BOM BUNUH DIRI, APAKAH BENAR TERMOTIVASI KARENA AGAMA ?

Beberapa waktu ini ramai sekali para blogger Indonesia membicarakan film “FITNA” , karya Wilder…. saya sendiri sudah men-download file .lv nya melalui YouTube… Kita tidak dapat mengingkari memang semua kejadian di dalam film yang berdurasi 17 menit adalah hal – hal yang memang “benar” terjadi, tapi ada yang terlupakan oleh Wilder… dia menggeneralisasi seolah – olah semua perbuatan yang dilakukan segelintir orang dan dianggap “mewakili” semua umat…..

Dalam scene pertama ditayangkan beberapa tayangan yang dikaitkan dengan penyerangan “bunuh diri” yaitu di Ney York (WTC), London dan Spanyol semua menggunakan sarana “BOM BUNUH DIRI” kecuali peristiwa WTC yang “BOM” nya adalah “pesawat yang ditumpangi”…

Saya jadi teringat sewaktu membahas masalah terorisme dalam forum diskusi di COESPU, kami pada waktu itu diperintahkan membuat makalah tentang terorisme, kebetulan rekan satu sindikat saya adalah seorang Militer Pakistan bernama capt. Munir Noman…. Ia bercerita di negaranya banyak sekali peristiwa “BOM BUNUH DIRI” bahkan nyawanya hampir melayang dalam sebuah insiden tidak berapa lama sebelum berangkat ke sekolah ini…. Kami berdua membuat suatu makalah mengenai terorisme dan akar permasalahannya, dan ada yang menarik dari makalah ini … dan dihubungkan juga dengan pernyataan Wilder yang mendiskreditkan “Agama Islam” sebagai sumber dari segala teror yang menganjurkan orang untuk melakukan “BOM BUNUH DIRI”, apakah benar BOM BUNUH DIRI TERMOTIVASI KARENA AGAMA ?

Berikut ini kita kita memahami dulu apakah pengertian SUICIDE BOMBING/BOM BUNUH DIRI…..

Similar to other manifestations of terrorism, suicide bombing aims at destroying or damaging a specific target. However, in most cases, the real intention is to create an atmosphere of terror.

Bersamaan dengan tujuan dari terorisme, bom bunuh diri bertujuan untuk merusak dan menghancurkan target tertentu….Meskipun demikian dibanyak kasus, tujuan sesungguhnya adalah menciptakan suasana teror…

As the terrorists perceive it, public pressure in the wake of this collective anxiety should also be translated into political gains.

Seperti juga yang dirasakan oleh kelompok teroris, kecemasan yang ditimbulkan akan menimbulkan tekanan publik dan akan berubah menjadi tekanan politik….

The principal difference between suicide bombings and other types of terrorism (including earlier manifestations of suicide terrorism), is embedded, in a tactical perspective.

Perbedaan mendasar dari BOM BUNUH DIRI dan jenis terorisme lainya (termasuk manifestasi awal dari terorisme bunuh diri) adalah melekat pada prespektif taktikal.

The terrorist’s death, by means of the detonation of an explosive charge, is an integral part of the execution of the operation and constitutes an essential condition of its success.

Kematian seorang teroris akibat dari detonasi bahan peledak, adalah bagian yang tidak terpisahkan dari eksekusi operasi dan merupakan kondisi yang paling menentukan dari kesuksesan (operasi) tersebut.

APAKAH BOM BUNUH DIRI DIMOTIVASI OLEH AGAMA ATAU BUDAYA ? (lihat data berikut, jumlah peristiwa bom bunuh diri dibandingkan organisasinya)

data

Ternyata BOM BUNUH DIRI tidak karena fenomena tunggal Islam seperti dilansir banyak orang dan Wilder….

Kelompok Tamil Elam (LTTE) yang sampai saat ini melakukan “SEBAGIAN BESAR” penyerangan BOM BUNUH DIRI adalah Organisasi Tamil Radikal.

Kelompok Fatah di Palestina utamanya adalah kelompok Nasionalis.

Kelompok Kurdi (PKK) di Turki adalah kelompok Marxist Leninisme.

