Michael Jackson, Kedokteran Forensic dan penyebab kematian…

Gara – gara kematian sang King Of Pop, Michael Jackson banyak orang bertanya – tanya … bagaimana sih penyebab kematiannya ? hal ini mutlak dilakukan pada penyebab kematian yang bukan Natural Cause, karena bisa saja diakibatkan oleh suatu pembunuhan.

Michael Jackson bermetaformosis...

Michael Jackson bermetaformosis...

Nah satu – satunya ilmu yang bisa menentukan penyebab kematian adalah ILMU KEDOKTERAN FORENSIC... dari sanalah para ahli kedokteran Forensic inilah mereka mengeluarkan sebuah surat yang menjelaskan penyebab kematian dari seseorang .. dan keterangan mereka dapat dipertanggung – jawabkan atas nama Hukum ….Kira kira seberapa perlu sih penyebab kematian seseorang diumumkan ? Wah sangat penting sekali …. ya contohnya seperti Michael Jackson itu kematian akibat obat penenang bermerek Damerol yang terus terusan dikonsumsinya ? apakah dokter pribadinya dinilai bertanggung jawab atasd kematiannya ? Apakah karena degradasi tubuh Michael jacson yang terus terusan melakukan operasi plastik ? ataukah ada penyebab lain ? sehingga jantungnya mengalami berhenti berdetak atau istilah kedokterannya Cardiac Arrest ini semua berita yang didapat dari pemberitaan dari segala Media Massa tentang Spekulasi penyebab kematiannya …. dan  semua itu hanya akan menjadi spekulasi semata….. sampai ada Pengeluaran Surat Resmi hasil keterangan visum dari Dokter Forensic yang mengotopsi kematian Michael Jackson.

Saya sedikit mengupas dalam tulisan ini bagaimana sih kira – kira dokter Forensic (kalau dalam istilah mereka Coroner) melakukan upaya pengungkapan kematian Jackson.

Yang pertama, adalah jam kematian …. perlu diketahui kapan kira – kira jam kematian Jackson dalam ilmu Forensic kapan kematian seseorang dapat diukur dari lebam dari mayat dan suhu tubuh waktu korban ditemukan… saya membaca ada upaya CPR pada Jacson dan bahkan menusukkan cairan tertentu ke jantungnya untuk menggerakkan Jantung .. jadi kira kira tidak begitu dipermasalahkan kapan kematian Jackson karena petugas 911 Ambulance datang cepat hanya beberapa saat setelah Jackson terjatuh, namun benarkah mereka melakukan pertolongan awal pada saat jackson masih bernapas atau sudah mati ? petugas 911 lah yang bisa menjelaskan.

Yang Kedua, Penyebab kematian, Nah hal ini adalah hal yang paling krusial dan paling ditunggu – tunggu.  Dokter Forensic melihat kembali kondisi mayat dan melihat sekujur tubuhnya secara visual tampak, dan yang tidak tampak dari sampel hati, paru paru atau organ tubuhnya setelah dicek dalam laboratorium. Hal ini adalah mutlak pekerjaan seorang Dokter Forensic, tidak ada seorangpun dapat mempengaruhinya, dan menurut pengalaman saya makin senior seorang Dokter Forensic makin cepat ia melihat penyebab kematian korban dari tanda – tanda yang ada pada tubuh korban. Saya berpendapat Dokter Forensic tidak akan menguji balistic akibat tembakan dalam tubuh karena memang Jackon tidak meninggal karena tempakan, tidak memeriksa kerusakan tissue atau jaringan tubuh karena tusukan atau pukulan, tapi lebih memeriksa ke bagian Toksikologi karena diduga kuat penyebab kematiannya akibat racun atau obat yang dikonsumsinya….  Sepanjang saya tahu untuk Dokter tersebut pasti mengambil sampel darah, urine, sperma (kalau ada)  dan mengambil daging dari Jantung, Limpa, Hati, atau otak dari Mayat… Sehingga dapat dipastikan : 1. Jenis Racun/obat yang menyebabkan kematian,  2. Peredaran Racun tersebut apakah sampai di Hati, otak atau Jantung atau keseluruh tubuh,  3. Apakah racun tersebut yang menyebabkan kematian ? ini bisa dilihat dari otot jantung, waktu kematian dan penyebaran racun itu sendiri.

Wah rumit kan ?  makanya perlu waktu untuk meneliti jenis racun tersebut dalam Laboratorium …. Kita tunggu saja bersama ….Penasaran ngga ?

Ps:

– Akan ada Tulisan berikut tentang bagaimana Visum dan Forensic untuk mengungkap kematian, untuk memenuhi keingintahuan pembaca, ok ?

– Buat Michael Jackson … Good Bye Bro … Karyamu sungguh fantastis, I’m the one of your loyal Fans ….

11 Komentar

Filed under Blogger, police, Polisi, polri

11 responses to “Michael Jackson, Kedokteran Forensic dan penyebab kematian…

  1. bener nggak pak berita ttg michael jackson yang sudah meninggal 20 tahun yang lalu? saya mendapati artikelnya di http://www.theonion.com/content/node/30940

    @Maydina : Waduh saya tidak percaya tuh berita itu … alasan saya : ngga segampang itu orang ‘ditiru’ apalagi di amerika yang mempunyai social number dan jawatan coroner yang capable …. yang kedua penemuan mayat itu sendiri .. kenapa tidak di beritakan adalam media yang lebih besar seperti CNN, Fox News atau BBC … justru berita itu dari website kacangan …..

  2. Ijin Kumendan, kenal dengan Yoh. Hernowo tidak?
    Kpn ke bandung?

  3. kalo saya mah ga mau pusing..mang udah jatahnya di panggila ma Yang Kuasa

  4. wijaya

    kayaknya blog bapak ini lebih menarik kalau menulis tentang polisi internasional di sudan berikut kegiatan apa aja sich disana dan apa hambatan ataupun tantangan yg pernah dihadapi selama di sudan, kalo mbahas mslh J Co, yah lebih banyak artikel yg lebih menarik, makanya cerita tentang sudan lg dong pak!!!!!!!!!!!!!!

  5. udin

    cukup menarik.

  6. ankx cntikx

    duh……………………..eman bngt y ?
    q ngefans bngt ma MJ
    lguny tuh,nynth hati bngt………………………
    tarianny,lguny,n’gayany tuh keren bngt……………………….

    xiapa seh pmbnuhny ?
    tuz bnr gax MJ d bnh ma dokter pribadny ?
    xiapa jga eank nybarin gossip gax bnr get0 ampe k lbt utang 4 triliun lage ngiri kale ye eank nybrin gossip gax bnr toh ?
    pdhl MJ baek bngt………………….pduli ma ankx2
    cz q kaget bngt paz dngr MJ death……………

  7. 陽秀清

    hutang nyawa bayar nyawa bgt aja kok pusing pusing amat,hutang duit bayar dgn duit,ngak mampu bayar yah masuk penjara aja

  8. 陽秀清

    itu namannya melakukkan mall praktik,

  9. 陽秀清

    mall praktik yah berarti ijin resmi license dokternnya harus dicabut dan bayar ganti rugi ke keluarga korban/pasien donk,

  10. 陽秀清

    gimana kalau nyawa dokter sdr yg saya buat kelinci percobaan saya?kalau hidup syukur kalau mati yah sial

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s