BERMAIN DENGAN GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS) DAN GOOGLE EARTH

Ingin tahu dimana anda berdiri di bumi ini ? Saya memperoleh pengetahuan tentang lokasi tempat saya bertugas sekarang ….. Jauh sebelum saya datang ke lokasinya, contohnya seperti di Port Sudan ini saya jadi gampang mengorientasikan kemana kita kalau mau pergi ke suatu tempat, ke terminal bus atau ke pasar….

catatan : Hotel kita (Bashir Palace Hotel) di 19°36’40.96″N, 37°13’18.43″E, Pelabuhan (dimana barang sebelum diangkut) 19°37’45.79″N, 37°13’12.56″E, Gudang dan kantor kita sehari hari : 19°38’55.92″N, 37°13’37.86″E diperoleh dari GPS.

Thanks, kepada google yang telah meluncurkan Google Earth suatu program online peta dunia berbasis web, awalnya dikenal sebagai Earth Viewer, Google Earth dikembangkan oleh Keyhole, Inc., sebuah perusahaan yang diambil alih oleh Google pada tahun 2004. Produk ini, kemudian diganti namanya menjadi Google Earth tahun 2005, dan sekarang tersedia untuk komputer pribadi yang menjalankan Microsoft Windows dan Linux.

waduuuh tempat kita nanti (El fasher) ….. gurun pasiir…..

Dengan sofware Google Earth yang bisa di download gratis , anda dapat melihat suatu tempat dengan super akurat, bayangkan anda seperti melihat dari 15 meter diatas obyek, bahkan di tempat tertentu seperti di Las Vegas, Nevada dan Cambridge, Massachusetts memiliki resolusi sangat tinggi sampai pada ketinggian 15 cm diatas obyek….. kalau seakurat ini plat mobil kita dari luar angkasa bisa kelihatan dong ….. kereeen……

Nah lebih mantab lagi kalau kita menggunakan GPS (Global Positioning System) dan mencoba mengintegrasikannya dengan Google Earth… setelah kita tahu berapa koordinat yang didapat dari GPS, diintegrasikan dan diberi penanda maka akan tergambarlah letak kita dan itu suatu petunjuk yang sangat akurat bagi pihak lain untuk mengetahui keberadaan kita, sayangnya kalau untuk bisa mengintegrasikan GPS dengan Google Earth, paling tidak harus menggunakan Google Earth plus, yang harus bayar….. tapi kalau anda jeli…. bisa mendapatkan bahkan yang Google Earth Pro di situs – situs underground….. (ngga nyuruh lhoooo….😀 )

My Garmin 60CSx

Ternyata program Google Earth bisa menimbulkan permasalahan, khususnya bagi tempat – tempat yang “sensitif” bagi keamanan negara , seperti:

Bekas presiden India, APJ Abdul Kalam telah membicarakan masalah mengenai ketajaman resolusi gambar di lokasi tertentu di India. Google setuju untuk menyensor beberapa lokasi.

Organisasi Penelitian Luar Angkasa India telah mengatakan Google Earth memunculkan ancaman keamanan terhadap India, dan membicarakannya dengan Google.

Pemerintah Korea Selatan telah membicarakan masalah bahwa peranti lunak ini memberikan gambar istana kepresidenan dan berbagai instalasi militer yang dapat digunakan oleh negara tetangganya, Korea Utara.

Tahun 2006, seorang pengguna menemukan sebuah repilka topografi besar di daerah remote di Cina. Model tersebut merupakan versi skala kecil (1/500) dari Pegunungan Karakoram, sebenarnya berada dibawah kontrol Cina tetapi diklaim oleh India. Setelah diketahui sebagai replika, masyarakat mulai membicarakan implikasi militer tersebut.

Area 51 yang berbasis di gurun pasir Nevada dapat terlihat jelas, tanpa pengaburan apapun. Landasan pacunya dan bahkan pesawatnya terlihat, tetapi sumber menyatakan bahwa pemerintah mengetahui semua satelit fotografi di sana, dan personil diinstruksikan untuk menjaga teknologi vital apapun dan bertahan sepanjang waktu apabila seseorang di dekat basis tersebut.

