KPK Vs POLRI ? Jangan Kuatir, pernah terjadi di Hongkong kok….

Apa yang kita lihat belakangan ini di Media Massa tentang pertentangan antara KPK dan Polri (jangan kuatir) … ternyata pernah juga terjadi di negara lain, dan mohon maaf… saya tidak ingin menanggapi masalah KPK Vs POLRI karena saya masih merupakan bagian daripada Polri, jadi pasti tidak berimbang donk … makanya saya cerita saja tentang yang pernah terjadi di Hongkong … ok ? No Hard feeling kan ? hahaha….

ICAC, KPK nya Hongkong

ICAC, "KPK" nya Hongkong

Sejarah ICAC, “KPK” nya Hongkong
KPKnya Hongkong bernama The Independent Commission Against Corruption atau singkatannya ICAC berdiri pada tanggal 15 Februari 1974 pada masa pemerintahan Kolonial Inggris … waahh sudah lama sekali yaa, disaat negara kita masih dalam pembangunan repelita ala Pak Harto, Hongkong sudah memikirkan bagaimana aparat pemerintahnya agar tidak melakukan korupsi, kemudian setelah HK dikembalikan ke Pemerintah China pada tahun 1997 diserahkan ke Konsil Negara China (perwakilan China) di Hongkong. Sejak awal pendiriannya Lembaga ini bersifat independent dan bertanggung jawab kepada kepala pemerintahan tertinggi di Hongkong (Persis seperti KPK).

Nah ini dia Logo KPK Kebanggaan kita

Nah ini dia Logo KPK Kebanggaan kita

Pendirian komisi ini sebenarnya menjawab lemahnya penegakan hukum di Bidang Korupsi yang selama ini ditangani oleh Polisi Hongkong, Yang bahkan dicemarkan oleh anggotanya sendiri Peter Fitzroy Godber yang merupakan kepala kepolisian Sector Wanchai dan Kai Tak Airport di Hongkong, pada saat hampir pensiun ia diketahui mempunya uang sebanyak 600 ribu US dollar di account bank luar negerinya, dan berupaya melarikan diri dengan pass khusus polisi beserta istrinya, belakangan ia tertangkap di London dan diekstradisi ke Hongkong dan menjalani hukuman.

Nampaknya pada saat didirikan ICAC sasaran pertamanya adalah MEMBASMI KORUPSI DI TUBUH POLISI, mmmh kenapa ya ? menurut saya mungkin karena lembaga itu yang dinilai paling Korup, sering kita lihat kan bagaimana “mengakarnya” jaringan mafia “TRIAD” di Hongkong seperti pernah kita lihat di film filmnya CHOU YONG FAT, dan Polisi bagi “Triad” bukan merupakan masalah karena mereka bisa dibeli, dan sebenarnya buat bagi masyarakat China memberi “ANGPAW” adalah tradisi yang telah berjalan ribuan tahun sebagai tanda “menghormati” (yah walaupun begitu namanya juga nyogok atuuuh) dan tradisi ini bukan dilakukan oleh Triad saja untuk melancarkan bisnis haramnya, tapi juga dilakukan oleh masyarakat biasa sebagai “tanda terima kasih” karena sudah dilindungi dan merasa aman.

Wah, Suatu Tugas yang amat berat kan ? makanya ada anekdot di kalangan Masyarakat Hongkong ICAC disebut “Investigating Chinese Ancient Customs” atau bahkan “I Can Accept Cash” :) Kebanyakan anggota ICAC berasal dari Kepolisian HK (seperti KPK Juga).

Konflik Antara ICAC dan Polisi HK
Nah saking semangatnya anggota ICAC membongkar korupsi di tubuh polisi, taktik dan metoda yang dilakukan dalam penyelidikan/penyidikan kadangkala terlalu “kasar” dan “ekstrim” kadangkala mereka “menyapu” seluruh anggota polisi dalam satu kesatuan, dan kadang mereka memangggil seluruh anggota shift yang berdinas pada jam tertentu, padahal yang mereka lakukan hanya “memancing” dan “shock therapy” saja, namun itu metode itu dipandang berhasil untuk meredam korupsi di kalangan kepolisian.

Akhirnya Polisi Hongkong tidak tahan juga, pada tahun 1977 mereka melakukan penyerangan ke kantor ICAC dengan melempari batu, tetapi keributan ini berhasil dicegah untuk tidak melebar luas.

