Memahami Pesan Bomb di JW Marriot dan Ritz Carlton

OMG … saya mendapat sms tentang bomb ini hanya 3 menit setelah meledaknya bomb ini, bahkan di tv pun belum ada berita tentang peristiwa ini …. di Metro TV yang pertama mensinyalir bahwa ada sebuah ledakan … bahkan mereka awalnya menconfirm adanya bom berasal dari genset yang meledak. Begitu saya mendengar ada 2 buah ledakan dari tempat yang hampir berdekatan, saya langsung berkesimpulan: “mmmhhh that is afirmative a terrorist act ….!”

Ritz Carlton Hotel... riwayatmu kelam ...

Ritz Carlton Hotel... riwayatmu kelam ...

Saya jadi teringat suatu pendapat mengenai aksi terorist dari Arthur H. Garrison : Defining Terrorism: Philosophy of the Bomb, Propaganda by Deed and Change Through Fear and Violence.

Terrorism is not victim based, it is goal and objective based. When terrorism is understood from this point of view, it is clear that one man’s terrorist is not another man’s freedom fighter. Terrorism cannot be defined by attacks on ‘civilians’ or on ‘innocents.’

Teroris tidak melihat seberapa korban yang jatuh, tetapi mereka lebih berdasarkan tujuan, bila teroris dimengerti dari titik pandang ini.. sangat jelas bahwa seorang teroris adalah bukan seorang pejuang pembebasan, teroris tidak hanya didefinisikan dengan menyerang target sipil atau tidak berdosa…Nah kembali melihat peristiwa ini, kita bisa menganalisa kira – kira “bahasa dan pesan” apa yang ingin pelaku sampaikan dalam peristiwa ini ….

Sebelum kita menginjak ke sana, mari kita lihat bagaimana bomb itu meledak secara teknis, saya menduga bom itu adalah bomb “High Explosive” adalah bomb yang sangat jelas berbeda dengan peristiwa teror yang melanda Indonesia sebelum ini.. ??

Kenapa High Expolsive ? High Explosive Bomb adalah bomb yang berasal dari pabrikan yang biasa digunakan oleh militer atau pertambangan,  ciri – cirinya:

1. Asap yang ditimbulkan pasca ledakan, asap yang timbul hanya asap putih, karena pada dasarnya bomb ini tidak mempunyai efek bakar.

2. Efek Blast, atau letupan udara akibat ledakan sangat terlihat… terlihat dari korban yang bajunya robek robek namun tidak terbakar dan kaca pecah, beberapa korban yang dekat TKP juga terlempar akibat besarnya efek Blast.

Apa bedanya dengan Low Eksplosive Bomb ? Bomb ini adalah bomb yang dirakit tersendiri tidak menggunakan bomb standar pabrik, namun jangan dibayangankan karena disebut “low explosive”  hasilnya juga “low” , bisa dibayangkan bomb yang di Bali yang menggunakan pupuk Urea, atau bomb yang di JW Marriot sebelum peristiwa ini menggunakan Bahan Bakar Solar.  Biasanya “Low Expolosive Bomb” setelah ledakan akan menimbulkan asap hitam akibat terbakarnya residu tidak sempurna, dan akan terjadi kebakaran…

Jadi kesimpulan dan pesan apa yang hendak disampaikan dengan aksi teror ini ?

1. Peristiwa ini  peristiwa bomb bunuh diri (confirmed by KAPOLRI sore ini), saya pastikan penjagaan masuk ke hotel Ritz Carlton atau JW Marriot sangat ketat sehingga memang agak sulit seorang membawa bomb menggunakan mobil atau ransel berisi bomb masuk kedalam.  Saya menduga bom diselundupkan secara sedikit sedikit dari tamu yang terlebih dahulu menginap dihotel, seperti disinyalir oleh sebuah stasiun televisi. Sungguh suatu cara yang cerdik, mereka menginap sebagai tamu hotel dan merakit bomb di kamar hotel, dan meledakkan dirinya dengan membawa tas berisi bomb tanpa dicurigai.

2. Kalau melihat Jenis bomb yang “High Explosive” dan saya menduga  mereka adalah “Kelompok berbeda” dengan “Kelompok teroris terdahulu”, atau bisa jadi mereka adalah kelompok bentukan baru, seperti yang disinyalir oleh Presiden SBY dalam keterangan Pers jam 15.00 tadi yaitu kelompok kelompok yang anti kemapanan dan keberhasilan ekonomi (juga pilpres) Indonesia juga jangan menampikkan peristiwa di Papua beberapa hari belakangan ini kan ? Dan kemungkinan yang paling mungkin adalah pelaku dari sempalan kelompok Noordin M top yang masih bergerak hingga sekarang.

