The Most Dangerous Hot Spring

Sumber Air Panas Semurup, Kerinci

Sumber Air Panas Semurup, Kerinci

Setelah pindah tugas meninggalkan Jambi beberapa bulan ini saya jadi teringat cerita yang unik selama berdinas disana selama 7 tahun, menurut saya adalah pada waktu ke kabupaten Kerinci, ini adalah sebuah kabupaten yang paling jauh dari ibukota Jambi, letaknya di kaki gunung Kerinci (gunung tertinggi di Sumatra) di sebelah Barat Jambi kalau menggunakan kendaraan paling cepat bisa ditempuh 10 Jam melewati jalan yang buruk disekitar pegunungan, pernah sih pemdanya mengupayakan angkutan pesawat dengan memberikan subsidi kepada penumpangnya tapi lama – lama bangkrut juga. Kerinci secara geografis lebih dekat ke Sumatra Barat, yes itu sangat berpengaruh sekali segala adat istiadat hampir sama dengan budaya Minang kecuali bahasanya, konon kabarnya dahulu kerinci adalah bagian dari Sumbar, pada awal pembentukan propinsi Jambi pada tahun 50′ an syarat 5 kabupaten untuk membuat satu propinsi masih kurang 1 Kabupaten, nah melalui negoisasi dengan propinsi Sumbar dilepaslah kabupaten Kerinci untuk bergabung dengan Jambi.

Juru Kunci sedang mengucapkan mantra, mencegah bunuh diri

Juru Kunci sedang mengucapkan mantra, mencegah bunuh diri

Seperti banyak daerah pegunungan pasti didapat sumber mata air panas (Hot spring), salah satu yang paling terkenal di Kerinci adalah mata air panas Semurup, letaknya hanya 15 menit dari kota kerinci, lokasinya seperti tempat wisata lazimnya ada banyak petunjuk arah menuju lokasi, begitu masuk areal ada gapura besar, ada petugas yang menjaga pintu masuk dan dengan 5 ribu rupiah bisa masuk ke lokasi, dalam lokasi hot spring ada beberapa tempat permandian private, dan banyak warung menjual kebanyakan telur dan pisang, ooh ternyata telur dan pisang itu nantinya akan dicelupkan ke sumber air panas sehingga matang, begitu masuk ke dalam area tempat hot spring itu ternyata pandangan kita terhalang dengan pagar tinggi terbuat dari besi dan kawat berduri di atasnya, pintunya dikunci gembok dan hanya diberikan setelah meminta izin juru kunci lokasi air panas ini, ia lah yang memberi screening siapa yang boleh masuk ke kawasan air panas ini… nah lo, kenapa sih urusannya jadi ribet begini ?

Orang dengan pikiran kosong tsb, tertangkap kamera

Orang dengan pikiran kosong tsb, tertangkap kamera

Nah jawabannya adalah: Tempat itu banyak digunakan sebagai lokasi favorit untuk bunuh diri, tercatat sudah puluhan korban bunuh diri yang datang ke lokasi ini dan melompat terjun ke kolam air panas di tengah sumber air panas….. menurut penjaga warung setiap tahun kurang lebih 4 sampai 5 kali peristiwa bunuh diri dengan terjun ke kolam air panas, kolam itu lebarnya kurang lebih 20 x 10 meter alami, namun dasarnya tidak kelihatan karena dalam, konon kabarnya sangat dalam, lebih dari 50 meter dan didalamnya ada aliran air panas dengan panjang puluhan kilometer, menurutnya apabila seorang terjun ke kolam sangat tidak mungkin untuk ditolong, karena air panas sekali dan pasti hilang tersedot ke dalam kolam, dan jenazah bisa ditemukan kembali apabila meminta pertolongan pawang setempat, dengan mengucapkan doa tertentu jenazah bisa mengapung kembali walaupun yang tersisa tinggal tulang belulang dan rambut, sisa tubuh manusia yang relatif tahan panas, daging dan organ tubuh sudah hilang karena panasnya air. Peristiwa terakhir adalah tahun 2010 ketika seorang wanita yang merupakan istri Kepala dinas PU kabupaten kerinci terjun bunuh diri ke tengah kolam, semenjak itu dibuatlah pagar tinggi sehingga orang tidak bisa masuk ke dalam areal kolam air panas.

