Zaman Begajulan….

Cerita ini saya tulis terus terang karena Facebook, teman – teman saya pada men- tag foto – foto jadul waktu zaman SMA, dan itu me “remind” saya akan kisah – kisah nakal saya dulu pada zaman SMA tahun 1986 – 1989… :mrgreen:

Foto Zaman Begajulan.. Ada yang tau saya dimana ? berdiri baris depan, ke 6 dari kanan

Foto Zaman Begajulan.. Ada yang tau saya dimana ? berdiri baris depan, ke 6 dari kanan

Adalah suatu kebanggaan buat saya bisa masuk SMA 70 Bulungan Jakarta, banyak kenangan manis yang susah untuk dilupakan, yang jelas saya punyak banyak sekali teman, bayangkan dalam satu angkatan ada 800 orang murid karena SMA 70 ini adalah gabungan dari dua sekolah yang dilebur menjadi satu yaitu SMA 9 dan SMA 11, namun karena sejarah ‘hitam’ antara dua sekolah ini yang selalu berantem, maka oleh Mentri P dan K  pada waktu itu digabungkanlah dua sekolah ini menjadi satu sekolah baru, dengan nama SMA 70.

Di terminal Blok M, Habis tawuran

Di terminal Blok M, Habis tawuran

Dalam “sub-cultur” SMA 70 ada suatu tradisi yang sebenarnya jelek, kami satu angkatan membuat “gank” dengan nama tersendiri, dan sudah menjadi tradisi bahwa “gank” ini akan terus ada selama ada angkatan baru, dan pada waktu itu kami bersepakat menamakan angkatan kami dengan nama : BASIS, artinya “Barisan Siswa Seventy”, saya pernah membaca dalam harian kompas sudah pernah ada wartawan yang menuliskan secara lengkap nama – nama “gank” angkatan 70 ini, seperti contoh dibawah kami nama “gank” nya adalah “Laskar”, angkatan diatas kami “Abor” , kemudian dibawahnya banyak lagi seperti “Sandinista”, “somoza” what ever lah.. yang jelas setiap angkatan mempunyai nama sendiri…. 

Ekskul yang saya ikuti, pencinta Alam: Sisgahana

Ekskul yang saya ikuti, pencinta Alam: Sisgahana

“Sub-cultur” kedua adalah perilaku yang kemudian menjadi tradisi bagi kami, bagi kami adalah kebanggaan untuk bisa tawuran, dan yang menjadi rival utama kami pada saat itu adalah STM Penerbangan yang terletak tidak jauh dari sekolah kami, dan malah berkembang menjadi rival seluruh STM yang ada di Jakarta, pernah suatu saat sekolah kami diserang ratusan anak STM dari seluruh Jakarta dan untungnya berhasil di pukul mundur😛 , memang letak SMA 70 yang dekat terminal blok M menyebabkan kami dengan mudahnya “mencegat” bus – bus yang lewat dan mencari anak STM, paling gampang sih mengenali mereka… kalau ada tampang lecek dan di tasnya ada wearpack pasti mereka anak STM.

Tradisi “sub – cultur” ketiga adalah kami menggunakan bahasa sendiri, yaitu “Ahasab Kilab” yaitu ngomong dengan kata yang dibaca terbalik, persis seperti bahsa “walikan” malang, contohnya kalau ngomong : “Lu mau ke mana ?” kita bilang : “Ul uam ek anam ?” saya sendiri kurang tau sejarahnya, tapi bahasa ini cuma ada si SMA 70, dan sudah sangat membudaya.

Tapi dibalik itu semua,  banyak yang membanggakan dalam prestasi belajar, bayangkan…. persentasi dari kami yang bisa masuk UMPTN lebih dari 60 %  dan itu pun universitas negeri yang berbobot di negeri ini,  jadi walaupun tawuran…. belajar teteup donk hehehe…. saya sendiri waktu itu masuk jurusan MIPA UI namun karena pertimbangan “ekonomis”😛 saya milih AKPOL karena bisa cepat kerja…. :mrgreen: 

Nah itu sedikit cerita waktu zaman begajulan.. masih ada cerita lagi sih…. tentunya “Kisah Cinta di SMA” hehhe…. seru buangeeet…. tapi disimpan dulu ceritanya donk… pasti penasaran kan ? nantikan kisah selanjutnya :mrgreen:

9 Komentar

Filed under Blogger, Publik

9 responses to “Zaman Begajulan….

  1. Masa-masa indah jaman SMA memang tidak terlupakan yah.
    Rasanya seperti baru kemarin aja kita melewatinya.
    Thanks to FB yang telah menghubungkan lagi teman-teman semua.

    Salam kompak!

    @ Frans : hehehe memang Fesbuk luaaarrr biasa, thanks Mark….🙂

  2. berusaha keras mencari foto pak pulisi. hasilnya : gak ketemu!

    @nika : kan sudah saya tulis letaknya ? Memang sih berbeda sekali dulu dengan sekarang hehehe.. sekarang sudah diperkaya dengan lemak di kiri kanan..:mrgreen:

  3. hehehehe lain dulu lain sekarang

    @omiyan : Dulu begajulan sekarang apalagi…..? lebih parah kah ?:mrgreen:

  4. rianda

    hahaha buat nika coba liat tuh yg ‘gelantungan’…tp perlu roy suryo buat identifikasi ke-‘asli’-annya…hehehe *piis* brow..:P

    @ rianda : oiii loe bocorin rahasia gw aja …. hehehehe

  5. Yesssss….boleh order nggak?
    …tambahin Fotonya..biar lengkap bang. Jaman itu jaman2 nya breakdance kan? Kisah break dance nya juga donk pak…

    @ pakde : Memang sih pada saat itu masih marak breakdance…. tapi setahu saya kita lebih senang tawuran hehehehe:mrgreen: jadi ngga ada kegiatan itu disekolah…..

  6. cuit..cuit….fotonya gak kuku hahaha..btw ditunggu kisah cinta di SMA nya…hahahaha

    @ Nov Nov : hehehe ok tunggu aja nov pasti akan muncul…. *dengan resiko ditimpuk sendal dirumah* :mrgreen:

  7. ternyata, pak rere dulu bengal juga ya😆

    @itikkecil : He he he namanya juga anak muda mba…😆

  8. Iyaa…ya…sepertinya setiap umur-umur segitu anak muda suka tampil ber geng ria…Pak De Guh juga pernah mengalami itu…walau hanya di sebuah kota kecil di Jatim…Kalau ingat jadi ketawa sendiri….

    @Pakde Guh : Hehehe memang betul Nostal – gila masa SMA😛

  9. >>> sugab! doog! tseb! … ada otof aug … heheheeee

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s