3. Patut dicurigai juga mengenai ledakan yang nyaris terjadi sebelum kedatangan team sepak bola Menchester United ke Indonesia, pesan yang disampaikan jelas yaitu Indonesia adalah negara tidak aman

4. Kenapa pelaksanaannya hari “H” nya hari Jumat dan Jam “J” nya jam 8 pagi ? hehe terus terang saya belum bisa menganalisis sejauh ini …. terlalu banyak faktor misalnya: Jam pergantian Satpam atau security, Jam breakfast para tamu hotel ramainya jam segitu sehingga kalau ada pembawa bomb tidak terlihat,  sampai agar “pesan” nya lebih terasa kalau pagi hari dengan pasti hadirnya semua media pers  ke lokasi dan “pesan” nya lebih menggaung dipenjuru dunia..

5. Kenapa terjadi di dua buah hotel asing yang merupakan milik Amerika Serikat ? hmmmmh bisa jadi pertimbangan juga sih  .. ,memang selama ini “Hospitaly Industri” selalu menjadi “soft target” bagi peristiwa ini , ingat peristiwa di Pakistan , India, Mesir ? beberapa waktu belakangan ini ? semua terjadi di Hotel … pesannya ? Tentunya melabrak kepentingan asing (terutama Amerika) di Indonesia ….

Begitulah sekedar unek unek saya yang hanya tebak buah manggis… satu harapan saya peristiwa ini segera terungkap … yang jelas si pelaku teror telah berhasil menyampaikan pesannya …. semoga pesan itu segera terbantahkan dengan diungkapnya peristiwa ini ….. NO PLACE FOR TERRORISM ….one man’s terrorist is not another man’s freedom fighter….

33 Komentar

Filed under Blogger, hukum, police, Polisi, polri, Publik

33 responses to “Memahami Pesan Bomb di JW Marriot dan Ritz Carlton

  1. Salut om untuk analisisnya. Bagus sekali. Saya setuju sebagian besar. Tapi rasa-rasanya kok ada yang janggal ya. Dari dulu sampai sekarang kok gak ada pelaku bom yang mengaku bertanggung jawab dan menyebutkan tujuan tindakannya. Beda dengan di Timur Tengah sana ya om. Setiap ada bom meledak, ada kelompok penanggungjawab tindakan, dan semua pihak tahu tujuannya.
    Kalau di Indonesia, tujuan pengeboman gak jelas apa maunya…. Publik disuruh menebak-nebak. Dan kalau polisi sudah mengungkapkan, sebagian publik cuma bisa bilang …Oh, itu to maunya….

    Ya… masyarakat sipil seperti saya maunya aman. Jadi pihak kepolisian harus kerja keras nih. Sesuai analisis om sendiri, kelompok pengebom kali ini pasti berbeda dengan yang sudah-sudah.. dan yang jelas berduit kan om (lha wong bisa menginap di JW Marriot).

    Saluut.

    • tobatlahkaunak

      17072009 = 1+7+7+2+9=26 dijabarkan 2+6=8
      1808 = 1+8+8=17 dijabarkan 1+7=8
      07.55 = 7+5+5=17 dijabarkan 1+7=8 direncanakan jam 8
      17thn = 1+7=8
      korban yg mati ditempat 8 orang
      fengsui china 8 ” usaha ”
      4 ” kematian ”

      secret of number

  2. hebat for analisnya.
    semoga polisi segera mengungkapnya.

  3. Sampai kantor tadi pagi, teman-teman saya memandang saya sedih. Dan saya kaget ketika mereka malah yang memberitahu bahwa Jakarta meledak lagi.

    Dapat email setelahnya dari adik. Saya lebih kaget, di antara korban ada tokoh yang kebetulan musuhnya banyak. Kebetulan almarhum juga teratur makan di restoran tersebut. Tapi begitu melihat bahwa ada dua lokal yang meledak dalam jangka waktu yang bersamaan, saya juga hampir yakin bahwa ini aksi terorisme.