Penyedia Internet utama Maroko, Maroc Telecom telah memblok Google Earth sejak Agustus 2006 tanpa alasan apapun.

Operator reaktor nuklir Lucas Heights di Sydney, New South Wales meminta Google untuk menyensor gambar beresolusi tinggi di fasiltas tersebut. Bagaimanapun, mereka kemudian mencabut permintaan tersebut.

Bulan Juli 2007, dilaporkan bahwa kapal selam misil balistik nuklir Kelas Jin angkatan laut Cina tertangkap gambarnya di Basis Kapal Selam Xiaopingdao di selatan Dalian.

Bulan Oktober 2007, The Guardian melaporkan bahwa Teroris Arab menggunakan Google Earth untuk merencanakan penyerangan roket Kassam-nya ke Israel.

Inilah yang menjadi dilema bagi Google Earth, sudah merupakan hak semua orang didunia bebas menggunakan fasilitas ini untuk mengetahui dimanapun tempat yang ingin ia ketahui, apakah kita mau menyalahkan teknologi karena terciptanya Google Earth ?


Penggunaan GPS dengan menggunakan petunjuk beberapa satelit yang diarahkan kepada alat GPS kita, minimal kita berhasil melacak keberadaan 6 buah satelit melalu GPS, lalu didapat koordinat kita.

Kepada FPU ers …. mulai sekarang dibiasakan lagi menggunakan GPS yaaa….. GPS sekarang sudah terintegrasi dengan build in peta, dan dalam medan gurun sangat baik menggunakan GPS karena tidak ada titik tanda sebagai patokan…. semua nampak sama…. selamat mencoba….

(Sumber : wikipedia)

12 Komentar

Filed under Darfur, FPU, Polisi, polri, sudan, UNAMID

12 responses to “BERMAIN DENGAN GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS) DAN GOOGLE EARTH

  1. memang google earth ini jadi punya dua sisi ya pak….. saya bisa tahu detil rumah gebetan saya dengan jelas😳 tapi di sisi lain ada kemungkinan juga bisa dimanfaatin oleh teroris ataupun pihak lain yang ingin menyerang negara tertentu.

    @ Itikecil : kalau boleh tau berapa koordinat rumah mba ?…. biar saya intip dari sini hahahaha……….

  2. Saya paling betah kalo jalan2 dengan Google Earth, Ya…meskipun tak semua area dapat di exsplorasi sesuai keinginan kita, Pasalnya yang kita lihat hanya foto bukan Live Show menyaksikan kondisi dunia saat ini, belum lagi gedungnya yang tidak update….terbayang berapa trilyunan bangunan yang harus dimodifikasi oleh designernya. Lucunya lagi saat searching tempat tinggal saya sendiri, saya coba arahkan ke sungai, eh malah sungainya kering. Karena masih penasaran juga, akhirnya saya coba akses langsung tanpa terhubung dengan internet. ternyata bisa dilakukan juga. Kesimpulannya itu hanya peta dan tidak update. Tidak percaya? coba check saat malam di Indonesia. Apakah lokasinya gelap juga. Jawabannya semua pasti terang benderang.

    Saya belum pernah nyoba…dengan google earth plus….apakah kondisinya sama?? Ada yang bisa share pengalaman ini?

    Saya hanya berhayal andai saja bisa live show. Mungkin saya dapat menyaksikan siapapun di manapun untuk saya lihat seperti spy cam. Tentunya akan lebih asyik. Untung Google Earth tahu persis demi keamanan semua pihak konsepnyapun seperti yang kita lihat sekarang. Tak ada live Spy Cam. Boleh jadi mungkin karena Bulan Oktober 2007, The Guardian melaporkan bahwa Teroris Arab menggunakan Google Earth untuk merencanakan penyerangan roket Kassam-nya ke Israel. Otomais membuat resah banyak pihak.

