya itu menurut die dah salah jalan dlm menjalani kehidupan didunia, jdi bukan ngambek!! trus jadi penjahat dan bagi2 hasil rampasan dan material kejahatan kpd orang2 miskin..gak gak n gak betul itu.Pertobatan yg ditempuh diakhir hidup adalah suatu keputusan briliant jika itu datang dari hati yg sungguh2 dan tulus, tuk mengaku TYK adalah PENEBUS dan Keselamatan..

  34. falmen

    SALUT BUAT KUSNI… HARUSNYA ADA 2.000 ORANG LAGI KAYAK DIA… BIAR MAKIN JELAS KALAU DI NEGARA INI BENAR-BENAR BELUM ADA KEADILAN..
    LEBIH BAIK JADI KUSNI DARIPADA JADI PEJABAT KORUP, MASIH ADA YANG SIMPATIK

  35. ristyan

    Sebuah kisah yang bagus

  36. suharyanto

    terharu saya membaca kisah ini !!! tetapi hati jadi ber+ sedih melihat kelakuan para pejabat (dibaca: koruptor) dan penguasa (dibaca: koruptor) yang makin “mengGURITA” hingga tahun 2010 ini… sampai kapan Indonesia tercinta-ku bebas korupsi ??? atau minimal 10% aja lah uang negara yang dikorup, aku yakin negaraku bisa saingi negara singapura. saat ini mah sudah keterlaluan besarnya tu yang dikorup dan caranyapun makin brilian (: sangat sangat sangat cerdik sekali)… sampai kuberpikir tak guna lah berdoa, minta kepada Tuhan untuk menghilangkan korupsi dinegara tercinta ini. sebab aku yakin itu tak akan terjadi…

  37. sebenarnya ada buku yang menceritakan bapak kusni kasdut,sayang saya kehilangan buku itu bersama dengan buku papilon.pejahat legendaris prancis.jadi saya minta tolong kalau memeng ada atau ada yang punya bisa hhub saya.kusni kasdut menjadi penjahat di karenakan kondisi saat itu yang memang serba sulit.sementara dia juga perlu penghasilan untuk minghidupi keluarganya.berhubung ketrampilan yang dia miliki hanya sebatas di bidang senjata,akhirnya trjadilah apa yang sama-sama kita tahu.sebenarnya dia sudah pernah ada itikat baik dengan menjadi sukarelawan dwikora,sayang saat terakhir dia mau berangkat keburu di tangkap.bagi saya penjahat memang penjahat,tapi lebih terhormat penjahat yang mau meneteskan keringat untuk hasil kerja dia ,sementara pengemis meneteskan keringat demi mendapatkan keringat orang lain

  38. bejo waskito

    Kusni Kasdut…kacian deh lo…di dunia dihukum mati…di akhirat masuk neraka jahannam karena murtad…

  39. nah ini jelas siapa yang di rampok,trus hasilnya di kasih sama siapa!
    gak kyak koruptor ngerampok orang miskin buat dibagi-bagi ke orang kaya.

  40. Saya pernah mendapat cerita di Tulungagung Jawa Timur dari orang sana, Kusni Kasdut punya keponakan yang juga punya cerita unik. Dia pernah bekerja di Sumatera, membangung sebuah bunker di tengah hutan dibawah todongan senjata dan diperlakukan seperti budak.

    Tapi dia berhasil melarikan diri dan membunuh pengawal atau centeng yang menjaga pembangunan bunker tersebut. Namun cerita ini belum sempat saya konfrontir kepada ybs, karena saya belum sempat berkenalan dengan keponakan Kusni Kasdut.

    Sekedar sharing saja. Mungkin bisa lebih digali kalau mau ke kampung halaman Kusni Kasdut di Tulungagung Jawa Timur.

    Iwan

  41. djiweng benu

    Sayap burung berkepak, menembus embun pagi, terbang menerjang keheningan gerbang dini, terperanjat mendengar derap langkahnya yang begitu tenang , melangkah menuju keabadian…………………………….. ini lagu god bless album cermin 1980 an ………….keren abis, saya sering terharu bila menyanyikan/mendengarkan lagu ini……….,

  42. kusni kasdut, nama yang tak asing ditelinga saya meski saya lahir tahun 80-an. kurasa dia memang keren! dia Pejuang! memperjuangkan hidupnya. dia bukan penjahat! negara yang menjadikannya penjahat! saya rasa semua layak hidup layak apalagi kusni kasdut yang seorang pejuang revolusi 45!

    salluut…
    MERDEKA!

