Rekan TNI di UNAMID…

UNAMID adalah suatu institusi besar di Sudan, bahkan sekarang di klaim sebagai missi terbesar yang pernah dijalankan oleh UN, bayangkan dengan seluruh personilnya mendekati 30 ribu, terdiri dari Civilian Staff, Militer, Civilian Police, Local Staff, FPU, Military Observer dll… untuk berjalannya organisasi yang besar ini dibutuhkan banyak staff sebagai pendukungnya, nah berkaitan ini UNAMID melalui UNDPKO mengirimkan permintaan ke pemerintah Indonesia untuk bisa mengirimkan SO (Staff Officer) untuk mengisi jabatan – jabatan pendukung operasional UNAMID.

Rekan TNI dari SO (Staff Officer) UNAMID

Rekan TNI dari SO (Staff Officer) UNAMID, Ki - Ka : May. Pnb Destrianto, May. Tek Rudi, Kapt. Sri, May. Kav. Doddy

Bersama ini Mabes TNI mengirimkan 4 orang perwira terbaiknya untuk ditempatkan sebagai SO (Staff Officer) di UNAMID, sekarang pertanyaaanya, apa bedanya dengan MilObs (Military Observer) yang selama ini lebih dikenal dalam penugasan PBB ?  SO diutamakan untuk pekerjaan staff pendukung di setiap Missi, dan mempunyai keahlian yang spesifik sehingga memang dicari yang mempunyai keahlian sesuai dengan bidang yang dibutuhkan, biasanya missi mengirimkan pemberitahuan bidang apa yang dibutuhkan dan segera disesuaikan oleh negara kontributor, untuk missi UNAMID sementara diisi oleh 4 perwira TNI yang ahli dalam bidangnya untuk bergabung oleh banyak SO dari berbagai negara lain.

Sekilas tentang rekan TNI di UNAMID

Mayor PNB Destrianto,  dari TNI AU. Penerbang yang masih lajang ini (hayoo… daftar … daftar )  lulusan AAU tahun 1996, jabatan terakhir di Indonesia berada di Squadron 2 Halim Perdana Kusuma, Destri adalah SO pertama yang ditempatkan di UNAMID El Fasher, jauh mendahului rekan – rekannya,  sewaktu pertama kali menginjakkkan kaki di El Fasher hanya sendiri, untung ada rekan – rekan FPU sebagai teman mengobrol sampai beberapa bulan kemudian 3 rekannya datang.  Di UNAMID sendiri mendapat jabatan sebagai “Planning Schedule Airops”  alias mengatur jadwal penerbangan seluruh penerbangan UNAMID, suatu jabatan yang sangat vital.. bagi kami sendiri ada suatu kemudahan.. karena selalu ada “bocoran” kapan pesawat in out Lapangan Terbang El Fasher, daripada kita menunggu terlalu lama karena sering juga didelay… tinggal menelpon saja kawan kita yang satu ini … thanks buddy …🙂

Mayor. Tek. Rudy, adalah lulusan seangkatan Destrianto, AAU 96. Jabatan terakhir di  Lap terbang Hussain Sastranegara bandung ( yah pasti lah TNI AU ngga jauh dari lapangan terbang xixixi..) di UNAMID ditempatkan di bagian Terminal/ Bandara suatu jabatan yang penting karena ia yang memeriksa kelayakan pesawat yang akan diterbangkan, dan juga melihat kelayakan bandara yang digunakan.  Tidak banyak SO yang mempunyai kemampuan teknik seperti beliau ini… maju terus Rud !