JADI KESIMPULANNYA : Faktor Agama tidak dapat dikatakan sebagai variabel independen…..

 

APAKAH BOM BUNUH DIRI ADALAH FENOMENA DARI SEBUAH ORGANISASI YANG RASIONAL ?

Recent studies in the field treat leaders of terrorist organizations as rational actors and the suicide bombing phenomenon as a strategy or a tactic.

Studi terbaru mengatakan, pimpinan organisasi teroris di lapangan adalah aktor intelektualnya dan fenomena pelaku bom bunuh diri adalah bagian dari taktik dan strateginya.

95% of suicide attacks worldwide were initiated by organizations. The organization will use this strategy only as long as it serves its purpose.

95 % dari serangan bunuh diri di dunia melalui inisiatif dari organisasi, organisasi tersebut akan menggunakan strategi ini sepanjang dibutuhkan.

In order to carry out a successful suicide campaign there is also a need for individuals who will perpetrate the acts and a community which will support them.

Dalam rangka mendapatkan sukses kampanye bunuh diri, dibutuhkan orang – orang yang akan melakukan aksi tersebut dan komunitas masyarakat yang mendukung mereka.

Hence, the organizations make efforts to glorify suicide missions and to instill a ‘culture of death’ within the community.

Dengan itu, organisasi tersebut melakukan segala upaya untuk meng-agungkan misi bunuh diri dengan memasukkan “budaya kematian” dalam komunitasnya……..

KESIMPULAN

Apakah Wilder benar ? tentunya tidak bukan ?

 

*QUIZ*

Siapakah pelaku serangan bunuh diri pertama kali di dunia ???? jawabannya akan saya taruh di comment….

10 Komentar

Filed under teroris

10 responses to “BOM BUNUH DIRI, APAKAH BENAR TERMOTIVASI KARENA AGAMA ?

  1. postingan yang mencerahkan. harusnya fakta seperti ini ditunjukkan juga ke si Wilder itu pak. bahwa bukan Islamnya yang salah, tapi orang-orang dibalik serangan bom itulah yang salah.

    Siapakah pelaku serangan bunuh diri pertama kali di dunia ???? jawabannya akan saya taruh di comment….

    nyerah pak *ngibarin bendera putih*

  2. JAWABANNYA :

    SAMSON (SUAMINYA DELILA)……. IA PERTAMA KALI MELAKUKAN AKSI BUNUH DIRI DENGAN MERUBUHKAN TIANG BANGUNAN PADA SAAT BANGSA FILISTIN SEDANG MELAKUKAN PESTA (IAPUN TURUT TERKUBUR DALAM BANGUNAN TERSEBUT)

  3. jibou

    beneran tuh pak si samson yg bunuh diri pertama?😀

    :Peace:

    @ Jibou : kalau berdasarkan History kemungkinan besar iya, karena tidak ada tercatat serangan bunuh diri sebelum Samsaon, bukannya sejarah adalah segala sesuatu yang tercatat ?

  4. Analisis yang bagus, semoga bisa memberi kontribusi bagus bagi seluruh umat manusia agar jangan selalu meng-kambing hitamkan Islam.
    Jelas terbukti dari grafik diatas bahwa aksi aksi bom bunuh diri baik yang dilakukan oleh Kelompok Tamil Elam, kelompok nasionalis Palestin, kelompok “Islam militan” dsb adalah sebuah REAKSI ketidak adilan yang mereka rasakan
    jadi perlu digaris bawahi bahwa mereka hanya REAKSI bukan AKSI.

    Terima kasih atas informasi ini…

    ISLAM BUKAN TERORIS

    @baguscokie : Terima kasih sudah berkunjung……….. memang demikian kenyataannya, kalau mau bisa digunakan sumber tulisan saya di blog anda untuk mempertegas……. data nya valid kok………

  5. Ping-balik: MOTIVASI BOM BUNUH DIRI « TIADA KEMULIAAN TANPA ISLAM

  6. Serangan bom bunuh diri kelompok teroris di abad modern dipelopori oleh Hezbollah. Satu truk bermuatan TNT ditabrakkan ke markas intelijen Israel di Tyre, Lebanon, tahun 1982. Peristiwa ini menewaskan 76 personel keamanan Israel.