    Baiknya teknologi yang diciptakan bukan untuk merusak atau menakut-nakuti beragam pihak, tapi dijadikan sebagai misi untuk mebentuk perdamaian dunia. Meskipun tak semua kepala dapat sependapat dengan pernyataan ini.

    @ Pakde : mengenai gambar bumi di google earth memang statis dan setahu saya di update dalam periodik beberapa bulan sekali, mengenai persoalan “keamanan negara” memang masih jadi perdebatan panjang dari pihak penyedia Google Inc dan masyarakat pengguna, terima kasih………

  3. google earth memang sangat bermanfaat loh.., saya pernah coba melihat tempat tinggal saya tapi kurang begitu jelas resolusinya memang benar disisi lain juga banyak di salah gunakan sebagai spionase digital oleh musuh

    btw ada juga anggota polisi yang punya blog yach.. blognya keren juga euy..

    salam kenal bung…

    @Parta : memang resolusi di tiap daerah berbeda, itu masih lumayan kalau kurang baik resolusinya… yang parah kalau tertutup awan seperti daerah saya di Jambi…. mau diapakan juga tidak bisa kelihatan… Trims sudah mampir….

  4. bang, FPU indonesia kapan berangkat???

    @ piko prayogo : ini masih menunggu barang sampai semua di Final Destination El Fasher, baru kita berangkat semua….

  5. NICE SOFTWARE! Google earth memang alat yang super canggih, saya dapat melihat rumah di kampung walaupun hanya kelihatan gentengnya. betapapun Google earth dapat dijadikan sarana pengobat rasa kangen. Mungkin jika diakses dari Darfur gambarnya lebih bagus dan jelas ya nDan,… Met bertugas Komandan, Sukses di masa lalu, kini, dan sukses di hari depan!

    @ Hadiyanto : memang mas … itulah harapan saya …. namun lebih baik lagi kalau gambar dunia nya terus di update…. terima kasih..

    Btw : Portal Brimobnya nya makin hari makin baik aja.. kereeennnn……….

  6. keboiwa

    memang setiap teknologi pasti ada pro dan kontra-nya, begitu juga dgn teknologi satelit. GPS yg di kembangkan oleh dephan AS memang sudah jadi bagian dari kehidupan manusia di bumi ini. utk mengurangi ketergantugan teknologi satelit dari AS, eropa juga mengembangkan Galileo, China dgn COMPASS-nya, Rusia dgn Glosnass, dan India dgn IRNSS-nya.
    kayaknya setiap negara besar udah berlomba dgn teknologi persatlitannya guna mengurangi ketergantungan dari AS dan khususnya yg menyangkut militer.

    Memang Indonesia udah mulai dgn satelit nanonya (hmmmm……nunggu hari baik)yg hingga sekarang masih ngadat karena masalah dana dan kekurang terpaduannya research tentang teknologi dan informatika di dalam negeri dan di tambah kurangnya minat dari petinggi bangsanya. capek…

    utk sementara waktu mau tidak mau karena saya tinggal di eropa ya masih trgantung dgn teknologi satnav yg menggunakan gps yaitu TOMTOM, yg menjadi teman dekat di setiap perjalanan.
    met tugas mas..

    @ Keibowa : Terima kasih infonya ………..

  7. dwi handoko

    waduh canggih tuh alatnya,kami di sini pun ada pelatihan gps dan teropong malam tapi sayang cuma satu hari.itu pun dilaksanakan malam hari karena gabung dengan pelatihan teropong malam,saya juga pernah coba google earth nya mantap memang BUMI terasa kecil.
    (satu pertanyaan komandan.dengar dengar kendaraan pengangkut logistik kita terhenti.kalo boleh tau di mana dan masih berapa kilmeter lagi ke tujuan? terimakasih komandan.semoga kita bisa cepat menyusul ke sana biar komandan gak kesepian hehehehhe bertiga aja kayak AB THREE hhehhehe.)

    selamat bertugas komandan
    FPU I tetap SEMANGAT Merdeka

    @ Dwi Handoko : jangan kuatir mas, kita tetap semangat ……….

