INDONESIAN FPU 1st PERFORMING DUTY

Persiapan Patroli menuju IDP Camp

Persiapan Patroli menuju IDP Camp

Waduh…. sunguh berbahagia ada kesempatan lagi buat saya untuk mengupdate blog tercinta ini, mohon maaf karena rasa gembira yang menggebu – gebu karena koneksi internet yang sudah kembali, ternyata hanya dirasakan beberapa hari saja, setelah itu kembali down…     Ya sudah………, ga usah diperpanjang karena masalah ini sudah basi , karena memang beginilah “mission area” sesungguhnya, penuh dengan kesengsaraan:mrgreen:

Patroling FPU disekitar IDP camp

Patroling FPU disekitar IDP camp

Ada sesuatu yang berita yang menggembirakan dari FPU Indonesia di Darfur ini, FPU Indonesia telah diserahi tangung – jawab untuk melaksanakan tugasnya, walaupun sesungguhnya waktunya masih prematur karena keberadaan kami masih di “transit camp’, para petinggi UNAMID melihat kami sudah layak melaksanakan tugas seperti yang di “mandatkan” yaitu : “Menjaga setiap personil UNAMID beserta asset – assetnya, dan menjaga keamanan di Internal Displaced Personal Camp (IDP Camp)”

Secara garis besar dapat saya katakan: Sementara tugas FPU “tidak bersentuhan langsung” dengan para pengungsi di IDP camp, tugas kami adalah menjaga “Police Advisor” yaitu UNAMID Civilian Police melaksanakan “Community Policing” di IDP Camp, selama ini yang menjadi “Force Protection” bagi mereka adalah Militer dari Batalion Rwanda, namun setelah kami ada akan ada alih tugas dari Militer ke FPU untuk menjamin keselamatan “Police Advisor” dalam melaksanakan tugasnya.

Secara global schedule yang dilaksanakan adalah shift pagi (09.00 – 13.00) dan Shift Sore (14.00 – 18.00), dengan dua tujuan IDP Camp yaitu IDP camp “AL SALAM” dan “ABU SHOUUK” yang mempunyai total jumlah pengungsi masing – masing sekitar 50 rb orang, untuk pelaksanaan pengawalan 4 peleton bergantian shift pagi dan sore.

Dari suara – suara yang saya dapat dari masyarakat dan anggota PA yang dikawal, kualitas kerja FPU Indonesia mempunyai disiplin yang baik dan dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat pengungsi, dengan kehadiran FPU di IDP camp diharapkan membawa rasa aman bagi para pengungsi dari gangguan – gangguan kriminalitas dari kelompok tertentu yang sering mengganggu mereka.

Kehadiran mu membawa rasa aman kah ?

Kehadiran mu membawa rasa aman kah ?

Demikian update terbaru dari El Fasher, Darfur… Nantikan kami selanjutnya

21 Komentar

Filed under Darfur, FPU, hukum, PBB, Polisi, polri, sudan, UNAMID

21 responses to “INDONESIAN FPU 1st PERFORMING DUTY

  1. Keren….
    semoga tetep membawa nama baik Indonesia di sana pak…

    @ itikkecil : terima kasih mba….. pasti kita jaga nama Indonesia, dan selama ini masih dapat tanggapan positif……

  2. Ade

    smangat
    btw kapan pulang bang
    kalo ga salah kmaren ada yg baru brangkat

    @ Ade : Saya memang mendahului yang berangkat itu 5 bulan sebelumnya, karena saya adalah team aju… kalau selesainya masih tahun depan bro

  3. iis

    Jawab: kehadiranku menambahkan setitik harapan……. (*_*)
    Yakinlah…

    @ Iis : Pasti mba… kami yakin kok🙂

  4. mardiiaz

    bravo,keren bg,gimana caranya ngisi waktu disana bg,apa di campnya ada fasilitas fitness n bioskop buta ngusir wkt,btw ada PX gak disana? Bisa gak buka botol kayak dulu?

    @ Mardiaz : sementara kita masih di transit camp, menunggu selesainya camp kita yang sedang dibangun… kalau sudah jadi lengkap fasilitasnya, ada fitnessnya juga, bioskop dll………. PX ? ada bro… tapi mahal sekali ngga cocok untuk gaji FPU…. dan karena negara sudan menganut Syaria Law jadi disini tidak ada sama sekali minuman beralkohol….

  5. duhhh kasian amat nasib mu sih bang hahahaha…katanya mo pulang ya?….

    @ Nov Nov : Iya nih nov, cuti tengah missi…….. lumayan dapat 1 bulan…

  6. bang, foto yang bawah kayaknya bang Anwar Nasir ya…. (*tampang blo’on mode on)

    @ Sejutaasa : hehehe…….. sebenarnya ada yang berat ditinggalkan abang satu ini waktu berangkat ke Sudan… si Ryan hahahaha…….. katanya masih membutuhkan bimbingan mas Anwar….

  7. mardiiaz

    masak sich bg gaol mo pulang,setau saya beliau itu org yg punya jiwa petualang tinggi,pasti seneng dgn new jobnya,asal jgn kumat aja melankolisnya aplg miss ama mb piggynya,jd kacau deh,hehe,tul gak bg? Btw emang bener2 mo pulang ya bg?

    @ Mardiaz : pulang itu cuma mau cuti ooom…………. masa setahun penuh di padang pasir ? bisa garing kita ………..

  8. akhirnya setelah sekian lama diupdate juga blognya om…

    buat FPU’ers tetep semangat ya! inget lho anda semua membawa nama Polri & Indonesia…

    @ Piko : Teima kasih brother… update memang agak terkendala akhir – akhir ini akibat koneksi internet yang parah di Darfur.

