SAYA PASTIKAN, KPK MEMANG BERSIH DALAM MENEGAKKAN HUKUM

kpk

Lho kok saya bisa punya pendapat begitu ? apa sudah tahu bagamana tatacara kerjanya ? apakah benar – benar dijamin tidak ada penyimpangan dalam melaksanakan tugas memberantas korupsi di Indonesia ini yang sudah mendarah daging ??? Apakah personal KPK dapat dijamin ‘kebersihannya’ dalam menangani kasus korupsi ? Jawaban saya memang begitu, no doubt ….. berdasarkan pengamatan saya terhadap rekan – rekan kepolisian yang bertugas di KPK saya tidak ragu mengatakan begitu… kenapa ? Petugas KPK mempunyai ‘internal affair’ yang sangat ketat, mempunyai ‘rule’ yang sangat tegas untuk menghindari terjadinya penyimpangan yang dilakukan oleh setiap penyelidik, penyidik, penuntut dan Hakim yang bertugas di lingkup mereka. Misalnya :

1.Setiap anggota KPK dilarang dengan tegas bertemu dengan pengacara, tersangka ataupun saksi yang sedang disidik di luar kantor KPK, misalnya apabila mereka mengajak makan siang, main golf atau apapun tidak boleh, selain di kantor KPK. 2. Setiap anggota KPK secara pribadi berkurang kebebasannya….., karena mereka selalu dimonitor uang tabungannya, teleponnya disadap sewaktu – waktu baik telepon rumah maupun HP nya, juga kehidupannya dimonitor oleh ‘internal affair’nya KPK. 3. Setiap TIM KPK turun ke daerah dalam rangka penyelidikan maupun penyidikan selalu ada tim ‘Internal Affair’ yang mengikuti. 4. Setiap penyelidik dan penyidik KPK selalu bekerja dalam Tim, jadi tidak ada menemui sendiri – sendiri calon tersangka atau saksi.

Sekarang bagaimana tentang sinyalemen orang banyak ‘tebang pilih’ atau ‘politisasi kasus’ yang dilakukan oleh KPK ? Menurut saya kecil kemungkinannya… kenapa ? Setiap team penyidik KPK sebelum melakukan penyidikan, terlebih dahulu melakukan penyelidikan yang mendalam berdasarkan informasi yang disampaikan oleh masyarakat, semua perbuatan melawan hukum yang dilakukan calon tersangka, berikut alat bukti yang bisa ditemukan di tracking…… Sampai team itu merasa yakin bahwa kasus itu bisa diajukan, mereka lalu mengajukan proposal kepada anggota KPK (7 orang), mereka mengadakan paparan tentang kasus tersebut (semacam fit and proper test) dan mempertahankannya, setelah semua angota KPK setuju, baru kasus itu dimulai ke tahap penyidikan. Prinsip KPK adalah : ‘sekali layar terkembang pantang kembali lagi……’ jadi memang tidak pernah ada kasus korupsi yang berakhir dengan dihentikan penyidikannya, artinya apabila dilakukan penyidikan terhadap seorang tersangka koruptor, kasus korupsi itu harus berakhir dengan ‘kekuatan hukum yang tetap’ berdasarkan keputusan hakim, dalam artian si tersangka menjadi terdakwa dan pasti akhirnya menjadi terpidana……… Jadi jangan heran, kalau ada tersangka sampai di tahan oleh KPK (tidak pernah ada sejarah KPK menangguhkan penahana tersangka)…..artinya, itu sudah melalui tahap yang sangat panjang dalam mengumpulkan alat bukti kasus korupsi si tersangka dan pastinya si tersangka tidak bisa mengelak lagi dari alat bukti yang di ajukan…. dan hampir dipastikan koruptor itu akan menjadi pesakitan dalam penjara. Tapi semua jerih payah dan usaha mereka dihargai dengan gaji yang sesuai….. para penyidik KPK rekan saya selain masih mendapat gaji dari POLRI mereka mendapat insentif juga dari KPK yang berada dalam kisaran 25 juta sampai 30 juta rupiah per bulan…… Jadi kesimpulannya : Kalau aparat penegak hukum mau bekerja secara optimal, yah musti ditiru cara kerja dan jaminan kesejahteraan seperti lembaga KPK……. Bisa ngga ya ?