ayam yang disembelih dan darahnya diciprati disekeliling kolam

ayam yang disembelih dan darahnya diciprati disekeliling kolam

Kenapa banyak terjadi bunuh diri di tempat itu ? konon juga kabarnya sangat terlarang orang yang mempunyai masalah berat, pikiran kosong untuk datang ke tempat itu, karena akan ada “roh” yang akan “menarik” seseorang untuk terjun ke tengah kolam, “roh” tersebut akan masuk dan mengendalikan pikiran orang tersebut. Pada waktu saya kesana, juru kunci kolam Semurup lagi tergopoh gopoh membawa ayam kampung, berdoa mengucapkan mantra, dan menyembelih seekor ayam di pinggir kolam, ternyata ada seorang dengan pikiran “kosong” sedang berdiri di pinggir kolam, saya dibisiki oleh penjaga warung, ssstttt itu orang (ia menunjuk orang yang berdiri di pinggir kolam itu) sedang berniat untuk terjun ke tengah kolam, untungnya juru kunci kolam segera bertindak, ia segera “mengganti” korban dengan memotong seekor ayam kampung dan “menciprati” darah ayam di sekeliling kolam, anehnya setelah upacara singkat itu, orang yang disinyalir hendak bunuh diri meninggalkan lokasi kolam…. aneh bukan ?

Memang tempat ini sebagai “The Most Dangerous Hot Spring” penuh misteri dan menyeramkan, tapi lupakanlah …. saya sedang menikmati telur dan pisang yang saya rebus di aliran air panas ini …

7 Komentar

Filed under Publik

7 responses to “The Most Dangerous Hot Spring

  1. nice post bang, sekilas info pesawat ke kerinci sekarang sudah ada lagi, jadi kalo abang kangen pengen liat semurup lagi gak usah lewat darat (sekarang paling cepat 12 jam bang), hehehe…..
    suskes ya bang….

    @romi: terimakasih atas tambahan infonya, skrg ke kerinci 12 jam ? wadow pasti makin rusak jalannya, memang semenjak meninggalkan jambi yang terkenang itu indah nya saja, yang buruk sudah berlalu…🙂 salam buat rekan 2x di Jambi yo ….

  2. Keren deh pak tempatnya, emang Indonesia banyak tempat2 yang indah dan nyenengin deh, ditambah dengan mitos2 leluhur, makin mantep deh tuh tempat.. Eh ini apa ya enaknya manggil, soalnya bloggernya polisi seh, hehehehe..

    @niee: manggilnya terserah mba , panggil mas, bang, atau rere nama panggilan hehe, thanks

  3. wah, kalau kesana jangan sendirian tuh, takut nyebur sendiri ngga ada yang nolongin………..postingannya bagus pak blogger polisi,,,,,,,senang ada polisi ngeblog,,,salam kenal….

    @Iman: memang sangat disarankan kalau kesana jangan sendiri ….. terimakasih sudah mampir di blog ku🙂

  4. Leo Tampubolon

    Menarik betul ceritanya lae, pingin ke sana juga, biar lebih dekat mengenalnya…….

    @leo: boleh tuh kalau ada waktu main ke kerinci …

  5. Leo Tampubolon

    any time lae……ha…ha…ha….

  6. hery

    Kenangan lama nih bg waktu di jambi ya… Btw selamat bergabung bg di tempat tugas yg baru, kemungkinan tanggal 16 September 2011 abang sdh bisa merasakan kepadatan lalulintas kuningan he he… (dapet bocoran A1 bg)

    @heri: wah terimakasih banyak atas infonya her … mudah 2x an bisa sama 2x merasakan macetnya kuningan … hehe …

  7. mardiaz

    saya deg2an juga baca ttg hotspring ini dan selalu menanti endingnya, pemikiran awal saya kakak asuh yg mau nyebur ke dalam kolam itu kemarin,xixixixi,eh kagak taunya org lain,gimana kakak asuh dah dapet pengganti blum???

    @mardiaz: so pasti bro .. hahaha …. no need to be lonely ..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s