NIGHT PATROL WITH INDONESIAN FPU

FPU Indonesia di El Fasher kembali mendapat ‘tantangan’ dari Commisioner Civpol UNAMID agar bisa melaksanakan patroli malam di IDP camp, khususnya IDP Camp ‘Abu Shouk’ dan ‘El Salam’ , hal ini karena disinyalir banyak terjadi kriminalitas dari anasir – anasir yang tidak jelas, yang memanfaatkan konflik di darfur bukan untuk memperjuangkan cita – citanya, namun hanya untuk kepentingan ekonomis kelompok itu semata…….

Start @ Asembly point...

Start @ Asembly point...

Setiap malam di IDP camp hampir terjadi perampokan terhadap penduduk di dalam IDP,  dan hal itu sering dikeluhkan oleh penduduk IDP terhadap UNAMID….  Memang penjagaan keamanan di IDP camp masih merupakan tugas Kepolisian Pemerintah Sudan, namun mereka tidak dipercaya lagi untuk dapat memberikan rasa aman terhadap mereka….

menunggu senja tiba...

menunggu senja tiba...

Oleh sebab itu Civpol yang tergabung dalam CPC (Comunity Policing Center) bersama FPU Indonesia segera melaksanakan patroli malam bersama… gunanya untuk memberi rasa aman terhadap penduduk di dalam IDP camp, dan kesempatan pertama “joint Patrol” yang dilakukan oleh CPC dan FPU dilaksanakan  malam ini, dan saya ikut ‘nimbrung’ dengan mereka…..

Beserta anak - anak darfur pada senja hari

Beserta anak - anak darfur pada senja hari

 Patroli ini terdiri dari 1 pleton FPU Indonesia menggunakan APC dan mobil armored, beserta 1 regu dari CPC, titik kumpul pertama adalah di suatu tempat yang dinamakan “Asembly Point”.. yang terletak di tengah – tengah IDP camp “Abu Shouk” dan IDP camp “El Salam”, keberadaan “Asembly Point” ini adalah sebagai titik awal pergerakan Polisi UNAMID dalam menyambangi 2 IDP camp tersebut….

Persiapan terakhir untuk berangkat patroli

Persiapan terakhir untuk berangkat patroli

Melalui IDP camp yang tidak ada listrik dan penerangan pada malam hari tentunya sangat beresiko, makanya setiap pergerakan para CPC walaupun tidak bersenjata wajib memakai rompi antipeluru dan Helm demi keamanan mereka…. Bagi Kami FPU pun faktor Safety sangat penting, penggunaan APC dan Armored car merupakan keharusan bagi kami………

Melintasi kegelapan malam di IDP Camp

Melintasi kegelapan malam di IDP Camp

Bagi perorangan anggota FPU juga dilengkapi dengan peralatan “Night Vison” dan “thermal” yang dapat melihat sesuatu didalam kegelapan sekalipun…. Namun tetap saja kegelapan masih menjadi tantangan bagi pengendara APC buktinya salah satu APC kami “terperosok” kedalam lobang yang cukup dalam….

Waduh ! terperosok ke lobang APC nya....

Waduh ! terperosok ke lobang APC nya....

Namun berkat kepercayaan masyarakat besar kepada kami, mereka dengan sukarela membantu dan kami bergotong royong menggali tanah untuk bisa membuat jalur untuk keluar dari lobang tersebut……. Dan kendala tersebut teratasi….. “Sukron Katsiron Sayid ! “

Untung ada masyarakat IDP turut membantu...

Untung ada masyarakat IDP turut membantu...

Setelah beberapa jam patroli, kembalilah kami ke “Asemmbly Point” dan menyatukan temuan yang didapat di lapangan untuk dibuatkan laporan…..

Patroli selesai, koordinasi akhir untuk buat laporan...

Patroli selesai, koordinasi akhir untuk buat laporan...

Demikian sekilas keikut sertaan saya dalam “Night Patrol” beserta FPU dan CPC didalam IDP Camp…. Nantikan kisah selanjutnya dari Darfur…🙂

13 Komentar

Filed under Darfur, FPU, IDP, police, Polisi, polri

13 responses to “NIGHT PATROL WITH INDONESIAN FPU

  1. Ariek

    Ndan.. ada kabar anggota DPR mau bezoek sampeyan… siap2 karpet merah..🙂
    Padahal ada kabar :

    http://anax1a.pressmart.net/mediaindonesia/MI/MI/2009/02/25/ArticleHtmls/25_02_2009_011_006.shtml?Mode=1

    @Ariek : Sudah 86 dan sudah kuda – kuda mas.. kemungkinan beliaunya susah kesini karena secutity clereance dari UNAMID… but hope soon get better….