    @Andy : mmmmmhhh menurut saya sih KK ya tetap penjahat

  43. dahulu, penjahat dengan mudah dihukum mati, walau sudah bertobat setobat-tobatnya. penjahat sekarang, yang membantai sekeluarga mantan bos dengan perencanaan, membantai sekeluarga hanya demi memberi pelajaran ke keluarga lain, dsb, pelakunya dihukum ringan. ngenes.
    btw, saya sekalian permisi nge-link page ini, pada web saya.
    terima kasih..

    @laurentiadewi: terimakasih sudah mampir mba, silahkan di link …

  44. IZR RR

    Aku sering dnger ceritanya di sela2 kotbah.. wjahnya tak seseram yg kubayangin. bgtulah kisah hidup yg kdang menimbulkan pro kontra.

  45. ~~Kusni Kasdut sempat dijuluki “Robin Hood” Indonesia, karena ternyata hasil rampokannya sering di bagi – bagikan kepada kaum miskin.
    ~~Tangan kanan Kusni Kasdut adalah Bir Ali, anak Cikini Kecil (sekarang ini letaknya di belakang Hotel Sofyan). Bir Ali, yang juga menjadi pembunuh Ali Bajened bersama Kusni Kasdut di Jalan KH Wahid Hasyim, bernama lengkap Muhammad Ali. Dia mendapat gelar Bir Ali karena kesukaannya menenggak bir, ia tewas dalam tembak menembak dengan polisi.
    ~~Ia menjalani hukuman matinya didepan regu tembak pada 16 Februari 1980.
    ~~Perampok kaliber Kusni Kadut, masih terhormat. karena dia masih mao berbagi dengan kaum miskin. ketimbang penjahat berdasi seperti para petinggi dan para wakil rakyat yang rombongan2 merampok duite rakyat. Andaikan ” Kusnikadut” masih hidup, tentu akan dibalas dengan rampok pula oleh Kusni yang Ke-kasdut-kasdutan itu lho….

    • Kusno Kadot

      Yang namanya perampok pekerjaannya tetap tidak terpuji. Sebagian besar masuk ke kantong sendiri buat minum minum & mentraktir tman2. Sebagian kecil diberikan ke orang lain. Siapa saja bisa melakukannya. Malak orang lewat, sebagian dinikmati sebagian di kasikan ke orang lain.

      Kalau mo bagikan uang, pakailah uang sendiri, bukan uang orang lain. Bekerja keras, nabung, berbisnis dan baru bagikan ke orang lain.

  46. “Oh Kusni Kasdut y dimanakah kau…” sapa seorang bekas teman Kusni Kasdut. Kemudian Kusni Kasdut menjawab dari alam sana: “hai.. kawan-kawan, usah lagi kau ulangi pekerjaan seperti masa lalu kita. dan pesan ini sebarkan kepada pak polisi juga banyak yag kurang sadar. polisi dan kawanan perampok tak usah lagi saling salah jalan. kembalilah mengabdi sesuai dengan profesi masing, ‘ ucap Kusni kasdut. tapi satu yang aku minta dengan segala hormat, lanjut Kusni, yakni jangan bilang kepada pak polisi tentang pesan ini dari saya, nanti mereka tak percaya kepadamu, ujar Kusni y ang terkenal dengan kekasdut-kasdutkan itu…. (Kusni memang Kasdur, Tapi Kasdut belum tentu Kusni..)

  47. mohon ijin (mendului) copas ke Catatan FB saya. Terima kasih.

  48. izin copy ya mas buat catatan d fb juga.

    @Iowa : silahkan dengan senang hati :)

  49. budi

    terima kasih sebelumnya,
    saya hanya ingin merefres apa yang pernah saya baca di buku tentang KK, dan di sini saya mendapat tambahan. maaf saya hanya mampir.

    @budi: terima kasih sudah mampir ….

  50. MATI AJA SI ANJING KUSNI KASDUT ITU.. BIAR KEKAL DI NERAKA JAHANAM

  51. bagus kurniawan

    salam kami untuk keluarga besar (alm) Kusni Kasdut dan (alm) Bir Ali

  52. gile tu orang apa masih ada isi kepalanya…?

  53. jan

    manusia kok sok sok-an menilai sih….kusni kasdut kan manusia juga…lakonnya seperti itu sebatas dia manusia, tidak lebih……..kebaikan dan kejahatan adalah bagian dari hidup….jadi nda usah bingung, sejahatnya dia tetap manusia, sebaik baik manusia tentu ada keburukannya juga…..tinggal kita, bisa nggak mengambil pelajaran dari kisah nyata kusni kasdut, semoga kusni kasdut, diterima tobatnya oleh Tuhan…………….

