Tugas baru di Sekretariat Aseanapol

aseanapol

Setelah berbagai macam penugasan, saya efektif semenjak 1 Januari 2013 mendapat pos baru tugas di luar struktur Polri yaitu di Aseanapol Secretariat. kedudukan Aseanapol Secretariat berada di Kuala Lumpur Malaysia. ASEANAPOL adalah salah satu organisasi perkumpulan 10 Kepala Kepolisian ASEAN, namun ASEANAPOL ini bukan dibawah sekretariat ASEAN yang berada di Jakarta. ASEANAPOL merupakan sebuah organisasi independen yang non politis, kesekretariatan ASEANAPOL juga bukan “Decision Making” atau pembuat keputusan,  karena ketua ASEANAPOL adalah kepala kepolisian negara ASEAN yang bergantian dengan masa tugas selama 1 tahun sekali dan berputar secara Alpahbethical Order. 

Markas Besar Polis Diraja Malaysia (PDRM) di Bukit Aman Kuala Lumpur, tempat Sekretariat ASEANAPOL

Markas Besar Polis Diraja Malaysia (PDRM) di Bukit Aman Kuala Lumpur, tempat Sekretariat ASEANAPOL

Sejarah pendirian sekretariat ASEANAPOL sebenarnya panjang,  pada mulanya telah ada pertemuan tahunan kepala kepolisian ASEAN yang dilakukan setahun sekali semenjak tahun 1980,  setiap melakukan pertemuan dirasakan tidak ada kelanjutan daripada keputusan bersama para pimpinan kepolisian,  atas kekurangan ini diusulkanlah untuk membuat sebuah sekretariat para pimpinan kepala polisi ASEAN dan berdasarkan pertemuan yang panjang maka diputuskan bahwa sekretariat ASEANAPOL  akan berada di Kuala Lumpur dengan menempatkannya di Markas besar Polis Diraja Malaysia (PDRM). Secara resmi sekretariat ASEANAPOL berdiri tahun 2010.

Sekretariat ASEANAPOL bertugas untuk membantu ketua ASEANAPOL, atau disebut Chairman ASEANAPOL. Untuk tahun 2012 – 2013 ini dipegang oleh kepala polisi Myanmar, Brigadir Jendral Kway Kyaw Tun, pergantian ketua ASEANAPOL akan berlangsung pada pertemuan tahunan ASENAPOL, pada tahun 2013 ini akan berlangsung di Thailand dengan demikian otomatis kepala polisi Thailand akan menjadi ketua ASEANAPOL untuk periode 2013 sd. 2014, untuk tahun depan akan dilaksanakan di Philipina dan Kepala Polisi Philipina akan menjadi ketua ASEANAPOL berikutnya dan demikian seterusnya.

Sekretariat ASEANAPOL berperan penting sebagai sekertariat dalam konferensi tahunan Kepala Kepolisian ASEANAPOL, juga sebagai penghubung antara para kepala Kepolisian negara anggota ASEANAPOL, mengumpulkan data dalam Database kejahatan ASEANAPOL, memberikan masukan dalam operasi kepolisan bersama ASEANAPOL dan juga berperan dalam pengembangan kapasitas seperti menyelengarakan kursus dan pelatihan bagi anggota kepolisian ASEANAPOL.

IMG-20121227-01924

Berfoto bersama Direktur eksekutif ASEANAPOL Jend. Sarmoline dari Kamboja

Siapa saja yang bertugas di ASEANAPOL ? menurut Term of Reference (TOR) yang telah disepakati para kepala kepolisian dari ASEANAPOL, dalam Sekretariat ASEANAPOL ada 3 orang direktur, yaitu Direktur Eksekutif, Direktur Police Services dan Direktur Program dan Perencanaan (jabatan saya sekarang ini) untuk personil lainnya (kurang lebih semua ada 18 orang) berasal dari anggota PDRM,  semua direktur adalah dinominasikan oleh kepala kepolisian ASEANAPOL untuk bertugas di sekretariat ASEANAPOL selama masa jabatan 2 tahun, khusus untuk direktur Eksekutif karena merupakan posisi kunci dalam Sekretariat dipilih  berdasarkan Alphabetical Order dari negara – negara anggota. Siapa yang membiayai operasional Sekretariat ASEANPOL ? Negara – negara anggota  ASEANAPOL memberikan kontribusi atas pembiayaan tahunan ASEANAPOL, dan biaya dibagi rata kepada 10 anggota ASEANAPOL.