Walaupun terjadi “benturan” ICAC tetap jalan terus, mereka berhasil menjerat beberapa pimpinan teras Polisi Hongkong sebagai tersangka korupsi, dan memecat 119 Polisi HK termasuk 1 Orang petugas Bea Cukai, 24 petugas polisi dikenakan tuduhan konspirasi, dan 35 orang diberikan amnesti karena perbuatan mereka dikategorikan tidak berat. Yang Jelas polisi HK benar benar kapok ngga mau berbuat Korupsi lagi, bahkan terdata korupsi di tubuh polis turun hingga 70 %.

Permasalahan lain ICAC sebagai Institusi.
Ternyata yang dialami KPK persis pernah juga dialami ICAC seperti: Penerimaan “uang Pelicin” dari seorang tersangka yang sedang disidik, pertentangan dengan Pemerintah pernah juga, seperti ICAC pernah bentrok dengan Alex Tsui kepala pemerintahan Hongkong, karena mencoba membongkar praktek korupsinya…..

Nah, sekilas cerita kesimpulannya “KPK dan Polisi juga Manusiaaaa” :) menurut saya proses seperti sekarang ini sepertinya memang harus dilalui, untuk negara Indonesia yang lebih sejahtera dan bebas Korupsi, kepada KPK dan Polisi : “Hayooo sama sama memperbaiki diri, Amiin”

About these ads

99 Komentar

Filed under Blogger, Polisi, polri, Publik

99 responses to “KPK Vs POLRI ? Jangan Kuatir, pernah terjadi di Hongkong kok….

  1. Temen media menyebutnya POLRI yg buaya, KPK cicak. Buaya VS Cicak… Khan institusinya lebih besar dan lebih tua POLRI. Moga2 pak SBY turun tangan. Ini sdh tdk bisa dibiarkan berlarut-larut…agar tdk merusak citra, serahkan saja ke lembaga Penyidik Independen…yang didalamnya ada unsur Polri, KPK , dan lain2…biar steril dr subyektifitas individu

    Sdh waktunya siapapun yg bersalah, tanpa pandang duilu disikat…dan itu sudah dibuktikan oleh KPK…jadi jangan sampai KPK jd rusak citranya gara2 informasi yang belum tentu benar.

    Mudah2an KPK VS POLISI bisa berubah jadi KPK CS POLISI bersinergi mengejar bandit. kita doakan saja…

    @Pakde : stujuuu kalau CS seeeh … siip pakde

  2. Yap… Setuju ndan.. Polisi juga manusia, dan kpk pun masih ktrunan adam, jd gk ada yg super dan gk ada kebal hukum.. Baik yg salah silahkan diproses tanpa memandang baju dan jabatan, dan yg benar silahkan dikasih reward atas keberhasilannya.. Saya setuju dg pakdé, alangkah baiknya jika VS diganti dg CS..

  3. Kalau saja rakyat Indonesia sudah patuh n taat hukum,pastinya ga bkln bisa lihat lg pameran polantas di daerah bunderan hi menuju imam bonjol pd saat jam 3in1 lg donk kumendan? Pdhl posternya jelas terpampang YG MENERIMA DAN MENERIMA SUAP AKAN DIHUKUM…Apakah hrs diperiksa harta2nya petugas yg sering jaga disana kumendan?

    @kempetai : hehe memang harus stimultan mas, dari yang “recehan” dijalan hingga yang “gepokan” di belakang meja … nanti ngga adil donk …

  4. “MEMBASMI KORUPSI DI TUBUH POLISI” ini harusnya kredo pertama KPK bang hehehehehe

    @Anggara : Bukan saya yang ngomong lho mas hahaha…..

  5. Udin Petot

    semoga aja… alangkah indahnya jika kedua institusi hukum itu saling bergandengan tangan untuk mengganyang koruptor di mana pun, walaupun koruptor yang mengendap di masing2 tubuh 2 institusi tersebut.

    @udin : nah itu dia, bersih kedalam baru keluar , ya ngga ? :)

  6. jack

    Bagus sekali om artikel-artikelnya. Sekalian ijin link ya di blog saya http://originworld.wordpress.com/ … pengennya seeh biar sering mampir gitu…
    Makasih om.

  7. gantung yang korupsi begitukah yang di cina???

    @Ilyas : sebenarnya bukan hukumannya mas, tapi konsistensinya… itu lebih efektif….

  8. Salam Tribrata … Polri dan KPK … siapa pun yang salah tetap harus di proses sesuai dengan hukum, untuk kedepannya smoga Polri dan KPK bisa saling bekerja sama dalam membrantas korupsi di Indonesia tercinta ini ….

    http://www.brekele-bisikanhati.blogspot.com

  9. Salam Tribrata … alangkah bijak dan baiknya Polri dan KPK bekerja sama untuk membrantas Korupsi di Indonesia tercinta ini, siapapun yang salah harus di proses sesuai dengan hukum yang berlaku ….