    Tahun berikutnya (1983) truk maut Hezbollah kembali beraksi meruntuhkan Kedubes AS, barak marinir AS dan pasukan payung Perancis di Beirut, ibu kota Lebanon. Menewaskan 241 prajurit AS, 56 pasukan elite Perancis, dan ratusan cedera.

    Peristiwa ini memaksa AS dan Perancis menarik pasukannya dari Lebanon. Sejak itu pula serangan bunuh diri menjadi senjata pamungkas kelompok teroris. Israel dan sekutunya melempari kami dengan besi. Kami membalasnya dengan api, ujar Hussein Fadllah, pendiri dan pemimpin spiritual Hezbollah, dalam wawancara khusus dengan Kompas di Beirut akhir tahun 1980.

    Dengan kata lain, serangan ini merupakan bentuk pembalasan dengan menggunakan api (bom). Pembalasan itu sendiri lahir dari kombinasi dendam, rasa terhina, dan kebencian. Itu sebabnya harus maksimal, menimbulkan luka sedalam-dalamnya, hingga berbekas secara permanen.

    @izulthea: Terima kasih atas info tambahannya… inti dari tulisan ini adalah janaganlah kita mengaitkan suicide bomber sebagai ajaran suatu agama tertentu………. ini lebih kepada tujuan politis kelompok tertentu…… agama apapun itu…

  7. Secara naluriah seorang ibu akan mengindarkan anaknya dari ancaman seekor ular, tapi apakah kita akan menyalahkan sang ibu walaupun kita tahu bahwa sebenarnya ular tersebut adalah jinak dan tidak berbahaya?

    Saya tentu tidak sependapat kalau bom bunuh diri SELALU dikaitkan dengan agama Islam, tetapi saya tidak menyalahkan kalau banyak fihak yang berfikir demikian.

    Mungkin karena kita beragama sama dengan sang teroris maka membuat kita bekerja keras membuktikan bahwa aksi jahanam ini bukanlah ajaran kebenaran Islam sejati. Karena banyak dari kita enggan untuk membantu keluarga keturunan PKI dalam mengungkap kebenaran agar mereka tidak lagi dikesampingkan, karena kita bukan bagian dari mereka.

    Generalisasi ini tidak jauh berbeda dengan cara kita mendeskreditkan mereka yang berasal dari keturunan keluarga PKI, karena mereka punya latar belakang biologis yang sama. Melihat kecocokan latar belakang sebagian besar pelaku bom bunuh diri di seluruh dunia, saya secara pribadi tidak menampik bahwa dalam banyak aspek faktor agama kerap dijadikan alasan.

    Saya sadar bahwa saya perlu lebih waspada akan pengaruh buruk teroris pada anak saya dibandingkan anak pak Petrus tetangga saya satu bu Ketut sahabat saya. Kesadaran inilah yang menuntun saya untuk mengajarkan pada anak saya keseimbangan persepsi dalam agama(terlepas itu benar atau salah) dan betapa indahnya perbedaan, dengan harapan dapat mencetak generasi yang lebih damai di masa depan.

  8. anonim

    “Tugas kamu adalah melakukan apa yang diparintahkan. menolak ataupun kabur, maka keluargamu akan binasa”. isi kalimat diatas (dan bentuk kalimat ancaman lainnya) sering kita dengar dan lihat di film2 ataupun sinetron2 di televisi……
    mungkin ngga ya, kalau terorists (dari kalangan manapun mereka berasal) melakukan motif yang sama dalam aksi terrornya???

    • juwitamore

      baru pertama aq baca blog yg sangat ok banget.menurut aq bom bunuh diri cara yg akurat untuk mencapai sasaran tp sayangnya mengatas namakan islam itu kurang pas dlm agama islam.kebetulan aj yg ngebom orang islam coba kalau agama lain pasti yang disalah kan agamanya.

  9. Re, recently there was a bomb blasting in Cirebon. I believe if you write about the incident , the writing will be interesting and breath taking since you will analyze it till clean. Am waiting ..

    Peace of all.
    ^_^ budospol.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s