Sehari bersama FPU Indonesia

Setelah tiga bulan bertugas di UNAMID (United Nations African Union Mission In Darfur) di El Fasher Darfur, segalanya nampak lebih terorganisir, tugas yang menjadi tanggung jawab FPU Indonesia sudah terlaksana dengan sangat baik, seperti pernah saya sebutkan tugas FPU sesuai Mandat yang diberikan PBB adalah : “Menjaga keamanan seluruh personel PBB beserta seluruh assetnya, dan juga melakukan patroli untuk menciptakan keamanan di kamp IDP (Internal Displaced Personal)”.  FPU yang terdiri dari 4 peleton selalu bergantian melakukan tugasnya, yang paling utama sehari – hari adalah melakukan pengawalan terhadap CIVPOL (Civilian Police) melakukan “Community Policing” di sekitar IDP Camp, dan IDP camp yang menjadi AOR (Area Of Responsibility) FPU ada 3 yaitu : IDP Camp ZAM – ZAM, IDP Camp ABU SHOUK, dan IDP Camp AL SALAM, jadi pleton – pleton itu habis terbagi di ketiga tempat tersebut..

Danton memberikan arahan sebelum berangkat tugas di Camp FPU Indonesia.

Patroli berjalan kaki disekitar IDP Camp ABU SHOUK

Berfoto bersama CIVPOL polwan dari Afsel, Language Asisten dan Mr. Onta

Tugas melakukan pengawalan terhadap CIVPOL terbagi dalam dua shift yaitu siang dan sore hari, dan bermula dari “Meeting Point” yang telah ditentukan, melakukan meeting sebelum berangkat dengan team leader CIVPOL untuk menyamakan presepsi apa yang akan dikerjakan CIVPOL selama melakukan “Comunity Policing” , biasanya sehari hari mereka bertemu dengan pemimpin “Informal” yang berada di IDP camp yang disebut “SHEIK” , atau setingkat lebih tingginya  disebut “OMDA”, dan beberapa OMDA dipimpin oleh seorang “Chief OMDA” , nah gambaran kalau di Indonesia mungkin SHEIK setingkat RT, kemudian OMDA setingkat Lurah, dan Chief OMDA adalah kepala OMDA diseluruh IDP Camp. Pelaksanaan tugas CIVPOL dengan dikawal FPU biasanya mendatangi SHEIK atau OMDA untuk menanyakan apakah ada kejadian yang meresahkan masyarakat, atau menampung laporan/komplain tentang keamanan di dalam IDP Camp, dari hasil pantauan tersebut CIVPOL membuat laporan harian ke Sector CIVPOL yang ada (di El Fasher adalah Sector North), kemudian di setiap IDP Camp tersebut untuk CIVPOL ada yang disebut CPC (Community Policing Centre), nah FPU Indonesia secara bergantian dan terus menerus membantu CPC untuk melaksanakan tugas “Community Policing”.

Menjaga CIVPOL yang sedang berkomunikasi dengan “OMDA”

Sejenak dengan anak – anak di IDP Camp, anak anak korban perang…

Tugas pengawalan terhadap CPC ke IDP camp terbagi dalam dua shift, yaitu shift pagi jam 8 sd jam 12, dan Shift sore Jam 2 sd jam 6, yang menjadi gambaran pada saat ini adalah pleton 3 yang dipimpin oleh IPTU Alex Fritz Tobing,  dimulai ketika persiapan berangkat di Camp FPU Indonesia pada pukul 07.30 pagi, memberikan sedikit arahan kepada anak buahnya untuk melaksanakan tugasnya, berangkat ke “Meeting Point”  dan berangkat ke IDP Camp “ABU SHOUK”  pada pukul 09.00, kemudian bersama CIVPOL melakukan “Community Policing” bertemu dengan Chief OMDA bertanya jawab tentang situasi dan kondisi, tugas sebagai pengawal mempunyai resiko tersendiri, anggota FPU harus menguasai jalan – jalan disekitar IDP Camp dan harus tahu apabila dalam keadaan “Emergency” jalan terdekat dan aman untuk mencapai titik aman,  yang saya lihat …. anggota FPU sudah sangat hapal lingkungan IDP Camp, bahkan mereka sangat diterima dengan baik oleh masyarakat IDP cam , jauh lebih baik daripada CIVPOL itu sendiri….. mungkin karena keramahan bangsa Indonesia yang pandai “Bersosialisasi” , saya melihat sendiri masyarakat di IDP camp sangat merasa aman dengan kehadiran FPU Indonesia, bahkan salah satu chief OMDA mengirimkan surat kepada PBB bahwa mereka sangat terkesan dan merasa aman atas kehadiran FPU Indonesia di IDP camp, pada tepat jam 12 siang peleton FPU selesai melaksanakan tugas dan kembali ke camp…..

Berfoto selesai melaksanakan tugas dengan aman…, salam dari Darfur !

