Yes, we’re (writer) Blogger Family….

Ada 2 (dua) orang dari keluarga besar saya yang sudah sukses menjadi Blogger, apa sih standar sukses menjadi blogger ?? menurut saya …..tentunya kalau tulisan di blog telah diterbitkan menjadi buku, dan di Indonesia belum banyak blogger yang mendapat kesempatan tulisan di Blognya dicetak menjadi buku, saya sangat bangga karena ternyata ada dua orang dari keluarga besar saya yang bisa melakukan hal itu……

Yang Pertama adalah yayang tercinta, mantan pacar : Amelia Masniari berkat tulisannya yang spesifik dan melawan mainstream, sukses mengangkat cerita di blognya  “belanja sampai mati”  dalam buku “Miss jinjing (belanja sampai mati) yang diterbitkan oleh penerbit Gagas Media,  dan sampai sekarang, baru sebulan telah mencatat angka penjualan yang fantastis…..

Yayang tercinta, Amelia Masniari

Yayang tercinta, Amelia Masniari

Buku Miss Jinjing, oleh Penerbit Gagas Media

Buku Miss Jinjing, oleh Penerbit Gagas Media

Yang kedua adalah adik perempuan saya Trinity, ini adalah nama samaran dari nama aslinya Perucha… sukses juga mengangkat blognya “Naked Traveler” menjadi buku dengan judul yang sama, dan sampai sekarang telah dinobatkan menjadi buku traveler (khususnya buat “back packer”) paling sukses dalam sejarah penerbitan buku di Indonesia, Penerbitnya C-Publishing anak perusahaan Penerbit Mizan telah mencetaknya sampai cetakan ke 10.

Adik tercinta, Trinity

Adik tercinta, Trinity

Buku Naked Traveler oleh penerbit C-Publishing

Buku Naked Traveler oleh penerbit C-Publishing

Mungkin para blogger bertanya – tanya, bagaimana sih cara mereka berdua bisa membuat buku, apakah mereka mengirimkan artikel ke penerbit, merayu penerbit untuk mencetakkan bukunya, atau bahkan memodali sendiri penerbitan buku itu ? Jawabannya : Tidak……., Pihak penerbit sendiri yang mencari mereka dan mengajukan penawaran untuk menerbitkan tulisan di blog mereka menjadi sebuah buku…… kira – kira apa sih faktor yang menyebabkan penerbit tertarik untuk menerbitkan tulisan mereka di blog untuk menjadi sebuah buku ? menurut saya ada beberapa faktor :

1. Tulisan adalah karya orisinil tidak menjiplak karya orang lain….
2. Banyak penggemarnya…
3. Unik/khas menpunyai ciri tersendiri yang tidak dipunyai orang lain (berkarakter)
4. Konsisten dalam menulis…
5. Mempunyai daya jual kalau diterbitkan (ini sudah pasti karena menyangkut kelangsungan hidup penerbit)

Nah buat para blogger lainnya…… tidakkah anda tertarik untuk menjadi seperti mereka ???? ikuti saja resep ampuh saya itu ….:mrgreen: selamat menulis dan berkarya, siapa tahu ada penerbit yang tertarik juga😛

22 Komentar

Filed under Blogger, keluarga, Publik

22 responses to “Yes, we’re (writer) Blogger Family….

  1. Saya masih nyesel gak bisa ketemu sama nyonya di Palembang pak😦

    @ Itikkecil : Yah tidak apa – apa mbak, masih ada hari esok🙂

  2. aihhh blogger family…habis ini blog abang tuh di lamar sama penerbit hahahahahahaha

    @ Novnov : Waduh sepertinya masih jauuuh sekali… blog ini cuma buat self expression saja kok nov..

  3. Ternyata darah “GM” masih jg mengalir yah bro, btw natalan di Jambi or Tanah Kusir neh?

    @ Ventho : Hehhehe loe bisa aja, gw natalan sudah di Mission area kembali, karena tgl 17 ini balik kanan…

  4. Jay

    Wah, saya sebenernya kepingin juga buat buku.. Tapi sampe sekarang belum kesampaian…..

    Emang sih tulisan yg ingin ku buat dalam buku, sebagian kecil sudah pernah kubuat di dalam blog…

    Kasih saran donk bang..

    @ Jay : Waduh kalau minta saran ke saya itu salah sasaran, hehehe …

  5. Semoga ” Polisi oh Polisi ” di bukukan juga, supaya lengkap bang , khususnya tentang petualangan dalam menjalankan tugas .

    @ Ritool : Waduh, sepertinya lebih baik tulisan saya ada blog saja🙂 lebih bebas dan tidak ada beban:mrgreen:

  6. wah pengen banget om jadi seperti mbak Amelia dan Mbak Trinity…kira-kita saya bisa ngga ya???? punya buku lalu laris manis seperti mereka??? ksih ide dong om rere…

    @ Dona : Wah mba, langsung saja berhubungan dengan YBS, apa perlu saya beritahu mereka ?