  54. vivian idris

    Reinhard, kisah Kusni Kasdut ini menarik sekali, seorang pejuang yang menjadi ‘penjahat’ kelas kakap yang Robin Hood. Apakah orang-orang seperti Kusni Kasdut pantas disebut penjahat? Secara analisa simplistis ya, karena dia melanggar hukum yang berlaku. Lalu bagaimana dengan hukum yang tak berlaku yang dilanggar oleh kekuasaan sehingga seorang rakyat yang bekas pejuang merasa perlu menjadi Robin Hood demi melihat nasib rakyat lainnya?

    @vivian: menurut saya sih sekali penjahat ya tetap penjahat…kalau bantu orang miskin dari ngerampok yang dibantu juga ngga bakal berkah hehe …thanks komennya vivian… :)

  55. bambang

    dengar ceritanya,sangat mengharukan,semoga sudah di surga

  56. LINGGA

    Kusni Kasdut mengakhiri hidupnya dengan kembali kepada Tuhannya..suatu jalan kehidupan dengan akhir yang baik. terlepas dari baik-buruk perbuatannya, sebab manusia yg baik pasti ada keburukannya dan manusia yg buruk pasti ada kebaikannya..!!

    @Lingga: amiinnn

  57. Kualisi Masyarakat Anti Omong Doang

    Bahasan sejarah kelam seseorang entah betul entah tidak, bagi yang tau sebetulnya meskipun juga salah harap di filter dan hasilnya di terapkan dalam hidup masing-masing…ga usah di ambil pusing apalagi sampai marah2 dengan kata kata kasar atau HURUF BESAR. di blog ini hanya mengulas suatu tokoh sejarah meskipun entah betul entah salah (hanya Tuhan yang tau)…dia baik atau jahat bukan urusan kita…yang jadi urusan kita ialah belajar tentang dasar ilmu pengetahuan umum dan berbuat baik untuk kepentingan umum…jadi para pengunjung yang lain jangan cuma asal bisa jago ngomong aja, tapi ga bisa berbuat, ga mau atau belum ngapa-ngapain….kayak orang nganggur aja ngomong mulu tanpa tindakan.

    @KMAO: terima kasih tanggapannya … :)

  58. era baru

    paling bagi2 hasil kejahatan bwt nutupin kejahatan, apalagi mati dalam keadaan kafir hadeh parah bener nih orang sudah jadi penjahat murtad lagi di penjara, kacian bnr

    • bruto

      Lebih baik murtad, daripada mengaku pemeluk agama rasul namun tega melihat saudara mati kelaparan.
      Perbanyak nasi untuk saudaramu, jangan cuma bisa berdoa tanpa aksi.

  59. wahyu

    sya bingung comment apa<<<<<….sometimes criminal is not always a bad guy….. it because of environment

  60. new

    lebih baik seorang kusni kasdut daripada 1000 anggota dewan yg bikin repot rakyat krn mencuri untuk dirinya sendiri dan berlagak spt manusia tanpa dosa.
    kusni kasdut memang penjahat tapi dia satria menghadapi hukumannya , kalau mau lari lagi juga bisa saat itu tapi dia tahu apa yang dilakukannya itu keliru. nggak kayak anggota dewan kita sekarang ini sudah jelas keliru masih mencari berjuta alasan untuk membela diri. cemen kasian deh bro.

  61. Ada ngga ya , seorang koruptor besar menyesali perbuatanya lalu, meninggalkan hartanya untuk pergi untuk bertobat ?? Akan ku jilat pantatnya . Klo begitu mari kita kagumi orang seperti Kusni Kasdut yang pada akhir hanyatnya telah bertobat sebelum menghadap Tuhan..

    @Red : Amiiinnnnn :)

    • Jigzaw

      Pastilah ada, Bang (dan siap-siap jilatin puluhan pantat mantan koruptor). Cuman Kusni Kadut itu kisahnya dipublikasikan sementara yang mantan koruptor itu enggak. Coba aja penulis artikel ini menuliskan salah satu mantan koruptor, maka anda juga akan trenyuh dengan kisahnya.
      Lagian pula, penulis itu biasanya ada yang pro kepada sang tokoh, seperti tulisan di atas. Padahal, jika kita wawancarai orang di sekeliling Kusni Kadut, termasuk korban-korbannyanya, pasti ceritanya berbalik 180 derajat. Anda jadi benci Kusni Kadut ini.

  62. eza

    kyaknya ada generasinnya tu,,
    macam bajak laut aja one peace wkwkwk

  63. boy

    Kusni Kadut, Soekarno dan Ki Purbo.