  10. mazwar

    sebenarnya kita tidak perlu khawatir dan alergi terhadap tugas aparatur negara dalam pemberantasan korupsi baik dari KPK, POLRI, BPK atau dari berbagai Lembaga lainnya yang terkait yang penting kalau kita tidak berbuat korupsi kenapa harus gerah dan jika perlu kita dukung tugas tersebut sehingga lembaga kita benar-benar bersih dari korupsi dan istilah Buaya, cecak atau lain-lainnya tidak berkembang menjadi komodo, naga atau hantu belau……..hi..hi… sorry choy

    • ovivar

      semua orang tau kok, kalau sebenarnya Polisi nya aja yang gerah.he..he..
      udah malu karena bom meledak.padahal semua urusan dlam negri udah dikuasai tapi bom tetap juga meledak.katanya polisi hebat, tengok aja di acara-acara berita kriminal.tembakannya aja jitu2 dengan alasan terpaksa dilumpuhkan, padahal itu tembak tempel semua.tanya aja sama orang2 yang pernah ditembak pak polisi kita.tentara aja yang punya senjata besar-besar bilang kalau menembak itu tidak semudah yang kita lihat.maju terus KPK untuk negriku

  11. martiantaz

    Demi bangsa seharusnya kita bisa menghentikan korupsi..
    Korupsi adalah perbuatan memperkaya diri dengan menggunakan uang negara.
    Melihat comment para pemerhati Bangsa di atas, menurut saya setelah POLRI dan KPK bersatu ( Buaya vs Cicak aka POLRI vs KPK menjadi Buaya Cs Cicak aka POLRI Cs KPK ), kemungkinan tercipta negara Indonesia yang maju akan lebih cepat dari yang di perkirakan para ahli.

    BERSATULAH DEMI INDONESIA RAYA.

  12. Bukan balas dendam tapi dapat diambil hikmahnya.

    Semula KPK akan memasuki wilayah Kepolisian tapi yang terjadi malah kepolisian yang lebih dulu masuk.

    Dengan pengalaman/peristiwa ini alangkah baiknya keduanya/masing2 lebih komitment, tidak lantas kendur dalam tugasnya.

    ” Manusia itu tidak ada yang sempurna”

  13. bocahpinggiran

    tulisannya bagus.. numpang saya link ya.. oke… matur nuwun..

  14. Ping-balik: Tulisannya Bocah

  15. paijo

    SUMPAH POCONG AJA DECH..!!!!!!!!

  16. duh pusing juga ngeliating Buaya VS cicak ini .. tiap ari ada di tipi… bosen gw ngeliatnya.

  17. Ahh , berjuang untuk harga diri sendiri munkin pak , harga hukum sihh bisa di baca di pasal pasal nya , klo harga diri kira kira di mana cari panduanya ?? he he yang akur aja pak

  18. dewa

    Polri itu memang ndak tahu malu.KPK yang cuma Organisasi Baru udah bisa menyelamatkan banyak duit negara.ini pasti karena malu semalu-malunya polisi karena organisasi sebesar polisi tidak bisa seperti KPK yang kecil bahkan tidak mempunyai pasukan.Tau nya polri itu nilang di jalan aja.Dengar-dengar untuk pengesahan UU lalu lintas yang baru, Polri menyogok anggota Dewan periode 2004-2009 yang mau lengser agar tidak melepaskan Perhubungan kepada Dinas Perhubungan.itung2 Angpao terakhir sebelum lengser ke prabon bagi anggota dewan yang terhormat kita.Polri kita memang salah kaprah, bukan tugas dia, tapi maksakan diri.Percuma aja adanya mentri perhubungan, kok ndak dibikin aja Kapolri Perhubungan?.Rumor mengatakan kalau jabatan Lantas jadi incaran dari bintara sampai ke perwiranya polisi karena mereka tahu di sana adalah tempat mencari duit yang paling enak ATAS NAMA UNDANG2.Katanya Reformasi, TNI aja udah pisah dari POLRI masak POLRI tidak bisa melepaskan Lalu lintas kepada Dinas Perhubungan? bukankah nantinya akan mengurangi pengangguran karena direkrutnya Angota Dinas Perhubungan? Atau POLRI merasa dia sudah jadi raksasa? tunggu lah saatnya Polisi akan dibakar oleh masyarakatnya sendiri.Bravo KPK… Saya mengucapkan terima kasih untuk semua uang dan Asset negara yang telah Saudara Amankan.Kalau Cecak ingin menjadi Buaya, Gandenglah TNI ( raksasa yang lagi dicabut giginya oleh POLRI ) Maju Indonesia ku…….

