Gendarmarrie, Polisi Banci atau Tentara Banci ?

Lambang Italian Carabinieri

Lambang Italian Carabinieri

Di beberapa negara Eropa ada suatu institusi yang tidak kita kenal sistem tata negara kita, institusi ini unik sekali seakan akan berada di “dua alam” yaitu Kepolisian dan Militer secara bersamaan, dapat berganti peran secara bergantian tergantung keadaan, seperti Banci🙂 … Institusi ini  dibilang Polisi juga ngga seluruhnya  benar karena aturannya sangat militer bahkan ikut diterjunkan dalam berbagai operasi militer, dibilang Militer juga tidak tepat karena kok mereka juga bertugas di bidang pencegahan dan penanggulangan kriminal yang berada dalam masyarakat…

lambang France Gendarmarrie

lambang France Gendarmarrie

Institusi ini bernama Gendarmarrie atau Gendarmary diperkenalkan awalnya di Perancis berasal dari kata “Gens d’armes” yang artinya “orang bersenjata” pada awalnya adalah pasukan kavaleri bersenjata dibawah Angkatan Bersenjata Perancis, namun setelah revolusi Perancis diperkenalkanlah pemisahan lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif … Negara pada waktu itu sangat kacau, sehinggga diperlukan Militer untuk “meredakan” keadaan, namun karena aturan itulah maka Militer harus diberi wewenang “sipil” untuk turun ke ranah “keamanan” negara, jauh dari tugasnya sebagai “pertahanan” . Maka dibentuklah “tentara” yang bisa bertugas “sipil” yaitu Gendarmerrie… Nah ide ini diadopsi ke beberapa negara lain di Eropa seperti Italia dengan “Carabinieri” , Spanyol dengan “Guardia Civil”, Belanda dengan “Marschautshce” atau kita sebut “Marsose”…

Carabinieri sedang patroli

Carabinieri sedang patroli

Gendermarie sebenarnya adalah militer namun ditugaskan dalam masyarakat sipil, karena itu mereka lebih disebut “Para-Militer” ketimbang “Militer”, namun mereka bisa juga ditugaskan dalam tugas – tugas militer dalam keadaan Perang atau dalam penanggulangan bencana alam, disisi lain mereka juga melakukan tugas pemolisian sipil seperti melakukan penyelidikan dan penyidikan, patroli jalan raya, laut dan udara dan penanggulangan huru – hara… bahkan mereka juga sebagai PM (Polisi Militer) yang melakukan penyidikan terhadap Militer atau sebagai Provost Militer… Gendarmarrie berada dalam lingkup Kementerian Pertahanan (Italy), dalam lingkup kementerian dalam negeri (Argentina dan Spanyol) bahkan berada dalam dua kementrian sekaligus Kementerian Dalam Negeri dan Pertahanan (Chili, Perancis, Belanda) … Inilah sekilas perbandingan Gendarmarrie (perancis) dan Carabiniery (Italy) seperti :  Gendarmarrie dan Carabinieri sama sama berada di bawah Menteri Pertahanan dan Menteri dalam Negeri, Gendarmarrie : Bertugas di daerah Rular (luar kota) sedangkan Polisi di daerah Urban (perkotaan), Carabiniery : Sama – sama dengan dengan polisi, baik diluar kota maupun didalam kota, jadi mereka saling bersaing.

France Gendarmerrie sedang Patroli

France Gendarmerrie sedang Patroli

Pada penugasan dalam ranah “kepolisian” tentunya ada rivalitas abadi Gendarmerrie dengan “Polisi” benaran …. mereka saling saingan untuk merebut hati masyarakat dengan tugasnya (malah bagus kan ? .. hehehe) Saya pernah melihat sendiri di Italy, masyarakat lebih percaya kepada Carabiniery ketimbang Polisi…. Alasan mereka Carabiniery lebih cepat tanggap kalau ada laporan masyarakat … saya pernah melihat statistik : ternyata Carabiniery lebih banyak menangani kasus kriminal dibandingkan Polisi…. Dibandingkan dengan “polisi biasa” Gendermarrie mempunyai kelebihan disiplin yang lebih tinggi, membuat mereka lebih kapabel ketika berurusan dengan kelompok kejahatan kekerasan yang bersenjata… disisi lain standar rekrutmen yang tinggi terutama di kesehatan dan Jasmani membuat mereka mempunyai calon anggota yang mempunyai kelebihan dibanding polisi. Gendermarrie mempunyai berbagai macam tugas polisi maupun militer, contohnya di Perancis Gendermarrie mempunyai tugas pengendalian massa/kerusuhan, anti teroris, penjagaan VVIP dan Obyek Vital, Pengawal Presiden Perancis, Pengawal bandara, Polisi Udara dan Air, dan SAR.

Lucu kan ? tapi menurut saya banyak positifnya kok…..kalau Polisi dan Carabinieri saingan untuk menanggulangi kejahatan .. pasti susah kan kalau ada mafia hukum ? haha… kalau tersangka bisa bebas karena disogok di Polisi, jangan – jangan bisa di tangkap lagi sama carabinieri atau sebaliknya….  🙂

15 Komentar

Filed under hukum, police, Polisi

15 responses to “Gendarmarrie, Polisi Banci atau Tentara Banci ?