  64. ngapain dia murtad?padahal jika ia masuk islam dan bertobat insya Allah masuk surga

  65. yudosyaf

    saya punya bukunya….

  66. wahyu

    hallaaaahh ga usah pada geger… dinikmati dan di akui saja to, toh beliaunya jg udah dipanggil Tuhan,, mau jelek, mau baik, mau masuk sini masuk sana biar aja. yg diatas lebih tau KK mau ditempsatkan dimana… jangan sok tau dan gampang menilai kehidupan seseorang. dinikmati aja critanya. gtu aja kok repot

  67. Raf

    Kusni Kasdut,.. doa kami telah mendahului agar engkau diampuni atas semua dosamu

  68. anto

    menurut saya kusni kasdut jadi penjahat itu relatif, dilihat dari sudut mana, seandainya dia jadi penjahat pada saat jaman belanda, bisa bisa diangkat jadi pahlawan, sebaliknya dia melakukannya pada saat indonesia sudah merdeka, padahal korbanya juga sama sama orang kaya yang dia yakini sebagai orang jahat

    • Jigzaw

      Kalau jamannya dulu, Kusni Kadut hobinya nenggak “Beer”, Whisky ataw Topi Miring, pasti di jaman Belanda dia sering nenggak “tuak”.

  69. nia

    hmm jadi pengen ngeliat lukisannya…
    terima kasih informasinya =) saya suka blog anda =)
    kalau boleh saya mau ijin jadiin catatan di facebook =)

    @Nia: Silahkan mba , terimakasih sudah mampir

  70. Penjahat ya penjahat karena telah merugikan orang lain, bagaimanapun juga Garong ya Garong, kalo gak setuju dengan cara2 pemerintah ya dengan cara lain dong jangan menggarong,

  71. h_damayanti@ymail.com

    Kusni Kasdut sang legendaris, mengingatkan saya sewaktu tinggal di Kota Malang ( 1974 – 1981 ) dekat dengan LP Lowokwaru, dimana KK pernah ” nginap “, yang cukup membuat orang tercengang adalah sisi lain KK yg bisa menghilang dalam rupa lain meski di dalam sel serapat apapun alias khusus, menurut cerita yg berkembang KK mempunyai ilmu ” linuwih ” yg salah satunya bisa ” menghilang dalam wujud berbeda ” dan membuat geger seluruh Kota Malang kala itu……

  72. Muhamad Marijan

    Salut dengan cerita hidup Kusni Kasdut.. diakhir hidupnya, beliau memilih keluar dari agama islam, Sama seperti kebanyakan orang yg murtad, namun takut mengutarakannya karena ancaman. Setiap orang suci punya masa lalu, seorang pendosa punya masa depan.
    Semoga arwahmu di surga… amin.

  73. Windy Amalia

    Kereeeen,dipenjara berkali2 bisa kaburr.. Beliau dulu tinggal di Kalimas Udik (surabaya-ampel) . Konon nenek saya blg, beliau teman kakek saya, rumahnya satu gang dikalimas bersama kakek nenek saya hehehe

    • "SONTOLOYO" Tukang angon Bebek Van Rambipuji

      Wah kalau gitu kakek & neneknya sama dong dengan Almarhum Kakek & Nenek saya…. maksud saya sama2 Kakek2 & Nenenek

  74. uncle bleu

    saya penggemar berat cerita cerita tentang penjahat kaliber indonesia nyata dalam menempuh hidupnya bertaruh nyawa, tidak seperti penjahat berdasi era sekarang….berceloteh sosial dan anti korup munafik anjing….*apresiasiasi kepada penulis cerita ini.

    @Uncle: Terima kasih … :)

  75. Pengembara Jalanan

    Artikelnya sangat inspiratif, mas. Mengingatkan saya pd Anton Medan. Seorang kriminal kambuhan yang sempat merasakan penjara cipinang. Namun tangan Tuhan membimbingnya menuju arah yang benar. Salam kenal.

    @Pengembara: terima kasih sudah mampir ..

  76. prajurit welirang

    Emangnya yg dibunuh kusni itu lalat ya sehingga anda berpendapat demikian! Gimana kalo keluarga anda ada yg dirampok terus dibunuh dan uangnya dipake mabuk terus sisanya dibagikan ke orang miskin! Apa betul bisa disebut lebih baik daripada seorang koruptor? Udah sama sama rusak moral dan berpikiran dangkal semua! Pahlawan itu niatnya bagus caranya bagus dan hasilnya juga bagus!!! Benar atau salah balik lg ke diri masing masing yg menilai…sori bro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s