    • Hadiyanto

      @dewa: Orang yg pemikiran n wawasannya ga luas tuh ternyata sperti ini to, hhm…!
      belajar lg ya mas, walaupun saya masih terbilang pelajar n bocah ingusan tapi saya tau mana yg bener n mana yang salah, saya kritis tas apa yg terjadi pada bangsa kita saat ini, terlepas pada Topik di atas.
      saran aja, jangan terlalu gampang ngambil kesimpulan n lebih Bijak, keyz!

    • jangan sangkut pautkan masalah kpk dengan dishub,jgn2 mas dari dishub ya.ga nyambung banar.

    • kritis

      saya seorang mahasiswa,. n coba memberi info yg sesuai dgn ilmu saya,. menurut saya mas dewa ini salah n ilmu ny cetek,.. krn polisi n tni beda,. POLRI itu bid keamanan “hukum” nasional (menjaga gejolak dari dlm yg bersifat keamanan) n TNI bid pertahanan (gejolak dari dlm at luar yg bersifat kedaulatan),.. jadi ngak bisa disamakan at dibanding2kan,.. lalu kenapa polri yg menjalankan uu lalu lintas ?? dikarenakan itu di bid hukum jd mesti polri n dishub itu tgs ny mengatur lancar ny perhubungan bkn penindakan,.. jadi jgn cetek lg yh ilmu ny,..

      • safei

        betul itu mas , sy setuju sekaliiii

      • bener itu mas…sy jg orang kampung gak kampungan dalam comment…..jangan2 dewa pernah ditilang atau mas dewa peg.perhubungan ya…..KPK itu lembaga khusus untuk pemberantasan korupsi sedang Polri lembaga yang menangani bukan hanya tindak pidana korupsi,,,dan juga kewenangan dalam melakukan penyelidikan serta penyidikannya berbeda,,,sekarang ini mari kita berdoa agar para penegak hukum dapat menjalankan fungsinya sesuai harapan rakyat indonesia………………trmkasih (Peace all)

    • arjuna permana

      sebaiknya banyak belajar lagi mas, menurut sy argumen mas terlalu melebar dan provokatif , hendaknya kita bijaksana dlm menilai suatu permasalahan.

    • safei

      dewa kayaknya ga luluus PAUD ya

  19. KPK iya anggarannya besar untuk penyidikan dan penyelidikan, bersih kata siapa buktinya ada anggota KPK yang sudah di vonis, kalau KPK masih korup keterlaluan karena dijamin anggaran dan menangani perkara hanya korupsi, POLRI sedih deh

  20. ramlius

    setuju sekali semua harus diperiksa…termasuk komjend susno duaji…harus diperiksa kpk lagi..kalo memang ga salah ga usah takut…..

  21. di pilih di pilih yang mau di periksa , apa mau memeriksa … hayoo mu kemana enak too asyik too.. mantep too.. mainan hukum , selamat menikmati hidangan di negara ku indonesia ku, yang bener kerja kacian banyak yang masih ter tindas di mohon keikhlasan nya semoga koruptor masuk tv , biar gw bisa liat ha ha ha nanti biar tak gendong ha ha ha

  22. lebih bijak kalo memperbaiki lingkungan instansi masing2 dan seringlah berkaca

  23. semua kembali pada hati masing2
    kata hari adalah benar :D

  24. kayaknya perlu belajar dari china nieh :D
    gakda salahnya kan belajar dari yg udah berpengalaman n keliatan hasilnya….hihihi

  25. Jan 2010 Uang Tunjangan TNI, Polri dan Kejaksaan Naik(http://www.detiknews.com/read/2009/09/24/152217/1208598/10/uang-tunjangan-tni-polri-dan-kejaksaan-naik?991102605
    Tandanya kalau lapor hilang, bikin surat2 di ktr polisi ga perlu pake uang pengganti tinta or rokok lg yaah? Dan kalo ditangkep LANTAS tilang on line doonk, asiiik2x….Tapi apa iya bisa kayak gtu?? Tidur lagi aaah….

    • arjuna permana

      kita berdoa aja , smga polri dpt mengembalikan lg kepercayaannya kpd masyarakat indonesia

    • iwan

      kenapa yang kmu tanyakan cuma polisi….???
      gak pernah bikin surat kehilangan ma TNI ato jaksa yah…???
      gak pernah di tilang ma TNI ato jaksa yah…???
      trus klo gitu kmu tau nggak kerjaan mereka tuh sebenarnya apa….???

