HARI – HARI DI PORT SUDAN IV: METAFORMOSA

Sudah lebih sebulan kami di Sudan, rasanya sudah lebih mengenal budaya orang sini, belajar bahasa Arab, belajar makan makanan mereka, ini semua dalam kaitan SURVIVAL bagaimana kita bisa menyesuaikan diri sedekat mungkin dengan orang disini…. hmmmmh apa ya yang belum..? oooh belum lengkap rasanya kalau belum berpakaian seperti mereka….

sudanese

Mereka berpakaian memakai Gomis, yaitu kain putih saja yang dijahit sampai mata kaki… pembuat baju Gomis ini ada di sekitar pasar …. para penjahit ini menggelar seluruh peralatan menjahitnya di trotoar, dan memajang hasil jahitannya di tembok – tembok. Sampai pada satu saat kami berkesempatan untuk menjahitkannya… di sana harga sudah paket termasuk kain dan ongkos jahit………dan ikutilah kisahnya :

nawar

Om nawar donk…. berapa sih harga bikin gomis…? jangan mahal mahal yaaa…

ukur

Ok gampang mas… sini sini .. tak ukur dulu….. walah…. si mas bikin saya rugi ajah… kainnya butuh banyak niiiih…..

tukang jait

Ok ane kerjaiin dulu yah… besok ente dateng aja… dengan syarat … ngga boleh ngutang …..

metaformosis

Nah… jadi deh….. halah… tetep aja ngga sama kaya orang Sudan,,,,, tapi jangan kuatir kita paling tidak sudah ber “metaformosis” … tunggu beberapa bulan lagi… pasti ngga ada bedanya hahahaha…

jamuan

Inilah sang ‘metaformosis”…. menunggu makan malam karena kelaparan……. *enak juga pake gomis, dingin…. dan gendutnya ngga keliatan* ha ha ha…..

9 Komentar

Filed under FPU, Polisi, polri, UNAMID

9 responses to “HARI – HARI DI PORT SUDAN IV: METAFORMOSA

  1. Roganda

    ( Ijin tertawa… ) Huahhaahhaaa…😀 Siap salah sayeed.. Lucu sayeed.. Hahahaa…

    Tadinya kami hanya ikut defile, tetapi di hari terakhir geladi bersih, FPU diminta “tampil” di Parade karena bagus, Komandan. Doakan komandan, tidak ada yg salah atau sampai tumbang. Apalagi sudah didampingi si Putih V-GOR. Salam Brigade..

    @ Roganda : ok semoga sukses….. Brigade !

  2. huahahah. lucu juga pake gomis gitu bang..
    bole dibawain 1 gak tar pas pulang ke Indo?
    mau aku combine dgn ULOS🙂

    @ Lidya: ngga nyambung atuuuuuh…… masa digabung dengan ulos ?????

  3. keren pak… dah mirip kayak orang sana😆

    @itikecil : belum sepenuhnya sih…… kulitnya belum terlalu item hahaha………..

  4. mardiaz

    waduh keren juga bang, tapi metarmofosis jangan keterlaluan ya bang, cukup pake bajunya aja ya, jangan keterusan, hehehe, takutnya………………

    @ Mardiaz : salah kamu Az, kalau mau survival ya harus metaformosis, seperti bunglon lah hahahaha…..

  5. Cylke

    Wooooow!!! Keren juga abang kita pake Gomis… :)) no further comments laaah… hahahaha…

    @ Cylke : hayooo mau komment apa niiiiiih he he he………….

  6. keboiwa

    weh koq pake baju daster mas…emang sarungnya udah pada bolong kekekekeke

    @keboiwa : memang begini pakaiannya disini hahahaha………… adem ….

  7. Hendra Setiawan

    mau ikut komentar ya Pak (Bang..?),
    wah soal metamorfosa memang harus, kalo nggak salah itu bisa dikatakan sebagai local win ya Pak. Tapi bukan dalam arti penaklukan atau occupied seperti tentara AS ya. Harus sbg satu upaya agar POLRI bisa lebih mencair di sana shg tugas2nya mj “ringan”.

    Hebat Pak

    Hormat saya,

    Hendra Setiawan
    Police lovers

    note : kalo boleh minta pin FPU POLRI ya…

    @hendra_setiawan : terima kasih mas, metaformosa disini adalah mencoba bergaya hidup lokal, dari pakaian sampai adat istiadat🙂 walah mas, okupasi ? punya apa FPU Indonesia ? masih lebih hebat senjata para milisi………..😀, pin ??? ok mas … tapi pas balik tahun depan yaaaa….. tak kasih kaosnya sekalian……

  8. si Syeikh …. enak tuh tukang jahitnya, tinggal lurus kalau jahit, saya senang kalau jahitnya lurus-lurus aja😀 cepat selesainya =))

    @ auliahazza : memang sih jahit gomiz begini ngga susah …. soalnya lurus – lurus aja😀

  9. marten agung wiajaya

    hebat yah bapak-bapak semua, semoga sepulang dari sana yang semula shalatnya senen kemis jadi senen sampe senen lagi amin , cuti kemana nich, umroh atuh apa naik haji sekalian.

    @ Marthen: Terima kasih sudah mampir di blog saya… untuk sementara cuti di Indonesia dulu deh…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s