  7. Udah lama sy pgn tanya apakah naked traveler adiknya bang polisi oh polisi. Menilik marganya sama. Dan dl sy dpt link naked traveler dr blog nyonya. Tp emang blog mrk b2 unik bgt. Sy betah membacanya dan trkagum2 akan kejujuran penulisnya dan pengalaman yg tdk semua org punya. Tp kalo diliat2 antara naked traveler ama miss jinjing ada satu prbedaan mndasar. Yg satu kemana2 dgn modal seadanya (nekad traveler hahaha), yg satu lg kemana2 tdk mgkn tanpa modal dong buat shopping. Tp adik dan nyonya akur2 aja kan biar beda gt?

    @ Nika : Yup benar sekali mba, dua orang itu beda banget hehehe, apalagi saya……….. jauuuuh banget:mrgreen:

  8. selamat. saya juga setuju bahwa mereka berkarakter.

    @ J.rizal : Terima kasih mas sudah mampir….. salam kenal …

  9. Hayo berikutnya sang komandan menyusul –>Ksatria Darfur Bergitar? hehehe!

    @ Domba Garut : Hahahaha…. bisa aja si akang…. wah cerita saya sih ngga ada apa – apanya dibanding akang yang sudah malang melintang di dunia persilatan……

  10. ahak keduanya pernah liat dirumah a part of koleksi mantan pacar, terutama naked traveler tuh suka dicritain, tp keknya doi ga pernah crita2 deh kalo pengarangnya bloger — yaialah, lha doi ga pernah nginternetan:mrgreen:

    selamat selamat…

    @ Jiwa Musik : Kalau yang sering blogwalking sih musti tau mas, ada bukunya kan mungkin buat menjaring yang jarang internetan hehehehe

  11. Tulisanku sudah mutu belon om? mohon comment nya…ha ha ha maksa!
    Tantangan terberat untuk penulis kalo nggak salah ketika buku pertama laris, sipenulis harus bikin buku kedua yang bisa jauh lebih larissssss, begono kan?

    @ Pakde : Waduh kalau tulisan Pakde sudah bisa disejajarkan para pujangga, iki tenan lho…..

  12. jadi ini sodaranya penulis the naked traveller hhehehe

    @ Fanz : Iya mas… saya kakak nya hehehhe

  13. “please leave your email account on my YM, coz i want to restrict my blog….and u’re the one who i adore to invited…!! My YM: fiera_reisya@yahoo.com

    @ Fiet : Ok, terkirim….. thanks

  14. Naahh sekarang kita tunggu buku dari blog Polisi Oh Polisi nya maas…..!Saya kagum banget sama keluarga besar ini karena ngeblog ternyata bisa menghasilkan juga ya…kalo saya sih cukup jadi blogger bloggeran hehe….

    @ Judith : Sama lah mba … aku juga blogger – bloggeran…:mrgreen:

  15. Nufransa Wira Sakti

    Nah bener khan Bro, banyak yg setuju kalau blog
    ini dibukukan. Tinggal tunggu waktu aja kok.
    Karena blog ini juga punya karakter loh!

    –fRAnS–

    @ Franz : Weleh – weleh… bisa aja bapak ini…. blog ini sebenarnya sarana untuk “freedom speech” saya saja diluar kedinasan saya… jadi sudah dibuat disclaimer agar tidak salah tanggap…….

  16. siaappp bang…blog saya blom beken sebeken blog abang ama mbak hihihi…sebel bang…ada yang gak suka aja ama blog saya…..bisa mematikan kreativitas nih…mendingan di restrict dolo buat sementara waktu…..kirimin id abang aja yaaa…kali2 abang mau menengok2 blog sederhana saya🙂

    @ Fiet : Sebenarnya saya sedih sekali mendengar hal itu… blog itu sarana paling terbuka pada saat ini untuk mengekspresikan diri…..

  17. Hihihi… makasih, bang. Jadi malu deh, di-puji2 mulu😀

    @ Trinity : Wajarlah kalau abang bangga sama adiknya yang berprestasi..

  18. Kang luigi ada2 aja, hehehe.. pake bawa2 Ksatria bergitar.. maap bang komen OOT ni

  19. Wah..ternyata abangnya Trinity-Naked Traveler…. Hihi..akhirnya ketahuan juga nama aslinya mbak Trinity…Di blog ama bukunya ga pernah terungkap tuh

  20. aca

    wah,,saya penggemar blog naked traveler dan miss jinjing.ternyata bersaudara…

    @aca : hihihi, kalau blog saya suka ngga, pasti ngga deh soalnya ngga girlie sih…😛

  21. zamrul

    waw,,,,,
    pengen juga tu komandan punya buku sendiri
    tapi ntar aja lah….
    nunggu buku komandan dulu di terbitkan….

    @ Zamrul : Waduh .. situ duluan deh yang diterbitkan bukunya… kalau blog saya cuma buat pengisi waktu saja, ngga akan dan ngga mungkin jadi buku….😛

  22. baru tau….ada miss jinjing pak.
    hehehe🙂

Tinggalkan Balasan