Kapten Wara Sri, Wah … mba ini adalah satu – satunya Srikandi Indonesia di sarang penyamun… eh salah… di Gurun Pasir El Fasher… Mba yang satu ini juga dipilih karena mempunya keahlian yang sangat spesifik, yaitu “Air Traffict Controller” Di Indonesia berdinas sebagai Kasubbag Pers, Disbang Ops, Mabes TNI- AU, menduduki jabatan tidak jauh dari keahliannya tersebut yaitu sebagai “Air Flight Follow” yaitu bagian komunikasi pesawat – pesawat dari dan keluar airspace missi UNAMID… Saya dapat bocoran bahwa mba Sri sangat jago masak… dan karena tinggal serumah dengan para rekan pria SO lainnya… jadinya membawa keberuntungan buat mereka, hehehe… yang lain tinggal gantian mencuci piring saja.. ok ?

Mayor. KAV. Dody, adalah lulusan AKMIL 1995, dan sudah lulus juga Sesko AD, di Indonesia jabatan terakhir di Pusdik Kavaleri Cimahi, Bandung. Sangat menguasai peralatan “armored” seperti Tank dan Panser sesuai dengan kecabangannya Kavaleri, sesuai dengan keahliannya itu ia ditempatkan di COE (Contigent Owned Equipment) yaitu divisi yang bekerja untuk menginventarisir peralatan milik TCC (Troop Contribution Country)  untuk dilakukan “reimbushment” , termasuk peralatan milik FPU Indonesia, pelaksanaan “reimbushment” atas peralatan yang kita pakai tergantung penilaian team verifikasi dari COE, keep on good work, Dod !

Senang mempunyai rekan – rekan briliant seperti kalian…  yang penting merah putih tetap jaya di El Fasher… Ok ?

20 Komentar

Filed under Blogger, Darfur, PBB, sudan, UNAMID

20 responses to “Rekan TNI di UNAMID…

  1. fidelityprior

    haduh, jadi tambah bingung…mau jadi polisi apa TNI ya…bagus semua profesinya…hahaha
    *mikir

    @ fidelityprior: Semua profesi asalkan kita mencintainya pasti menarik……..

  2. ronnie

    waduh pak, masak bener mb sri itu tinggal sama mas2 nya itu, asyik juga dong ya ada yang cantik, sepertinya mbak ini bisa jadi putri di sudan ya, hwahahah,cerita dong ada nggak samenleven di daerah operasi???

    @ronnie: Makanya jangan piktor (pikiran kotor) aja donk mas… perbuatan asusila paling diharamkan dalam missi PBB dengan ancaman repatriasi (dipulangkan)….

  3. ternyata perempuan Indonesia juga gak kalah….
    salam buat mbak Sri ya Pak… selamat berjuang di sana….

    @ Itik : terima kasih… memang feature mengenai srikandi Indonesia ini diminanti salah satu majalah wanita terkenal di Indonesia, dan langsung keesokan harinya mengirim email ke saya menanyakan mba sri untuk diadakan wawancara jarak jauh…

  4. Titip salam buwat 2 adik saiya entuhh Bang, teriring doa semoga missi-na sukses.

    @serdadu95: Sudah langsung disampaikan salamnya kepada junior sampeyan: Destri dan Rudi, salam hormat kembali kata mereka…. thanks…….

  5. guidelife

    wa…..selamet tuk mbak nya……salam mahasiswa indonesia

    @guidelife: salamnya disampaikan.. thanks🙂

  6. Wah salam yah buat semua Indonesian Peacekeepers disana.. kapan kita kontak2 nih.. di negeri si bau kelek ini bisa dikontak : 171-9741 (free call).. cuti mudik kapan lagi nih, juragan?😀

  7. Alfredo

    mantap Komandan,moga sukses selalu.

    @Alfredo : thanks juga, kapan bergabung kita bro ?

  8. bang yang wara kok ga disebutin backgroundnya? apa belum dapet bocoran?

    @haloo: bocornya baca majalah kartini edisi terbaru .. hehehe… ada eksklusif peliputannya .. gara 2x saya muat di blog ini…🙂

  9. Destianto

    Terimakasih Bang sudah dimuat di blognya Abang.. sekaligus dipromosikan. hehe. selamat naik bendera Bang.. semoga sukses dan have a safe mission terus..