Well Thanks GOD, tugas terlaksana dengan baik dan tidak kurang suatu apapun… mudah – mudahan terus begini sampai setahun kedepan, sehingga kami bisa bertemu keluarga dalam keadaan aman dan tidak kurang suatu apapun…. Amin….

11 Komentar

Filed under Darfur, FPU, IDP, PBB, police, Polisi, polri, sudan, UNAMID

11 responses to “Sehari bersama FPU Indonesia

  1. Semangat para pahlawan negeri,jasa mu di nanti banyak orang
    selamat bertugas.Merdeka

    @blog competion: Terima kasih mas…. Merdeka

  2. Bang,

    Seneng bisa melihat updatenya lagi.. interaksi sosial dan pembinaan teritorial memang salah satu ciri khas keunggulan batalion Garuda, termasuk yang di Darfur ini.. apalagi kalangan anak-anak yangterperangkap ditengah konflik ini.. paradigma mereka kelak akan mengakar atas ‘legacy’ kontingen Indonesia yang ramah namun tegas..

    Hati-hati dalam bertugas, sebab dikalangan mission staff sedang ramai dibicarakan perihal evakuasi staff UNAMID/UNMIS berkaitan dengan rencana penerbitan surat perintah penangkapan atas pres.Sudan oleh ICC.

    Salam hangat dari Afrika Barat.. juga buat rekan2 Garuda Bhayangkara lain-nya.

    @ Luigi : Terima kasih kang.. memang yang sedang menghangat masalah warrat arrest dari pres Omar Al Bashir, kita juga lagi latihan evakuasi mulu, kali kali ada kejadian…….

  3. kuroshagi chan

    aman terus bang,,,pokok nya klu di jaga oleh fpu indonesia pasti aman
    dan lancar terus sampe 1 tahun kedepan?

    @kuroshagi chan: Amiiin bang, mudah 2x an aman terus sampe pulang🙂

  4. bay

    God bless u… officer………

    @ bay : Thanks bro🙂 GBU too…

  5. Selamat bertugas bang..

    @thevemo™ : Thanks bro…

  6. DARMAWAN PRIHANDOKO

    mas, kalo bisa berita-beritanya juga dikirim ke media massa, misalnya Jawa Pos atau yang lain. Massa berita FPU Indonesia yang di Sudan nggak pernah nongol di media.

  7. mardiaz

    mantap kali foto2nya,sy gak kebayang kalo kmaren ikut kesana bareng abg,foto2 thok kali yye,good luck bg,sy skarg msh pagugas di medaan,ada yg perlu sy jaga di kampung abang?

    @ Mardiaz : Iye lah kaya ngga tau aja kita manusia yang ngga bisa jauh dari kamera wkwkwkwk, yah tenang aja bro pagugas kan ngga lama , bentar lagi kapolyes.. muanteebb tenaannnnssss, yang perlu dijaga ngga ada bro, kebon situ saja didahulukan bro….

  8. mardiaz

    BG,CERITAIN DONG PELANGGARAN HAM N KRIMINALITAS APA YG BYK TRDAPAT DI SONO, TERUS TG JAWAB FPU SAMPAI SEJAUH MANA? SAPA TAU KITA BERMINAT GANTIIN ABANG, HEHEHEHE, MANA NIH TURUNAN BUAT SAYA DI MEDAN??

    @ Mardiaz : ok bro by request akan saya tulis tersendiri… wah cocok bro loe jadi komandan FPU.. berhadiah naik pangkat lho… turunan di medan waduh … bukannya loe yang banyak turunan disana .. hehehhe

  9. septian

    brouw…. pa kabar skrg??
    sombong nian dirimuw!!!
    Ga pernah nyapa sodaramu yg jadi serdadu ini…

    Btw, ngomong2 tentang UN (PBB), insya Allah bulan Agustus depan batalyonku akan menggantikan Satgas Kontingen Garuda di Kongo…
    Doain moga2 aku bisa ikut berangkat yah brow..
    amin3x….

    Bravo lefting 2007

    @ Septian : Waduh mau titip salam sama siapa ya ? di FPU ada beberapa yang abituren 2007 …🙂 selamat deh berangkat ke kongo, walaupun tetanggaan dengan Sudan tapi kondisinya berbeda seperti bumi dan langit😛

  10. bro, tahun ini batalyonku mau menggantikan satgas Konga (kontingen garuda) yang ada di Kongo. Doain loh ya! Moga2 diriku bisa menjadi tentara UN.
    amin3x…

    @ cecepe : Selamat … semoga sukses ! Kamu pasti bisa……

  11. hery kecik

    ijin bg apa kabar..??? kapan plg ke Jambi,,,
    me87kan adik asuh skrg di kupang pati kupang
    klo abg plg jgn lp bg 87 he he,,, sapa tau aja bs bareng…
    ditunggu bg cerita2 terbarunya, eh keren2 tuh bg pictnya jadi pengen nih
    ha ha ha…

    @hery kecik: Wah selamat ya berkarya di lembaga terhormat di negeri ini …….ok nanti di 87 kalau mau pulang…… mau gabung ? masih banyak kesempatan kok ………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s