Mengganti Ibukota

Saya cukup beruntung pernah mengunjungi beberapa ibukota negara yang pindah ke daerah/Kota baru, dan memang tidak banyak ibu kota negara yang pindah ke daerah baru, contohnya adalah kota Abuja di Nigeria yang pindah dari Lagos, dan Nawpyitaw di Myanmar yang pindah dari Yangon, dan saya pernah ke dua kota itu. Ada contoh lain yang menurut saya tidak terlalu signifikan yaitu ibukota Putrajaya di Malaysia, tidak terlalu bermasalah karena masih sangat dekat jaraknya dengan ibukota lama Kuala Lumpur.

Ada bermacam alasan kenapa ibukota harus pindah ke tempat baru, dari alasan patriotik seperti Nawpyitaw karena di tempat tersebut tentara patriotik Burma (nama negara sebelum Myanmar) mengalahkan penjajah Jepang pada tahun 1945, sehingga untuk mengenang hal tersebut, dipindahkanlah ibukota pada tahun 2016, sedangkan Abuja ibukota Nigeria dipindahkan simpel karena kota Lagos over crowded dan sudah sangat tidak nyaman, sehingga diputuskanlah oleh pemerintah untuk memindahkan ibukota ke Abuja, bagaimana caranya ? Cukup menarik garis lintang dan bujur dari ujung batas negara sehingga bertemu titik tengahnya, dan itulah kota Abuja sekarang dan memang kota tersebut benar benar terletak ditengah Nigeria, kota itu didirikan semenjak tahun 1991.

kota Abuja Nigeria pada working hours, sepi sekali.

Ternyata memindahkan ibukota itu tidak semudah membalikkan tangan, butuh upaya yang keras dari pemerintah untuk membangun infrastruktur fisik dan lebih berat lagi bagaimana membuat komunitas baik pegawai, swasta maupun pemerintah ataupun kalangan internasional seperti perwakilan asing dan kedutaan besar untuk nyaman pindah ke tempat baru. Selain infrastruktur pemerintah seperti kantor, bangunan dan penunjang lainnya seperti listrik, air dan internet, juga yang terpenting adalah fasilitas sosial, ini penting ternyata, orang tidak akan merasa nyaman apabila kebutuhannya untuk bersosialisasi tidak ada, Keberadaan sekola, pasar/mall, sekolah, bank, tempat hiburan menjadi salah satu yang harus dipikirkan.

Penampakan jalan utama di Nawpyitaw pada saat working hours, sangat sepi dengan 12 lajur jalannya.

Pada kunjugan saya ke kedua kota itu, saya mendapatkan kesan yang sama, yaitu kota tersebut terlihat seperti kota mati, tidak ada kegiatan yang terlihat, walaupun sudah banyak pegawai disana, tapi kebanyakan mereka tidak membawa keluarganya, jadi terkesan kota tersebut hanya buat pegawai. Ternyata hal yang paling sulit adalah memindahkan kedutaan besar negara sahabat ke ibukota baru, Abuja membutuhkan 25 tahun agar bisa memindahkan seluruh kedutaan ke tempat baru, sedangkan di Nawpyitaw masih satu dua kedutaan saja yang bersedia pindah, selainnya masih di Yangon termasuk KBRI, kenapa pindahnya kedutaan besar asing ke ibukota baru penting ? hal ini terkait dengan pengakuan dunia internasional terhadap eksistensi ibukota tersebut, lalu kenapa di Abuja memindahkan seluruh kedutaan membutuhkan waktu yang lama ? Karena seperti hal tadi yang saya kemukakan, infrastruktur sosial yang penting terlupakan untuk dibangun, diperlukan sekolah internasional, mall dan prasarana lain penunjangnya, bahkan sebagai insentif pemerintah Nigeria menggratiskan perolehan tanah untuk kedutaan.

Kesimpulannya, pemerintah Republik Indonesia harus benar benar melakukan feasibility study akan calon – calon ibukota baru, apakah cocok dari segala aspek baik geografis, kemudahan trasportasi, kemampuan menghadapi bencana, sumber energi, faktor pertahanan keamanan dan banyak faktor lainnya, dan itu belum selesai, masih lanjut dengan infrastruktur fisik maupun infrastruktur sosialnya, tentunya tidak mudah, masih perlu perjalanan yang sangat panjang, tapi setidaknya sudah ada semangat, niat dan komitmen, hal itu perlu untuk memulai langkah selanjutnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s