    @refa: Iya mereka berduit. Beberapa bulan lalu saya kebetulan sempat diskusi dengan beberapa kawan mengenai gerakan radikal kontemporer di RI. Melihat peta yang dipaparkan, ngeri juga bahwa ternyata banyak tangan non-RI (berbalut reliji, ekonomi, politik atau apalah you name it) ada di sana.

  4. dondon harrison

    memang analisa yang sangat bagus

    banyak orang langsung memberi acuan pemikiran atau bahkan sintesa tanpa analisa yang pandai.

    analisa yang sangat bagus.

  5. Semoga polisi bisa lebih bijaksana dalam mengusut dan menuntaskan kasus ini tanpa campur tangan dari pihak asing

  6. Turut berduka atas Peristiwa BOM di Mega Kuningan..

    Salam Kenal Juragan..
    Salam Perubahan..
    Salam Anak Bangsa..

    http://celotehanakbangsa.wordpress.com/2009/07/17/pledoi-seorang-perokok/

  7. ato bisa juga, penjaga hotel juga merupakan komplotan mereka, mas. jd bisa meloloskan tamu yg diduga pelaku

  8. jose

    “Bagus analisisnya bp polisi”. Tp sayang kepolisian dan BIN selalu kecolongan. Dan lebih banyak berkoar-koar setelah kejadian, kok tidak bisa mencegah sebelum terjadi. Analisa saya kalau bomb bunuh diri sepertinya dilakukan oleh kelompok lama yang mengatasnamakan agama. Kalau orang politik seperti yang dikatakan p. SBY sangat tidak mendasar. Untuk ukuran perpolitikan Indonesia tidak mungkin sampai mengorbankan nyawa hanya untuk menyampaikan rasa tidak puas karena kalah dalam Pemilu.
    Jadi pernyataan yang tidak relevan sepertinya akan mengalihkan perhatian tentang kecurangan-kecurangan Pemilu.
    Harapan Polisi lebih profesional lagi, densus 88 kan udah canggih udah dilatih di Amerika, tunjukan kemampuan menangkal terorist. Jangan show of force setelah kejadian

  9. Ini pelajaran bagi Polisi ,.. bahwa perlu di tambahkan dalam SOP Pam Lokasi / suatu tempat ,.. jangan hanya yang akan masuk Hotel di perketat tetapi minimal ,.. bagi seseorang yg akan Chek Out dari Hotel ,.. TIDAK BISA MEMBAWA BAWAAN nya ke Resto atau pun tempat kumpul pengunjung tertentu ,… masih untung di TKP tsb banya CCVTV nya ,..

  10. Barusan liat cctv recording-nya Ritz Charlton, tampaknya pihak keamanan RC sendiri sudah mentenggarai suspect peledak, soalnya kameranya ngikutin dia mulu, kurang jelas apa kamera tersebut dikendalikan oleh pihak security atau teknologinya sudah advance sehingga dia akan mengikuti arah seseorang yg dideteksi membawa bahan kimia berbahaya

  11. Ping-balik: Indonesia Meledak Lagi dan Lagi? « dream indonesia

  12. setuju pak..
    tetep semangat buat bapak…🙂

  13. WAHID JOKO

    Sy klop bgt ama nalisa bapak, klo boleh nambahin, menurut saya TUGAS MRANTAS TERORISM bukan hanya menjadi tggung jawab polis aja, tp mui, nu, muh, pondok pesantren, organisasi islam lainnya harus andil dlam hal ini, asumsi saya klo bener yg ngebom itu gol ji atau nurdin, yg mati itu adlh yg plg tajam doktriNNYA TTG surga, sahid, maksude gini YG NGEBOM TERLANJUR MODAR, SEDANGKAN NURDIN ATAU YG LAINNYA KLIARAN KESONO KEMARI PNYA DUIT $ BANYAK ENAKAN NURDIN DONGG lgian siapa yg berani ngejamin msk surga?
    mang surga dah di kontrak ama nurdin? ZADII, MUI, NU, MUH, PESANTREN, ORGANISASI YG NGAKU ISLAM mengikis habis doktrin ttg jihad, surga, sahid dan dll, gimana caranyalah, lha wong bikin parte aja bisa, ngumpulin org segitu banyak aja bisa,duit juga punya, apalagi mui, gakusah ngrusin facebook halal haram, masa gitu aja gak mampu!!!!!!, GITU PAK