Demikian sekilas tentang penugasan terbaru saya, mohon doa restunya dari rekan – rekan sekalian agar saya bisa memberikan kontribusi berarti dalam sekertariat ASEANAPOL dan menyelesaikan 2 tahun tugas saya dengan baik.

 

18 Komentar

Filed under Blogger, Polisi

18 responses to “Tugas baru di Sekretariat Aseanapol

  1. mardiaz

    eh si abang udah kabur lagi keluar negeri, selamat ya bg, tp jadikan pgalaman keluar kemarin menjadi pengalaman yg suangaaat berharga,heheheh.trus si ucok yg bertiga diajak gak bg,btw ktnya ada mbak yg baru ya bg??

    @Mardiaz : iya bro semua dibawa pindahan …. hehe benar bro, kalau ada waktu main kesini yah, kan ada direct flight kesini …🙂

  2. Wah congratulation bang…! Tetep nulis blog nya…biar wawasan ku luas tentang polisi…) 2 thn anak”di boyong ke sana juga kah?

    @duma: terima kasih sudah mampir lagi di blogku, iya semua boyongan kesini …. agak repot memang🙂

  3. Hendrik Eliza Abel

    Selamat & tetap semangat ya bro.., salam buat Jean & anak2 semua disana.. God bless y’all..

    @ABEL: thanks ya bro …. salamnya disampaikan … GBU

  4. sudung hutagaol

    Dengan jabatan Dir. Program dan Perencanaan memerlukan integritas yang tinggi serta mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang luas diorganisasi ini dan masing masing negara anggota. Selamat ya.GBU

    @SH: terima kasih atas dukungan dan doanya … Tuhan Memberkati

  5. Selamat bertugas di tempat yang baru pak. semoga semuanya dilancarkan.

  6. Jolie Diana

    selamat ya pak Reinhard, semoga sukses menyertai dalam tugas pengabdian dimanapun berada…

    @Mba Jolie: terima kasih mba, salam hormat buat abang dan juga adik 2x di rumah … Tuhan Memberkati

  7. Selamat atas tugas barunya Komandan, semoga makin sukses…

    @Fauzal: siap terima kasih brother …. Brigade !

  8. Sukses ya mendan,, semoga dapat memberikan manfaat bagi bangsa negara dan kumendan..

    @Bg Krishna: terima kasih bang, sukses selalu juga buat abang… GBU

  9. gunstars

    Selamat atas jabatan barunya Komandan..semoga selalu sukses Ndan

  10. gunstars

    Selamat atas jabatan barunya komandan, semoga sukses selalu..

  11. tresh

    Selamat yah pak, sukses buat anda telah mewakili polisi indonesia di asean…

    @tresh: terima kasih dan sukses selalu …🙂

  12. selamat dan sukses bang, semoga senantiasa diberikan kesehatan dan kemudahan dalam tugas serta dalam penulisan blognya..hehehehehe..

  13. mohon ijin bang, buat postingan tentang libur buat Polisi di berbagai negara dooong…misalkan di asean, kayaknya postingan buat senjata dan pengungkapan kasus sudah biasa, kalo postingan tentang liburan / cuti buat polisi gimana ? soalnya kan Liburan itu tabu buat anggota Polisi di indonesia..hehehehe

  14. Bang, saya mahasiswa s1 sedang mengerjakan skripsi, dengan tema cyber crime. apa boleh saya minta latar belakang dan mekanisme kerja yang dilakukan oleh aseanapol?
    saya kesulitan utk mendapat bahan ttg aseanapol..
    dan apabila memungkinkan, saya ingin melakukan wawancara juga..
    terimakasih sebelumnya..🙂

  15. Bang, saya mahasiswa S1 Hubungan Internasional sedang mau menjalankan praktek magang. Sekiranya mau magang di tempat Aseanapol itu terbuka apa tidak bang? kalau terbuka, prosedur buat mengajukan magang disana bagaimana?
    Terima kasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s