  1. Mungkin ga kumendan kalau di Indo dilakukan hal yg sama? Kalau di Spanyol mereka mau patroli dengan jalan kaki, ga hanya ke mall or pertokoan.Tapi ke rumah2 penduduk juga & ini ga hanya pria aja, wanitanya jg ikutan.Pernah saya liat malah yg cewenya ikut2an lari ngejar2 pelaku kejahatan n finally nangkep juga.
    Kalau di Indo dibuat spt itu, apa iya mereka mau melakukannya?? Wong dikasih sepeda n roller blade, munculnya moment2 tertentu aja.Malah kabar terakhir bilangnya sepedanya dah banyak yg rusak katanya. Denger2 POLRI juga melakukan patroli jalan kaki di daerah BLOK M kalau ga salah, tp apa iya permanen kondisinya?

    @tiggo : itulah yang polisi indonesia kurang punyai… tidak ada konstistensi terhadap suatu program, yang kedua membeli peralatan tapi tidak diimbangi perawatan …

  2. kalo ngomongin marsose,
    jadi inget serdadu ambon ketika masa kolonial hindia belanda dulu pak🙂.
    BTW, brimob itu bukan para-militer ya? apa karena tidak ada penyidikan dan penyelidikan?

    @zidni : brimob memang paramiliter, tapi bukan gendarmerrie karena masih satu tubuh dengan polisi, gendarmerrie institusi sendiri lain dari polisi ..

  3. Judul ngga ngenakin komandan….. tapi tulisannya positif sekali.
    “mempunyai kelebihan disiplin yang lebih tinggi, membuat mereka lebih kapabel ketika berurusan dengan kelompok kejahatan kekerasan yang bersenjata… ” …nah ini yang perlu di tiru!!!!! atau bahkan mungkin sudah kami lakukan sebagai insan Bhayangkara pada Korps Brimob.

    @daeng : itulah kelebihan korps brimob ….. brigade !

  4. putra

    Menurut saya pribadi jika ada institusi seperti carabinieri, gendarmerrie, maka yg paling harus diperhatikan adalah jobdescnya, mengapa demikian karena dengan adanya institusi baru tentu pengaturan jobdescnya juga harus jelas, selalu saja ada wilayah abu2 dalam pelaksanaan tugasnya seperti halnya TNI-POLISI, di indonesia, kasus terbaru KPK-JAKSA-POLISI, semua ini harus cermat diperhatikan, jangan sampai ada gesekan karena hal2 ini, dan ini tugasnya DPR untuk membuat UU yang memisahkan dengan jelas dimana dan apa perannya, mekanisme perannya harus jelas, mungkin itu aja bang, nice posting..ng

    @Putra : waduh mudah – mudahan ngga sampai ada lembaga ini di Indonesia… ribet banget nantinya :)) kalau di negara yang ada sistem ini memang sengaja diadu kemampuannya dalam mengatasi masalah kriminal dlm masyarakat… thanks

  5. arif

    tambah pengetahuan…..

    @arief: thanks …

  6. Morkies

    Di sini ? Waduh Kejaksaan, Polisi sama KPK aja udah banting-bantingan, apalagi ini tambah satu lagi, runyam !

  7. bazz

    menurut sayaa yang paling mirip dengan gendarmarie di indonesia mungkin brimob ya…
    sama-sama paramiliter, sama-sama punya pengalaman tempur. mungkin bahkan dalam hal kemampuat perang nampaknya brimob lebih unggul jika kita bandingkan dengan anggota koramil… he he…

    cuma brimob sepertinya tidak punya wewenang untuk melakukan penyelidikan ya….

    @bazz: Tepat sekali mas… Brimob yang paling mirip dengan gendarmarrie.. namun masih satu tubuh dengan polisi, setiap gendarmerrie yang sebenarnya pasti terpisah secara institusi dengan polisi, jadi tidak bisa dikatakan sama … terlepas punya kewenangan penyidikan atau tidak…

  8. pass baca tread ini isinya apa sih…eh perbandingan dg luar negeri ya g sebanding dg indonesia tentang kebobrokan aparat penegak hukumnya….sebaiknya polisi aja yang diatur organisasinya mirip di luar negeri..dibawah depdagri ato kehakiman jadi g kayak super power sekarang ini…
    @bass….sampean iku sadar ora…..anggota koramil wong tuo kabeh…..tapi kalo di adu perang sama brimob..boleh main…..sadar aja brimob itu masih onces onces perlengkapannya byk dibeliin amerika…coba lihat ompung2 dikoramil walau udah tua tapi masih berjiwa merah putih..sama brimob g takut…boleh di adu tempur kalo adu lari ya kalah ama yg muda…..