  8. Ariek

    Ndan, FPU-ers udah training GPS. Rabu minggu lalu… sampe jam 21.. skalian praktek Night Vision… di Ancol (he he)

    @ Ariek : Ok mas, ditunggu disini……… hahahha

  9. Indra

    Mksh bwt info-nya…
    Informasi yg sy dpt, katanya GoogleEarth akan diupdate bila terjadi isu global di daerah tsb, semacam gempa bumi atau bencana alam. Terbukti kalo di Aceh spt-nya up to date… tapi kompl. rmh saya yg sdh 3 thn berdiri msh berupa tanah kosong😦
    Saat ini sy mulai menggunakan GPS, terutama kl pergi ke Jakarta🙂 Sy pikir hrs mulai dimasyarakat-kan… biar bangsa kita tdk tersesat😀
    Slmt bertugas bwt rekan2 disana, sukses selalu. Thx

    @Indra : Terima kasih sudah mampir di blog saya, terima kasih juga infonya, setahu saya peta di bumi selalu di update , heheheh asalkan pake auto update menggunakan google earth yang bayar🙂 kalau menggunakan GPS base on peta Indonesia sudah bayak sekali memang, bisa juga di donlot dan di integrasikan ke GPS kita………….

  10. Gufroni AR LM

    Kita patut bersyukur dengan bekal akal dan ilmu yang dimiliki manusia, kita dapat menjalani kehidupan di dunia ini dengan lebih baik. Tidak terhitung kenikmatan yang sudah dan akan kita dapatkan di dunia ini dengan kemajuan budaya manusia, sepatutnya kita berterimakasih pada Allah SWT kita sudah diizinkan untuk menikmati itu semua. Semestinya Amerika dan negara yang punya satelit bangga bisa beramal lewat teknologi yang dimilikinya bisa dimanfaatkan oleh orang orang di seluruh dunia. Begitupun negara yang memanfaatkan teknologi tersebut bisa menggunakannya untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia. Mari kita hilangkan rasa saling curiga, dengki dan kita bangun rasa saling menyayangi antar umat manusia sehingga dapat tercipta dunia yang damai, amin.

  11. DEDET

    GOOGLE EARTH juga sebenarnya merupakan kumpulan warna yang memiliki arti (gradasinya menunjukkan posisi dan elevasi) hal ini akan nampak bila kita memadukan Google Earth dengan software berbasis Land Development. Akan dapat diimpor surface (berisikan kordinat EASTING, NORTHING dan ELEVATION) sehingga gambaran topografi rupa bumi dapat disajikan. Hanya sayang Google Earth saat ini memiliki keterbatasan, yaitu hanya memberikan data detail pada lokasi tertentu dan tahun tertentu pula. Biasanya yang detail adalah daerah yang berada dalam kotak kabur, sementara diluar itu, bila diperbesar akan sangat kabur gambarnya/pecah. Selain itu penampakan awan putih kadang sangat mengganggu identifikasi wilayah. Google Earth juga menurut pengetahuan saya pada tempat-tempat tertentu (umumnya bukan kota besar) tidak dapat memetakan elevasi sungai sungai yang berada didarat, walaupun penampakan udara sebenarnya sudah cukup memberikan informasi posisi sebuah sungai, akan tetapi kontur yang dibuat merupakan idealisasi dari kontur global disekeliling sungai tersebut, jadi jangan berharap mendapatkan sebuah lubang atau sumur dari google earth saat ini. Yah solusinya tidak lain adalah dengan menggunakan GPS…tapi jangan GPS Genggam yang akurasinya hanya 3-4 meter..gunakanlah GPS Geodetik L1/L2 atau RTK untuk memberikan posisi yang akurat..
    Semoga bermanfaat.

  12. Erwin

    saya lg berupaya mencarikan umber airbersih untuk wilayah bagian atas dari pulau samosir, dapatkah bapak menbantu saya dengan peta hidrologi samosir dan juga peta peta pendukung lainnya..terima kasih.
    hormat saya
    erwin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s