  26. smgo permasylahan ditangani secara propesional

  27. Sepandai – pandai tupai melompat nantinya akan jatuh juga , kayaknya prosedur dan fakta di lapangan beda , susah juga melompat dari prosedur ke lapangan , klo ga’ ati – ati ya jatuh…, gemana kalo pas melompat pake sabuk pengaman he he biar ga jatuh,,yah paling apes-apesnya nabrak, KPK/POLRI,, susah juga ya bertugas di istana hukum ,heeeeh

  28. ardi

    BERANTAS KORUPSI BILA PERLU HUKUM YANG KERAS BIAR KAPOK BIAR NEGARA KITA TIDAK DIKENAL DENGAN KORUPSI DAN SARANG TERORISNYA

    PADAHAL KITA KAN NEGARA RELIGIUS MALUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU
    MALUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU

    MARI KITA BERBUAT DENGAN BENAR DAN BERAGAMA DENGAN BENAR SESUAI DENGAN AGAMA KITA MASING2 TOLERANSI KITA JALANKAN

    SEMUA ADALAH SAMA
    YANG JELAS KORUPSI DAN PEMBUNUH TIDAK PERNAH DIBENARKAN

  29. anto lean

    Saya salut akan tulisan saudara dewa di atas.

  30. Satria

    Ngomong apa elo cuy,kyknya gak penting2 amat,sekarang gw tanya ke elo,apa yg udah elo perjuangkan utk bangsa ini? Jgn bisanya asal jeplak di media,jaga lidah n cangkem mu,krn org gede omong kosong isinya

    • Hadiyanto

      Bener bang!

    • kritis

      setuju bg,.. byak omdo,.. pdhal apa kontribusi buat bangsa,.. mungkin2 byr pajak aja kagak ntu org,..

    • v

      gw jg salut m dewa.. lo sndirii ap perjuangann’y bwt bangsaa..?? udh rahasiaa umum kalii reputasii polsi jelekk, makanya intropeksi dirii…

      • V = Polisi juga manusia…jangan yang salah oknum tapi semua polisi dianggap salah apalagi meyalahkan instansinya….KPK, POLRI, KEJAKSAAN dan HAKIM di bentuk karena dianggap perlu dan baik keberadaannya,,,hanya saja terkadang ada oknum nya yang berbuat salah….jadi marilah kita semua intropeksi diri….sudah benar dan baikkah diri kita…?

  31. siska

    Ulasannya bagus pak.. kalo bisa dijadikan headline di koran ibu kota, biar jadi bahan instopeksi kedepan agar tidak saling menjatuhkan, dan yang seneng penjahat-penjahat juga…

    @sisca: thanks yaa

  32. lintang

    Korupsi—–> Polisi dan KPK??? Lainnya gimana?. Yang jadi pengawal, penegak UU anti korupsi itu siapa to??? .

  33. Semuanya berawal dari sifat manusia itu sendiri.
    Ingatkah anda teori ID, EGO dan Super Ego.
    Manusia mempunyai hasrat dan keinginan untuk lebih dan lebih ( ID ), namun manusia itu sendiri harus menyadari atas wewenang dan tanggung jawabnya baik di dunia maupun di akhirat nanti ( EGO dan SUPER EGO ).

    Intinya korupsi itu tidak lepas dari kepentingan materi dan jabatan. Kalopun kita memahami bahwa kepentingan materi dan jabatan itu hanyalah titipan Sang Khalik, percayalah tidak ada itu namanya korupsi.

    Untuk si Dewa : Anda jangan mengkambing hitamkan seseorang dengan bersu’udhon seperti itu, klopun anda mengetahuinya maka buktikan melalui jalur hukum yang prosedural.
    Nb : saya yakin bahwa si dewa memang memilki dasar sifat benci thdp polisi, meskipun anda saudara tua dari polisi, jangan serta merta menuduh polisi itu hitam semua.

  34. inilah negara kita, nggak pejabat, nggak rakyat sama- sama nggak intropeksi diri, saling curiga, saling menjatuhkan, pengen menang sendiri.

    makanya hanya adzab dan bencana yang bisa menghentikan….. masa Alloh….
    masihkah manuasia tidak percaya dengan kebesaran Alloh, apakah bencana ini akan berlanjut sampai bumi indonesia ini karam…………

  35. poetra phoenix

    kalo melantik yang akan datang ..pejabatnya harus benar-benar disumpah. kalo perlu ditempat ibadah masing-masing… kalo kayak kmaren ntar sumpahnya yang dibelakang cuap-cuap z. tapi otaknya sudah memikirkan keuntungan. kalo masih melanggar insya Allah dia langsung dapat musibah …

  36. johan

    drimana bukti lu gowA blOk.. paK pUliSi srang Korupsi?? bukti cuMan mUlut Loe yg Doer sih, ya percuma aje.. TonG ksonG nyarinG bunyinya.(eru (12:04:43)
    ya iya…wong buktinya disimpan/dikemas rapat2 oleh polri,yang cariin bukti itu kan tugas penyidik (POLRI……sekali lg POLRI=Kepolisian Republik Indonesia),gmn mereka mau membuka aib mereka sendiri,…………sadar,bertobatlah..POLRI..!!!!!!!!