9 Komentar

Filed under hukum, Publik

9 responses to “SAYA PASTIKAN, KPK MEMANG BERSIH DALAM MENEGAKKAN HUKUM

  1. KPK sebenarnya adalah salah satu harapan untuk proses pemberantasan korupsi di Indonesia. Saya berharap semoga kode etik yang sudah ada ini tidak pernah diubah.

    @ itikkecil : Mudah – mudahan mbak… karena ada pepatah : “powers tend to corrupt…..” jadi kekuasaan yang tanpa batas ini bisa merubah perilaku seseorang … tapi ini telah dijawab mantan ketua KPK pak Ruki dengan menyerahkan kepemimpinan KPK kepada Pak Antasari…. saluuut

  2. semoga saja KPK memang bisa menjadi contok untuk lembaga lainnya

    @ mimie : amiiiin… kita dukung KPK…..

  3. Bang Rere, ini info bagus. Serius. Top bgt deh. (*walopun saya jadi nanya, siapa yang mengawasi ‘internal affair’ KPK?, hehe*)

    BTW, kalau boleh request, minta ulasan UU dan Pelaksanaan Unit Cyber Crime, dong. Beberapa bulan terakhir ini, saya coba kontak JKT untuk info ini, sayang susah didapatnya. Barangkali saja Bang Rere bisa membantu. Terimakasih euy.

    Oh ya, tadinya, saya kira nama belakang Bang Rere ini adalah Golose. Sebab salah seorang anggota den-88 (Pak Petrus) nama tengahnya juga Reinhard. Hehe.

    @ bang aitop : yang saya dengar salah satu dari 7 anggota KPK yang membawahi ‘internal affair’ , he he… memang kebetulan nama saya ada juga di nama pak Petrus Reinhard Golose, beliau mantan komandan kompi sewaktu di taruna AKPOL, kalau mengenai unit cyber crime coba lihat di tulisannya pak Petrus : PERKEMBANGAN CYBERCRIME DAN UPAYA PENANGANANNYA DI INDONESIA OLEH POLRI atau kunjungi situs Cyber Crime Polda Metro, thanks kang… kapan balik ke cilincing ? warga Marunda, Cilincing, Kalibaru dan Sukapura menunggu abang niiih……

  4. Selamat sore Komandan!
    Mohon ijin. Blognya sudah kami Link di halaman utama. Mohon berkenan link balik, Thanks

    @ Brimob : Ok, segera di link-kan….. sukses selalu…..

  5. syamsuwirsiddiq

    Saya sependapat dengan Bapak, untuk meningkatkan integritas aparat penegak hukum, harus dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan, pengawasan dan moral.

    @ syamsuwirsiddiq : Terima kasih pak, mau nya sih begitu…. tapi kapan ya ? ha ha ha

  6. Hmm… siapa yang mengawasi internal affair?

    @ Rendra : ha ha ha…. yang pasti mereka bekerja serius…. soalnya mereka membawa nama KPK juga

  7. manteb nih… ada polisi melek internet…
    artikelnya bener2 enak di baca, kayak ngebaca tulisan orang2 IT aja, padahal ini polisi… biasanya tulisan polisi pake …………..nama…………………..
    tempat kejadian………………. dlll
    sukes terus nih.. kapan berangkat…? tadi sih lihat pasukan di kelapa dua udah pake baju warna krem plus baret biru PBB.. keren..

    belajar trading options mas, buat modal di darfur… dari pada nunggu gaji naik
    mending usaha sendiri.. ha ha ha

    @ hence : Terima kasih mas, satu satu urusann dulu diselesaikan hehehhe………..

  8. Alberto Manihuruk

    Kapan pihak Kejaksaan dan khususnya Kepolisan berbenah untuk menangani masalah korupsi di Indonesia? karena pada dasarnya pembentukan KPK dilatar belakangi oleh pandangan bahwa pihak Kejaksaan dan Kepolisan dianggap belum mampu dalam menangani kasus korupsi secara serius, jika pihak Kejaksaan dan Kepolisan telah dianggab benar2 mampu untuk menangangi masalah korupsi, maka secara otomatis KPK tidak perlu lagi. Jadi berbenah dirilah pihak Kejaksaan dan Kepolisan…

  9. tahun 2010 pak.
    Selamat bertugas🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s