    @Destianto: Sama – sama bro… yang penting dampaknya langsung kan ? terutama buat mba Sri hehehe……. btw maaf pronounce namanya salah… bukan destrianto…. thanks……. Jaya terus Merah Putih..!

  10. thanks beraaaaat piiiissssaaaaaaaannnnn bang…..bravo buat indo FPU

    @indo peace keeper in unamid: Ok bro.. sama – sama tetap semangad yaaa…. Sukses selalu membawa nama merah putih…

  11. Om rere, blognya bagus..

    Salam kenal, salam jaya selalu, salam merah putih, salam garuda, semuanya dah pokonya..

    Kayaknya asik begitu.., nggak nyangka juga ada Srikandi Indonesia di sana, jadi pengen, hooo… Tapi kayaknya ndak mungkin jadi WARA..

    @ghita: Thanks Ghita… aku sudah lihat blogmu… kocak abies.. salam buat yang “ngga mau disebutkan namanya”🙂 Bisa aja donk jadi WARA semua punya kesempatan yang sama… atau jadi POLWAN ? xixixixi……..

  12. wew, makasih om rere udah baca2 blogku, hehehehe.. Wah, kalo disalamin tar dia keGRan lagi om. Yah, udah nggak mungkin om jadi wara/polwan, secara penglihatan udah dilengkapi dengan kacamata berwarna ungu,😦
    jadi ibu persit ajah deh,😀..

    @ghita: Iya deh… hehehe setujuuu .. sepertinya kamu berasal dari lingkungan TNI AU yaa ?🙂

  13. Hendra Setiawan

    terima kasih atas kesempatan dimuatnya pesan ini.
    sebelumnya mohon maaf jika forum ini juga saya jadikan media untuk mengetahui posisi dan tugas dari keponakan saya ya Pak :
    mohon informasi jika berkenan, beberapa bulan yang lalu tim FPU Indonesia tiba di Sudan. Salah satu anggotanya adalah keponakan saya, yaitu
    Nama : Heru Sapto
    Kesatuan asal : Sat I / Gegana BRIMOB
    Bgmn kondisi tim tersebut ya Pak… (dan seluruh tim FPU / TNI) yg bertugas dsana.
    Terima kasih atas kesempatan ini, selamat bertugas buat semua personel FPU / TNI : Bravo!

  14. enggak kok om re, cuma (alm) eyangkakung aja yg AURI, dan temen2 yg lumayan banyak di angkatan, tahu dikit2 aja.. Obsesi aja jadi ibu persit,😀

    Salam buat seluruh tim FPU/TNI yg di sana ya om re..

  15. Agus R

    mantap…!! gwa pecinta militer..dan kalian memang brilliant…bangga gwa sumpah!

  16. wury

    halo mayor destianto, salam kenal.
    masih bertugas…selamat bertugas kiranya berkat dan penyertaan Tuhan selalu ada pada pak mayor.
    pak mayor, mo tanya apa seangkat dg pak roni dr medan dulu waktu di aau.
    matur tengkyu.

  17. PARAPIN

    Mo TNI mo FPU di setiap missi PBB pasti punya jabatan penting…..
    Jd bangga dengernya…….
    Bravo TNI-POLRI saudara skr dan selamanya…….

  18. salam kenal
    adik saya nanti akan menjadi salah satu dari satuan brimob yang akan dikirim ke Sudan, boleh minta informasi mengenai kondisi terakhir disana.
    maklum pak, ini dinas pertama adik saya di internasional.

    @fera: situasi terakhir yang saya dengar masih aman – aman saja….. mereka akan selesai sebentar lagi kok, perkiraan bulan oktober………..

  19. terima kasih pak informasinya,
    apakah bapak bersedia membagi tips agar bisa survive dari cuaca yang panas dan bagaimana untuk membangun relasi dengan masyarakat setempat?.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s