  37. gatot koco

    gajah didepan mata tidak tampak… semut diseberang samudera tampak…
    halah..halah… kayak nonton sepak bola aja, ada pendukung fanatik, ada yang gibol, ada yang sekedar menghilangkan penat dll… seperti inikah wajah negeriku… wajah bangsaku…????? siapa yang salah atau apa yang salah….????? temen-temen sebangsa dan setanah air, kalian pasti tau jawabannya…????

  38. Rasanya korupsi ini harus dimusuhi secara bersama, jadi focus kita sekarang tak usah banyak-banyak, cukup satu saja…BERANTAS KORUPSI…dan coba anak-anak muda ini dibisiki supaya ciptakan lagu BABAT HABIS KORUPTOR….. seperti ketika …terjadi pengeboman yang dilakukan oleh teroris IBRAHIM dkk. tempo hari…
    Yah anak muda harus diajak FOCUS ke masalah KORUPSI…sehingga kita punya banyak bolo melawan KORUPTOR…Dan kita harus bangkitkan nyali untuk melawan para pungliwan dan lain sebagainya itu….
    Yah dari semua segi harus kita bangkitkan semangat melawan kaum penculas semacam itu….
    Bagaimana…setuju…
    Harus kita mulai…
    Harus berbuat…
    Sebelum negara tempat hidup kita ini gulung tikar….
    Wass.wr.wb.

  39. Kebanyakan masy yang tidak suka dgn polisi itu krn salah satu keluarga mereka waktu mendaftar sbg polisi tdk diterima.
    cuma itu aja permasalahannya,krn itu dgn adanya benturan antara kpk dgn polri bnyk masy yang membela kpk.padahal mereka tidak tau permasalahannya.

    • mas wija jgn sembarangan ngomong. bukan masyarakat gak suka polisi. dan bukan jg krn mo daftar jd polisi gak diterima. jujur aja bagaimana sebetulnya wajah kepolisian kita ? tanyakan pada diri sendiri dan dg hati nurani yg bersih. tanyakan jg kenapa masyarakat sepertinya lebih membela KPK daripada POLRI padahal POLRI jg udah berjasa besar dalam membasmi teroris. kalo perlu lagi buat pendekatan khusus kpd masyarakat, apa alasan mereka gak suka polisi. hal tsb patut dilaksanakan lho mas, krn antara masyarakat, polisi maupun instansi yg lain itu saling membutuhkan. sebagai WNI yg baik, saya jg mengharap kasus ini cepat selesai dan kita saling bahu membahu membangun Indonesia. dan POLRI-KPK saling bergandengan tangan membasmi kejahatan dalam bidangnya masing2. Merdeka Indonesiaku…

  40. Dole

    Inilah akibat Polri bertanggungjawab langsung ke Presiden. Harusnya kan Polri itu dibawah naungan Mendagri. Kalau Polri di bawah naungan Presiden, maka PomAD, PomAL dan PomAU juga harus di bawah naungan Presiden dong. Akibatnya ya begini, sewenang-wenang, semau gue….!

    • kritis

      bodoh ne org,..
      AD, AL, AU itu merupakan bagian tgs yg bertanggung jwb pada panglima TNI,.. dan panglima tni itu langsung dibawah persiden,..

      bearti kedudukan ny sama spt di polri,..
      yang didlm ny ad bagian tgs spt intel, reskrim, lantas yg bertanggung jwb pada kapolri n kapolri langsung dibwh presiden,..

  41. Ati2 si kolor ijo mulai masuk ke situs2 internet yg sering profokator masyarakat supaya benci polri… Mereka ini biang keladi.. Tapi tuhan pasti adil dan tau ga akan diam, kolor ijo2 taunya kok senang kalau ribut, kerusuhan dimana ada daerah yang ribut dan rusuh di situlah mereka berhasil,, jd waspadalah kpd masyarakat jgn terpancing kolor ijo contoh dewa dia itu salah satu kolor ijo yg mau membenturkan dishub dan polri…

  42. gatot koco

    @wija: emang lo tau permasalahannya…?????? picik amat pandanganmu kalo masy byk yg gak suka polisi karena salah satu kluarganya gak ktrima polisi…. ada asap karena ada api bos… weleh..weleh…

    • SAUDARAKU….SEBANGSA DAN SETANAH AIR.
      INGAT PESAN KANJENG SUNAN KALIJOGO :
      Lir ilir….lir ilir
      Tandure wus sumilir,
      Tak ijo royo-royo ,
      Ka sengguh temanten anyar,
      Cah angon…cah angon,
      Penekno blimbing kuwi,
      Lunyu-lunyu penekno,
      Kanggo masuh dodotiro,
      Dodotiro kumitir bedahing pinggir,
      Dondomono jrumatono,
      Kanggo sebo mengko sore,
      Mumpung padang rembulan,
      Mumpung jembar kalangane,
      Yo surak..o….surak…..hiyoooo.

