ANOTHER FPU SERVICES IN UN MISSION : PORTUGUESE FPU

FPU Portugal sedang berpatroli di Dili, pasca penembakan Ramos Horta oleh Major Alfredo.

FPU Portugal sedang berpatroli di kota Dili, pasca penembakan Ramos Horta oleh pasukannya Major Alfredo.

Sekedar bahan perbandingan buat FPU Indonesia yang akan berdinas di UN mission in Sudan pada bulan Oktober nanti, sepertinya FPU (Formed Police Unit) yang berasal dari Portugal bisa dijadikan acuan buat FPU’ers.

Seorang FPU Portugal melakukan joint patrol dengan Polisi Timor Leste

Seorang FPU Portugal melakukan joint patrol dengan Polisi Timor Leste

FPU Portugal adalah bagian yang tidak terpisahkan dari UNMIT (United Nations Mission in Timor-Leste) yang diberi tugas berat mengawasi ibukota DILI, pusat dari UNMIT, tugas pokoknya adalah mengamankan Seluruh personil UN beserta assetnya, melakukan pengawalan VVIP kepresidenan, dan tugas tambahan lainnya seperti patroli dan penjagaan aset aset UN .

Buat FPUers adalah SUATU KEHORMATAN karena FPU Indonesia juga ditempatkan di EL FASHER yang merupakan pusat dari UNAMID (United Nation African Union MIssion In Darfur), yang artinya keberadaan kita memang diakui UN dan menjadi tulang punggung keamanan di pusat administrasi missi.

FPU Portugal memperoleh penghargaan tertinggi dari Pemerintah Timor Leste langsung melalui Presiden Ramos Horta karena pada tanggal 11 februari 2008 FPU Portugal telah menyelamatkan nyawanya dari serangan pasukan desertir pimpinan Major Alfredo.

Presiden Ramos Horta sedang memberikan penghargaan terhadap FPU Portugal karena berjasa meyelamatkan nyawanya

Presiden Ramos Horta sedang memberikan penghargaan terhadap FPU Portugal karena berjasa meyelamatkan nyawanya

FPU Portugal adalah anggota Portuguese National Republican Guard, adalah satuan Polisi Paramiliter Portugal, atau dalam bahasa Portugisnya : Guarda Nacional Republicana (GNR), GNR ini sudah banyak pengalaman melakukan tugas internasional termasuk di Timor Leste, pada saat ini ada 200 orang GNR sebagi FPU di UNMIT

FPU Portugal berdefile di Dili

FPU Portugal berdefile di Dili

For FPUers, jangan kalah sama FPU Portugal…. ok ?? , siapkan mental dan fisikmu, welcome to Darfur.

7 Komentar

Filed under FPU, Polisi

7 responses to “ANOTHER FPU SERVICES IN UN MISSION : PORTUGUESE FPU

  1. Saya yakin FPU Indonesia tidak kalah dengan FPU Portugal bang, kecuali diajak main sepak bola apalagi kalau ada Cristiano Ronaldo, Sukses selalu bang, Bravo FPU Indonesia!!!!!

    @ hartoyo : Pasti tidak kalah sih, asal jangan diadu main sepakbola hahahhaa………. terima kasih brother

  2. Siap menuju TKP bang!! secara. ..mental dan fisik saya cukup kuat……(kuat segala-galanya, termasuk melatih si udin) thanks infonya…..!! Maju terus Indonesia…jangan kalah sama yg laeeeeeeeen. OK

    @ Pakde : Terima kasih, selamat menjalani ibadah puasa…termasuk puasa si udin juga hahahhaha

  3. GNR, dari banyak cerita kawan2 peacekeepers timorese di UNMIL, memang mereka paling ampuh menangani kerusuhan di Timor selama UNMIT/UNMISET digelar.. pasukan ostrali dan/atau malaysia itu nggak digubris sama sekali oleh si demonstran di Dili.. hingga turun GNR barulah mereka bubar..

    Satu kawan disini punya pacar anggota GNR, dan pernah bertandang ke Liberia saat dia Liburan, memang tinggi besar dan gempal perawakannya.. mahir dengan persentataan dan combat-tactical-expertisenya mesti diakui..

    Yakin, FPU kita nggak kalah kok.. bener, juragan?😀

    @ Domba garut a.k.a Luigi : Mudah – mudahan FPU kita bisa menjadi panutan juga seperti mereka, terima kasih…….. salam buat rekan – rekan di Liberia

  4. ayoo…. jangan kalah dengan Portugal

    @ Itikecil : terima kasih mba, janga sampe alah donk, diupayakan……….:)

  5. Info Kang Luigi bisa sebagai referensi agar FPU-ID bs lebih baik. Keep going FPU-ID

    813 bang dan FPU-ID

    @ Harry : memang beliau itu pengalamannya di missi jauh lebih banyak dari kita, mudah – mudahan menjadi pemicu kita menjadi lebih baik.

  6. kita memang harus banyak belajar dari semangat dan dedikasi pasukan luar yg begitu percaya diri tinggi.perlu dicontoh Dan.saya yakin kita bisa. Bravo

    @ Ketut : Betul Bli, memang modal awal dalam bertugas adalah kepercayaan diri, ingat kata pepatah “man behind the gun” itulah faktor utama dalam bertugas, nanti kita buktikan ok ?🙂

  7. bravozerone

    saya rasa, hebat dan mahir itu hrs didukung juga oleh well equipment. klo soal skill, FPU INDONESIA bole diadu ama fpu laen. sluruh anggota FPU adlh org2 pilihan di masing2 bidangnya. gema FPU INDONESIA di DARFUR SUDAN tidak diragukan lg. silahkan dibuktikan. dan tanya sendiri ama unsur UNAMID. pokoke polisi Indonesia…JAGO !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s