  14. WAHID JOKO

    coment sy dari pengalaman pribadi, sya ada sdr yg kliatannya extrim2 gitu sebelum nikah orgnya galak banget, apalagi ama bule, bencinya 1/2 mati, trus cari nafkah di jkt, sy ajak diskusi ttg terorisme, jihat dan surga, skrg dah sadar maksude dah biasa2 aja, ya pokoknya dah biasa lagi. sederhana aja yg sy omongin, kebetulan dia punya anak pr masih kecil (skrg dah tk) tak suruh ngliatin anak& istrinya waktu tertidur lelap dimalam hari, hari ke 1 nyampai hari ke 5, sy surh liat lagi sambil ngitung rizki yg masuk ke perut anak & istri dah halal blom, hr ke 6 dia sadar, KLO KITA BERJUANG NGASIH RIZKI YG HALAL BUAT ANAK ISTRI BILA PERLU AMPE MATI, ASAL HALAL & DIRDHOI ALLAH, MASA IYA TUHAN TEGA GAK NGASIH KITA SURGA, dari diskusi kecil itu, dia mulai paham dikit, apa itu jihat, surga, sahit, bukan spt doktrinnya setan nurdin dan anak buahnya, dikit2 surga,LIAT BULE KAFIR, bunuh org sahit,…. mang org2 spt nurdin m top dah ngontrak surga ?????? BUAT NURDIN N TOB & SEBANGSANYA, NGOBROL YUK………..

  15. hrdgtv

    yang pasti bangsa ini kecolongan lagi oleh teroris…

    http://lowongankerjadiglobaltv.wordpress.com

  16. mi

    ya namanya teror..tujuannya membuat takut..

    saya pernah dengar..dulu di israel sering diserang bom bunuh diri..jadi sekarang di bom..besok daerah itu udah dibagusin seperti semula seolah-olah gak ada apa2 (mungkin dah sering kena kali ya)
    intinya mereka gak membiarkan dirinya kelihatan takut..so pelaku cuma berhasil sedikit..

    klo kita takut pasti teroris senang..tujuannya tercapai..sekarang kita belum kena bom..tapi kemungkinan kena 50-50..so kita harus wasapada dengan hal2 yg mencurigakan dan tidak memberi tempat aman bagi teroris..

    mungkin terorisnya lagi ngenet..browsing baca berita kerjaannya (kaya imam samudra setelah ngebom di bali)

  17. mi

    kata pengamat ada beberapa org ato kelompok yg memberi “tempat” kepada terorisme..sedikit memang..tapi berbahaya..
    ya bisa dibilang ada benarnya sih..
    buktinya m top bisa nikah sama gadis indonesia..
    imam samudra dimakamkan layaknya pahlawan..

  18. purwanto

    analisis yang terpapar baik, semoga tak terulang .setiap kejadian teror selalu maninggalkan darah dan air mata tolong stop teroris stop !!!!!!!!!!!!!

  19. masbadar

    Mantaps! Analisa yg cukup cerdik dari seorang professional.
    salam blogger..

  20. Yang menjadi pertanyaan adalah: Kenapa para teroris selalu selangkah lebih maju dari aparat ???

  21. New update bloggerjambi.com

  22. Maryam Lestaluhu

    AWAS Habib Palsu……
    Abdurrahman Assegaf yang bnyak komentar soal pelaku pengeboman, ternyata aslinya dari Ambon dengan nama Abdurrahman Ismail Umarellah…jadi bukan arab apatah lagi Habib (keturunan Rasulullah)…..jatidirinya saja dipalsukan apalagi hal yang lain…..

  23. darmanto

    coba amrozi suka dugem dan mabuk2an pasti g jadi terroris

  24. agung

    baik, saya heran dengan laporan dari salah satu tv swasta di Indonesia yang menyebutkan bahwa nurdin punya beberapa istri di Indonesia., menurut saya itu hal yang aneh, pertama, apakah calon pengantin wanita tidak tahu siapa nurdin, kemudian pak RT apa tidak tahu siapa nurdin, KUA apa tidak tahu. kalau satu keluarga tidak masalah, tapi dia punya banyak istri di beberapa tempat, apa artinya ini? artinya bahwa masyarakat kita di daerahpun tidak terlalu peduli dengan apa itu terorist.
    Hal kedua, nurdin ingin mengembang biakkan jiwa, pikiran, dna bibit terorist itu di Indonesia melalui hubungan pernikahan.