      Kalau kita PEDULI dengan BANGSA INI ,NEGARA INI,TANAH AIR INI……
      Ayo kita sama-sama singsingkan lengan , kita sama-sama ikut berpartisipasi
      membenahi POLISI dan KPK secara bersama-sama, sesuai kemampuan dan kapsitas kita.
      Caranya dari DIRI KITA SENDIRI,kalau masing-masing pribadi -pribadi bangsa ini sudah membenahi diri sendiri.PASTI POLISI maupun KPK akan dengan sendirinya terbenahi.
      caranya bagaimana cah angon?
      ( tobe ada terusnya……cah angon mau mengembala ternak dulu)

  43. Cah angon akan mencoba menguraikan makna pesan sakral kanjeng Sunan Kalijogo tersebut stu demi satu.Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi seluruh saudara-saudaraku.Tapi sebelumnya cah angon mau nanya,perlu nggak dijelaskan?????
    Kalau perlu yaa akan cah angon jelaskan.tapi kalau tidak perlu , yaa…cah angon mau memberi makan ternak dulu…………………………………………………………………………

  44. kita sangat prihatin dengan bangsa indonesia saat ini, baru saja kita di tempa bencana dimana-mana dan duka masih sangat terasa karena kepergian saudara2 kita yang jadi korban. bangsa ini malah disibukkan masalah2 yang seharusnya bukan menjadi masalah, dan heranya lagi malah seolah-olah menjadi gap antar lembaga yang harusnya kita kritisi dengan kinerja yang dilakukanya. moga kita bisa lebih mencermati n tidak menambah situasi yang kurang kondusif dengan menjadi provokator. jayalah polri jayalah kpk semoga pimpinan pimpinan kedepan lebih baik dan lebih bersih.

  45. wasno

    Semoga pemberantasan korupsi berlanjut, walaupun KPK remuk, semoga bangkit kembali untuk memberantas korupsi. Aku tetap berharap pada KPK. Kepada siapa lagi????
    Teman2 semua kita harus saling mengingatkan, saling komentar, saling menilai saling menanggapi, dg baik dan sopan serta simpatik, jangan emosi, jangan kasar, jangan …., pokoknya yg baiklah. Ok!

  46. gatot koco

    @cah angon + tholib + wasno: setuju banget bro… terima kasih atas nasehatnya… marilah kita semua membuat ibu pertiwi bangga dengan generasi kita… bangga sebagai bangsa indonesia, negara indonesia tercinta…… walau tak semudah membalikkan telapak tangan, paling tidak memulai dari diri kita sendiri…

  47. kpk maju terus…..
    kapolri kejagung yang tak ikut serta lebih baik mundur saja. . . . . . .
    jangan mengkriminalisasikan KPK’
    Kami tidak mau KPK mundur

  48. anung

    trims atas kritik dan saraannya sayaa dukung buat Polri dan KPK,,, semoga Polri dan KPK kedepannya lebih baik,,

  49. ainxgiggsythea

    kalo ingin membersihkan air yang keruh…tentu saringannya harus bersih n dibersihin duluan…

  50. Wah…situasinya sekarang ruwet sekali….kayak benang kusut……
    Siapa yang salah…?
    Yah kita semua….
    Kita telah jadi bangsa yang salah asuhan….
    Kita ternyata jadi bangsa yang tersesat…..
    Mudah kerasukan setan….
    Tidak memegang ILMU IKHLAS…..
    Siap-siap saja , jangan-jangan ada TSUNAMI ……
    Ya Allah Robbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina adabanar
    Amiiinnn.

  51. JOYO BREWU

    begitulah manusia kalau sudah punya taring bisa makan apa saja, saudara atau tetangga.

  52. Tukang Ojek

    Jaman orde baru bnyk oknum2 pejabat militer korup n menindas HAM tp aman2 aja tuh…

  53. Tukang Ojek

    Kalau hukum bnr2 ditegakkan tanpa pandang bulu, Polisinya jg harus bersih…
    Tp mslhnya apa militer mau tunduk dengan hukum sipil?