  2. tamam lnjutkan perjuangan fpu tapi jangan luuuuupa bawa sekoooop itu andalan kita digurun …. jangan lupakan temen kita yg stu ituuuu sangat membantu temen kita si vigor yg terseoook dikegelapan malam abu shouk n elsalam smoga kou kuat vigor kusayangkkkk hheeee…mantap Dan!!!!

    @sunarjono : Makanya di elus elus Vigournya mas biar ngga ‘ngambek’ di jalan hehehe….

  3. Fortuna

    Keep up the good work Bang reinhard and all FPUers..Buat Bang Bravo; ” Be careful ya bang.. GBU always ”

    @ Fortuna : terima kasih dan salamnya akan disampaikan, cheers…. GBU

  4. wah.. baru malam pertama sudah dapat tantangan ya, APC nya terperosok!
    Tetap semangat! We support our troops!!

    @Amiko : Terima kasih mba… Salam dari darfur🙂

  5. fidelityprior

    Berjuang bang..Tambah seru cerita2 FPU nya..
    Btw,kawasan candi kembali bergemuruh..Ternyata lg dipake bt PLATINA angk.1 TA 2009…Waduh2,terpaksa ngungsi ke jakarta,mumpung lagi liburan kuliah,begitu pulang lg ke semarang,saya baca koran Suara Merdeka 010309,ada mantan pacarny abang dimuat,artikel miss jinjing…Selamat selamat…Kapan bang nyusul masuk koran lokal disini?Hehe.

    @ fidelityprior: Sebenarnya kalau bergemuruh begitu anda sebagai tetangga bisa menuntuk kompensasi tuh….🙂 O iya aku juga dengar dari mantan pacar bahwa dirinya termuat di koran SM, kalau saya sih sampai lebaran monyet aja ngga akan masuk hehehe😆

  6. Wahhh… seru ceritanya…

    @mamas86: Terima kasih, salam buat rekan 2x di Rimbo Bujang, terutama pak Wabup yang merupakan sahabat saya, sukses terus yaa…….

  7. waduh udah malem gelap, mana penghun idp campnya item2 juga ya bang tmasuk gadis2 lokal, kalo di aceh sich msh ada yg maniezzz………..

    @ aswin : hehehe.. memang termonitor belum ada yang terindikasi cinlok …🙂

  8. fidelityprior

    bang rere, di media media sedang gencar diberitakan kalau pasukan perdamaian atau apalah itu di sudan mulai “diusir” oleh pihak Sudan bang,beneran?
    Lah itu nanti daerah konfliknya apa kabar?

    @fidelityprior: Memang pasca penetapan “warrant arest” Presiden Sudan Omar Al Bashir, menimbulkan kemarahan rakyat sudan.. namun sampai mengusir “peace keeper” sepertinya tidak akan terjadi karena akan mempermalukan Sudan sendiri… yang ada adalah pengusiran terhadap 10 NGO internasional, karena dianggap Pemerintah Sudan menyebarkan berita bohong tentang Darfur.. NGO itu termasuk : Save Children, Care, Doctor Sans frontier, oxfam dll……….

  9. Mantab!
    Nggak siang nggak malam. tanggung jawab terus di emban. Lebih Smangat lagi bang!
    Sampai amblas gitu ya..ban nya…!
    Satu pertanyaan saja bang. Kenapa masyarakat di sana nggak punya trust dengan polisi setempat?

    @pakde: logikanya begini, yang tinggal di IDP camp adalah orang yang terusir dari kampung halamannya, yang terusir itu adalah kelompok yang dicurigai pemberontak, jadi yang tinggal di IDP camp adalah…..???

  10. Arnowo

    Mas.Styer di lembah pasir gitu, macet ga ?

    @Arnowo: sampai saat ini tidak ada kendala tuh… asal sering dibersihkan saja.. test shoot masih akurat 100 %

  11. cool.. nice patrol

    @harri : Thanks bro….🙂

  12. hery kecik

    mantabs bg patrolinya, jgn lupa bg mbandrexs dl biar agak anget he he….

    @hery kecik: waduh sayangnya ngga ada warung kopi dan bandrek disini.. hehe

  13. wah makin seru ceritanya. saya tunggu cerita anda selanjutnya. great police, great writer! Congrats!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s