  9. sadar wae polisi wess dadi sipil….tugase nyemprit goceeng…sama 86 kasus2 orang orang beduit…coba orang g beduit,,,,,,,dalam mennnnnnnnnnnnnn

  10. malik ar'asy

    malik ar’asy
    Nama saya herma.kasus yang saya alami dapat di lihat di
    http://www.intimidasike1.blogspot.com

    Saya sangat butuh bantuan hukum dan bantuan pencarian bukti bukti dan
    arsip arsip yang ada hugunganya dan sangkut pautnya dengan kasus yang
    saya alami.
    Bila saudara punya maka dapat menghubungi awanabdulherma@gmail.com
    Terima kasih atas perhatianya
    Salam kenal

  11. ZIG-ZAG

    Bass: kalo bandingin brimob jng sama koramil ya gak sesuai,bandingin tu sama ifanteri,kaveleri,arteleri dan zeni tempur baru bisa diliat siapa yg sering ketakutan dan tanam kepala kalo lg kontak senjata di Aceh.
    Mending dr pd brimob dibilang pasukan banci “Polisi bukan Tentara blm” mending brimob masukin ke dalam tubuh TNI/MILITER tp dlm tugas bisa di BP kan ke Polri dan dibawah komando Kapolri bila negara dlm keadaan aman dan bisa kembali ke dlm TNI/MILITER bila terjadi gerakan separatis di negara ini untuk bersama2 dlm operasi militer.

  12. dodid

    tentara kita itu banci beraninya sama masyarakat aja,daerah operasi selalu daerah ciptaan sendiri, kalo emang berani kayak amerika dong bertempur diluar melawan musuh bukannya malah melawan masyarakat, tentara bisanya cuman jadi becking judi dan becking semua kejahatan

  13. dodid

    sebetulnya kalo mau bicara jujur,brimob kita besarkan dan tentara kita kurangi,dalam sejarah indonesia sejak prolamasi apa pernah sih kita perang dgn negara lain,belum kan,nah loh mubazirkalebih baik brimob kita besarkan sehingga pd saat aman mereka bisa terlibat dlm menanggulangi kejahatan,skrg kalo kita mau perang gampang koq,minta aja UN utk melindungi negara indonesia kalo ada yg mau menindas??

  14. adi

    betul mas adi,kayak hongkong mereka tidak punya angkatan bersenjata nmun apabila mereka terancam pihak inggris yg akan membela mereka,swiss juga tidak punya angkatan bersenjata namun setiap wn swiss setelah kuliah wajib melakukan wamil selam 3 thn dan menjadi tentara cadangan dan di rumah mereka berhak menyimpan senjata apabila sewaktu2 berperang mereka siap tapi dan itupun sebagai last resort krn apabia ada yg menyerang swiss maa setiap negara besar akan membantu melakukan pertahanan

  15. salah kaprah.yg tentara dikebiri sendiri, yg polisi mau dijadikan seperti tentara, yg dihadapai rakyat malah pakai senapan serbu, diberondong…sekarang setelah Malaysia, Australia n terakhit Singapur n PNG melecehkan kita apa mau Polisi yg maju? Negara lain militernya kuat dengan peralatan yg canggih, tau kita militernya alat tempurnya minim anggaran, makanya berani. Jaman dulu, militer kita terkuata di Asia Tenggara ggak ada yg berani dgn Indonesia(Jaman Soekarno), Jaman Orba Miiter kita masih simbang dgn negara tetangga , jg nggak ada yg berani melecehkan kita. Sekarang, beli Sukhoi aja dicicil sampai beberapa tahun baru jadi 1 skadron, beli F-16 aja bingung mau yg baru tp sedikit atau yg lama tp Up Grade. mau beli tank Leopard aja ditentang DPR. Sekarang bolak balik dilecehkan Malaysia, Australia n terakhir Singapur n PNG, apa mau Brimob yg maju? Mau melawan 80an F-16, 24 F-15 n F-35 n Aphace nya Singapur? mau digilas Leopardnya Singapur?Malaysia aja sdh lama punya Mig 29, Sukhoi, F-18, sekarang mau beli pesawat tempur yg lebih canggih lg, kapal selamnya canggih. Australi aja sdh mau mengganti F-18 n F-111 nya dgn yg lebih canggih.Negara tetangga diperkuat militernya kita malah tentara mau dikurangi, alat tempurnya minim anggaran. Sekarang baru dpermasalahakan nama KRI Usman Harun. Besok apa lagi. Krn mereka tau kita militernya tdk secanggih mereka. Seharusnya malah Brimob yg dikurangi. Polisi itu menghadapi rakyat bukan musuh. Senjata utk melumpuhkan bukan membinasakan.kalau rakyat diberondong ditembak mati, walaupun teroris, mana asas praduga tak bersalahnya aparat hukum. Perang itu jalan terakhir bila Diplomasi gagal. kekuatan militer menentukan Diplomasi. Sekarang Timor Leste malah menyediakan tempat utk Militer Cina. Negara Asia Tenggara memperkuat Militer krn perkembangan politik di Laut Cina Selatan. Tentara Amerika ada di Darwin Autralia. Kok malah Tentara Indonesia dikebiri, nggak disiapkan dengan peralatan yg canggih. Salah kaprah……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s