  54. arief

    kurasa yang harus dijaga adalah transparansi, kebebasan pers dan independen…biarkan masyarakat ikut membenahi bangsa ini..jadi bukan hanya waktu pemilu saja masyarakat di libatkan trus setelah pemilu usai…ga ada kabarnya lagi sampai lima tahun mendatang..jika benar masyarakatlah yg mendanai pemerintahan berarti ada kewajiban moral dari pemerintah/aparatur negara untuk membuat laporan pertanggungjawaban kepada yang menggaji/membiayai..dan itulah yang macet di orde baru,
    …gic kali..

    mas re juga cukup bijak dengan tidak mengomentari langsung apa yang terjadi antara kpk&polri..tapi tetap memberi sikap…

  55. buat kemaluan aja kepada POLISI massa polisi bertahun tahun uda lama tidak membuat sesuatu yang dapat di perjayayi Rakyat selaku aparat penegak Hukum, sekarang Rakyat percaya KPK walau anggota KPK sedikit dan beru bekerja di Indonesia KPK dapat cempol rakayat Indonesia. polisi beribu ribu di biyayai Pemerintah Daerah, Kabupaten Kota, Provinsi sampai hingga Negara dibiyayai oleh Polisi tetapi selama 67 tahun belum ada polisi yang diadili oleh Rakyat selaku pengayom hukum dan rakyat, malah polisi otoriter malah menembak, merampas serta ikut dalam mafia cukong cukong ilegal loging dan bisnis lainya selama ini namun polisi di sebut polisi selalu merekayasa dengan membuat laporan laporan palsu, ini apaka yang disebut pengayom dan penegak hukum???.
    Polisi stop sudah rekayasa rekayasa ini banyak terjadi di Papua sampai saat ini tidak tahu kalo di kab kota dan Provinsi lain. jadi polisi kami sudah tidak percaya.
    kepada KPK kalo polisi menangani Korupsi jagan harap terungkap polisi bisa bermain karena tidak ada yang mengawasi dan memeriksa polisi jadi polisi selalu buat buat sesuka mereka, malahan atasan membelah bawahan lalu polisi mau tangani korupsi stoop sudah. kalo polisi ambil alaih lebih baik bangsa RI ini dibubarkan aja atau masing masing Provinsi Ace , Sumatra, Kalimatan, Jawa, Sulawesi dan Maluku serta Papua kamu merdeka sudah tidak ada jaminan hidup dalam hukum di Negara yang bapak SBY Pimpin ini atau yang sering disebut NKRI atau Negara siap mati aja biar nama Indonesia tapi semua pada mati tunggu kepunahan akhirat aja de.

  56. rkayat seluruh Indonesia kampanye siap kampanye Besar besaran Lawan Polisi Republik Penipu seluruh Indonesia ajak seruan buat suatu kesepakatan demo serempak dari Kampung, Distrik, Kabupaten Kota dan Provinsi serta teman teman di Jawa demo di Mabes Polri sepakat agar seruan umum seruan Nasional bahwa POLRI tidak boleh menghalang halangi KPK dalam tugasnya THEMA SENTRAL biarkanlah KPK jalan sesuai aturan KPK dan jagan diintervensi oleh Polisi polisi Bombay ini.

  57. mas Wija itu ngomongnya Goblok, emangnya lu perna tes di polisi jadi melatarbelakangi apa yang anda sampaikan atau memang mas Wija anda adalah anggota Polisi? ngomong aje anak anak TK ga mendasar topik di atas ngaur aje

  58. herman

    yang namanya korusi di negara kita yang tercinta ini sudah warisan bangsa, kalau ga korupsi ga hebat….orang jujur di anggap sok pahlawan sok suci juga di anggap gila mau jadi apa negara ini…jadi kalau saya bilang SELAMAT BAGI PARA PENCURI UANG NEGARA….terutama yang kepada yang mengurus negara nikmatilah uang negara ini sebanyak – banyak yang kalian bisa.

  59. bella bangsa

    salam pak komandan saya sangat berharap Indonesia menjadi negara yang bersih dari korupsi. namun ada hal yang mengganjal saya.
    saya ingin tanya karena hal ini menjadi issue hangat di masyarakat. apa benar : untuk jadi aparatur negara harus test dan untuk lulus harus bayar sejumlah uang tertentu, begitupun kalau hendak promosi jabatan. kalau begini bagaimana bisa penegakan supermasi hukum bisa berjalan dengan baik karena sudah didahului dengan hal yang buruk.
    katanya “komunikasi” harus lancar maksudnya : teKO MUni KASIh

  60. 021974

    salah siapa kenapa gak dari dulu di periksa waktu di polda kenapa sekarang setelah pak novel memeriksa petinggi polri berarti polrinya yang bobrok jangan salahkan kpk semua rakyat indonesia siap membela kpk dan mendukungnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s