    Kedua, sebenarnya, bagaimana MUI bersikap dalam hal ini? kerap sekali MUI bilang itu haram, ini haram. sering sekali MUI keluarkan fatwa ini, fatwa itu. dalam hal ini, MUI bilang apa, sehingga masyarakat indonesia bisa ambil sikap.

    ketiga, pada mulanya Tuhan menciptkan tangan tidak untuk menempeleng bukan. Alloh menciptkan kaki tidak untuk menendang sesamanya bukan? Alloh tidak menciptkan akal budi untuk menciptakan bom guna membunuh sesamanya bukan? nah kalau ada tindakan seperti itu, apa artinya?

    artinya, ada satu pihak yang selalu terselubung dalam pengamatan kita. pertama ada pihak Tuhan, kedua ad pihak manusia, ketiga ada pihak iblis. pihak iblislah yang menggunakan segenap kemampuan yang ada pada diri manusia untuk merusak manusia itu juga.

    memang benar bahwa pengetahuan di lawan dengan pengetahuan, misalnya mereka pakai motor, kita pakai mobil. mereka pakai surrt, kita pakai HP. akan tetapi semua itu tidak akan berguna apabila sesuatu di dalamdirinya yang bersifat merusak itu masih ada. dalam hal ini dalah iblis itu sendiri.

    ahkirnya apa? peran dari para agamawan kita sangat kurang, baik kiai, ustad, pendeta, pastur, bedande, pemangku adat. baik kualitas dan kuantitas para rohaniwan kita masih jauh dari harapan.

    karena, sebuah pohon dinilai dari buahnya. bila ada warganya yang berbuah jahat, perlulah tokoh rohaniwannya membina.

  25. edo

    Kami di daerah juga merasakan dampaknya,tetap waspada.

  26. wah analisa nya buagus tapi no 1808 itu sama aja pas di cipt6akan nya atom oleh jon dalton

  27. chandra

    no 1808 itu sama aja pas di ciptakan nya atom oleh jon dalton
    1080=kamar yang di buat menginap

  28. Salam Hormat,

    Bang Reinhard, terus terang saya tertarik dengan analisa anda tentang Bom Marriot, langsung aja, saya mohon izin analisa abang ini kami tulis di Koran Media Rakyat sebuah koran lokal Jambi? mohon konfirmasi, jawaban abang bisa kirim ke e-mail: redaksi_mr@yahoo.com

    sebelumnya terimakasih bang..!
    Robi Jambi

  29. den sosis

    Dari pengalaman marriot trakhir nampak terlihat bahwa selama ini pengecekan di objek2 vital kita sangatlah lemah, memang para security membuka dan meriksa tas 2 tsb namun kebanyakan hanya formalitas saja. Mereka jg tidak tahu bagaimana sich bentuk2 handak itu?? Jgnkan satpam, anggota Polri – TNI pun tidak semua paham mengenai bentuk explosive yg ada kecuali mereka yg benar2 bertugas di bidang itu, makanya perlu adanya pelatihan2 utk mereka dr para expert dan perlu adanya penambahan penggunaan satwa untuk mengendus brg2 yg dibawa agar tidak kecolongan lg, tp satwa2 tsb pun hrs memenuhi standard

  30. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Bersama KITa Bangun Indonesia BERTAHAJUD Bersih Eksotis Ramah Tertib Aman Harmonis Adil Jujur Ukhuwah Damai 2010

  31. Hm….Bom…teroris…., Gempa ……..Peringatan dari Allah atas ulah manusia. kalo dikaitkan Bom gempa = bom bisa menggempakan / kehancuran = gempa – kehancuran . hasil dari kedua kata tsb adalah sama yaitu : KEHANCURAN.
    Dan ditarikan seluruh dari kesimpulan semua adalah perbuatan MANUSIA . Manusia punya apa ? hanya punya napsu. Jd kalo pelaku bom ini berjihad katanya, ya kayak taik kucing bau dan asam alias dikadalin sama orang2 kafir yang berkedok muslimin/ Islamiah . dan itu perbuatan Iblis tuk menghancurkan manusia. dimuka bumi terutama umat Islam. Maka mereka mencoba menyusup berkedok Islam. hingga berkesan bahwa Islam adalah teroris. Audzumindaligh……… janjikan untuk mereka adalah ” N E R A K A ” Semua akibat dari orang2 Israel . ingat penghancur dunia adalah turunan bani Israel ,Maka mereka dikutuk tidak punya negara. Dan semua ada dan jelas di Hadist dan Al Qur’an . ( semua ini hanya rekaan saya berdasarkan sejarah manusia di bumi ini. )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s