  9. tanamal ari

    bravo fpu
    tetap semangat ya.

    @tanamal ari: Terima kasih brother……. yes, pasti kami akan tetap semangat…

  10. Mohon Ijin Pak, Saya selalu mengikuti berita terbaru tentang-tugas tugas FPU Indonesia yang bertugas dalam misi PBB ini, saya ingin sekali untuk bisa bergabung dalam team FPU Indonesia, tapi gimana caranya ya Komandan…???? (mana saya tugasnya di Polda Papua lagi………) kalo bisa, tolong donk dimuat di blog ini bagaimana cara atau syarat-syarat untuk bisa ikut seleksi untuk menjadi FPU Indonesia…??
    Komandan boleh tau ngak nama-nama anggota Kontingen Indonesia yang bertugas dalam misi FPU di Darfur ini…????
    ada Bintara-nya ngak…???

    @ adhyanoith: Telegram seleksi FPU saya lihat sendiri selalu dikirim ke jajaran untuk perwira dan bintara, pastikan nama anda ada dalam list, testnya adalah : menembak, mengemudi dan bahasa Inggris…. kontingen FPU 80 % adalah berpangkat bintara mas……

    • Mas untuk test bhs ingrisnya meliputi apa saja? trims

      @choirul: seperti biasanya pak test tertulis (grammar dan listening) dan wawancara… kalau dipersiapkan pasti lolos …

  11. Mohon ijin komentar :
    …FPU Indonesia luar biasa! Terbaik dan terpercaya.. Semoga FPU INA sukses menjalankan misi dan rasa aman di Sudan khususnya Darfur itu abadi.

    @ Roganda : Terima kasih pak letnan…. bisa bergabung in next FPU tuh bro, ditunggu….

  12. roy

    namun sayangnya 1st fpu indonesia nir roganda,krn beliau sedang mgikuti secapa,dua pilihan yg sama berat tp roganda telah menemui jalan yg paling baik baginya,saya dengar byk fpu2ers kita yg terlambat sekolah krn menunggu penantian yg bgitu panjang,hidup roganda, hidup fpuers,sudan menantimmu sebagai danton

    @ Roy : Jalan yang ditempuh beliau sudah benar mas, bahkan sudah siap menjadi daru/danton untuk FPU berikutnya🙂

  13. kurosagi chan

    di sudan rumah nya masi kayak gitu yak?

    @ kurosagi chan : Sebenarnya hanya di IDP camp, maklumlah camp pengunsian jadi berdiri seadanya, menggunakan bahan yang bisa didapat disekelilingnya, namun bahan bantuan makanan lancar kok….

  14. Selamat bertugas Komandan, hati2 biar bisa balik ke Indonesia dengan selamat dan penuh kebanggaan, bagi2 ilmunya tentang POLMAS siapa tau bisa diterapkan kepada orang2 Madura yg ada di Bondowoso, BTW itu fotonya Mas ANWAR ya ?

    @ Bang Ai : Karakter setiap bangsa sangat berbeda bang, namun secara global ilmunya bisa diterapkan dengan menyesuaikan dengan budaya setempat, betul bang itu Anwar WS 96, mantan kanit VC polda jATIM.

  15. Pompi Jehaun

    Salam, Pak Reinhard dan Sukses selalu buat POLRI,
    Semoga nama Bangsa diharumkan dengan kinerja yang
    mantap Kepolisian Indonesia di Sudan.

    Salam Juga buat adik saya, Nathan Pare.

    God Bless

    @ Pompi : Salam akan saya sampaikan ke Nathan, selama ini ia menunjukkan dedikasi yang tinggi dalam bertugas, mohon juga doanya buat kami sekalian disini… Terima kasih

  16. halo bang…apa kabar disana? kami doakan sehat2 selalu ya bang, jaga kesehatan…bang dapet salam dari Bari Dwiyanto pasaribu, dulu katanya abang dudukin sepatunya waktu ke geb maen gaple di 70, huahahahahaha..saya lagi kuliah nih di KIK bang, abis lulus saya menyusul ya bang..

    @ Juliarman : Trims brother, yes gw masih inget beliau satu itu ada kok di FaceBook ku…….. cepat – cepat lulus deh loe di S2 KIK mudah mudahan menjadi teknokrat polisi yag baik….. ditunggu gabungnya hehehhe

  17. Jangan lupa jaga kesehatan ya…🙂

    @ Luigi : Thanks kang… memang cuaca baru butuh adaptasi, sukurnya kami cepat beradaptasi dengan cuaca disini… thanks

  18. Ariefnanto

    pak komandan, sepatu desertnya pake merk apa?

    Oakley Standard Issue Desert Version? Altama? 5.11 XPRT Series? King’s DUZ?

    *mupeng berat liat spatu mode ON*

    @ Arief Nanto : Kalau yang standart pembagian adalah sepatu produksi dalam negeri kok, kata orang logistik Polri diproduksi di Bandung, cukup bagus juga kok.. sama seperti yang dipakai TNI di Lebanon, kalau perseorangan dari kita aja juga yang pakai Oakley , Blackhawk atau yang saya pakai Swat Dessert.

  19. wendy andrianto

    ijin bang.. salam hormat untuk rekan-rekan FPU di darfur ( bang arendra, bang anwar, bang fidelis adik asuh wahyu dll).
    ini alamat e mail saya wendy_kaconk@yahoo.com

  20. wendy andrianto

    mohon alamat email mereka!!
    terima kasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s