SERAGAM BARU KHUSUS FPU INDONESIA DI DARFUR

22022008971.jpg

Ini adalah hasil survey saya pada bulan Oktober 2007 ke Darfur dalam menyiapkan kontingen FPU Indonesia untuk diberangkatkan. Pada saat itu saya, komandan kontingen AKBP Johny Asadoma dan seorang dari personil Logistik Mabes Polri AKP Sugianta ditugaskan untuk memelihat kemungkinan peralatan apa yang cocok digunakan di daerah tugas nantinya, hal ini sangat krusial mengingat peralatan standar Indonesia hanya sesuai dengan kondisi tropis Indonesia.

Pada saat meninjau Darfur kami baru sadar bahwa kalau kita menggunakan perlengkapan standar yang biasa dipakai di Indonesia akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi pasukan, bahkan bisa berakibat fatal dalam penugasan….

Kita jangan terlalu jauh dulu berbicara masalah kendaraan atau akomodasi yang memang harus disiapkan khusus untuk daerah gurun…. Kita bicara dulu masalah Perlengkapan Perorangan yang akan dikenakan oleh masing – masing prajurit… contonya Pakaian : Pakaian itu harus benar – benar nyaman digunakan, cocok dengan daerah gurun, dan bisa mencegah dehidrasi yang berlebihan, dan warna harus disesuaikan dengan gurun dengan asumsi warna yang gelap akan cenderung menyerap panas matahari dibandingkan warna terang, dan satu lagi masalah kepraktisan… berdasarkan pengalaman kami di sana celana coklat tua akan selalu tampak kotor karena derah yang selalu berdebu, lain halnya dengan warna lain seperti abu – abu atau putih…. hal ini berdampak angota akan sering sekali mencuci celananya dengan hambatan keterbatasan air… Demikian juga masalah sepatu, sepatu yang digunakan di daerah gurun ternyata berbeda sama sekali dengan sepatu yang digunakan di daerah tropis…. sepatu itu harus mampu mencegah panas yang berlebihan di mata kaki para pasukan agar nyaman dalam pergerakan, kemudian bobot harus ringan dan harus kuat…..

Atas dasar inilah kami merancang pakaian dan sepatu yang cocok digunakan oleh pasukan FPU Indonesia di Darfur…… Bagaimana tanggapannya ? Not bad kan ?????

About these ads

24 Komentar

Filed under Darfur, FPU, PBB, Polisi, polri, Publik

24 responses to “SERAGAM BARU KHUSUS FPU INDONESIA DI DARFUR

  1. (horeee yang pertama…) wah tau mau di publikasi ane ikut tuch… oh ya bos disarankan kurangi tidur selama cuti supaya nanti dipesawat bisa tidur nyenyak he..he…he……

    @ bony : saran ente ane dengerin, sukron kashiran….. Marhaban fi Sudan

  2. Boss, selamat bertugas dan banyak doa agar sukses mengemban mandat misi-nya dan kembali pulang ke tanah air tanpa kurang sesuatu apapun. Salam hangat buat keluarga – dari afrika barat!

    @ Luigi : Thanks Kang…. salam hangat juga dari Afrika Timur *OTW* hehehe

  3. mardiaz

    bang, ngomong2 saya jadi keinget ama kamra yang jaga di rumah saya waktu di linggau dulu, jelek nian bos.

    Loe belum liat siih ‘on the spot’ nya bro… keyeen banget, kalau ditambah aksesori lainnya… helmet and flag jacket seperti polisi Austria….

  4. mardiaz

    kapan rencananya berangkat bang,sekarang yang adviser gel berikutnya lagi test di jakarta, katanya polwan kita juga mau dikirim bang ya, tapi gak tau apa cuman adviser atau fpu juga?

    @ mardiaz : rencana berangkat mei awal bro, tapi gw berangkat duluan akhir maret (team advance), test adviser memang lg berjalan…. termasuk polwan, tapi gw rasa mereka ngga gabung di FPU tapi di adviser… bisa berabe bozz hahaha….

  5. mardiaz

    katanya udah six pack, dak taunyo masih njembul jugo, haha,saya jadi pengamat foto abang aja nee, kira2 adik bayi yang kemarin masih dikandung di vicenza udah lahir belum ya, hahaha

    @ Mardiaz : Waduuuh tobat – tobat…… kando…. Ya Tuhan ampunilah segala dosa – dosa pak Mardiaz………. Six pack mohon ijin kalau pakai baju tidak keliatan hahaha…….

  6. kenapa nggak pake AK-47? takut sama-an sama senjatanya pemberontak di sana ya? atau krn Styer lebih tahan di iklim gurun?

    @bene waluyo : ini sebenarnya masalah kebiasaan aja mas, salah satu senjata kebanggaan korps brimob adalah styer…. jadi pada saat kami survey disana direncanakan menggunakan Styer juga, namun dengan model lebih baru yaitu jenis A3 (lihat tulisan saya tentang senjata FPU Indonesia), memang kami belum melakukan riset khusus apakah Styer tahan dalam iklim gurun, kalaupun diadu mungkin kalah karena AK 47 berkaliber lebih besar (7,62 mm dibanding styer yang 5,56 mm), namun faktor kebiasaan juga sangat berperan…. diinformasikan juga sat pelopor korps brimob juga menggunakan AK namun dengan kaliber lebih kecil 5,56 yaitu AK 101…

  7. tanpeng_liang

    adik saya ikutan pergi ke darfur juga…
    sepatunya emang bagus euy…

  8. tanpeng_liang

    mau tanya pak…itu foto sebelah kiri siapa ya? kok mirip adik saya…

    @ tanpeng_liang : yang di sebelah kiri namanya RONI WOWOR….. memangnya adik bapak namanya siapa ?

  9. tanpeng_liang

    hehehe…salah deh…cuma mirip doang (dari jauh)
    adik saya namanya sugianto, dari kelapa dua baru mau berangkat katanya bulan mei…sekarang lagi wara wiri ngurusi ini itu. gawat ga pak, situasi disana?

    @ tanpeng_liang : he he … rombongan besar berangkat tanggal 25 mei, saya sendiri berangkat gl 10 mei…. kalau dibilang gawat ya gawat juga yaaa… Pokoknya doakan saja kami pak agar selamat……

  10. trigo

    Selamat bertugas, semoga sukses. Maaf saya ada pertanyaan, Pak Johny Asadoma ( komandan kontingen) yang disebut ini apakah yang mantan petinju nasional dekade 80-an itu kah ? Atau namanya kebetulan sama ?

    @ trigo : Terima kasih pak…. Memang benar sekali bapak…… inilah pak Johni Asadoma sang petinju nasional bahkan internasional, karena beliau salah satu dari sedikit sekali petinju Indonesia yang bisa berlaga di Olimpiade …

  11. AKBP Krishna Murti SIk MSi

    Rekan2 FPU, yang terhormat.
    Saya sudah merasakan dahsyatnya medan Darfur. Saran saya jaga jesehatan, Perbekalan obat2an tolong di cek. Olahraga adalah kunci menjaga agar tetap fit. Sukses, kita bertemu nanti di medan mission area. Kami bertiga menanti rekan-rekan.

    AKBP Krishna Murti SIk MSi
    Indonesian UNAMID Police Advisor Contingent Commander

    • halo khrisna,apa khabar Dansatgas FPU. ijin tanya ya? sudah berapa lama di Darfur? Oh ya, semoga kita bisa bertemu di Sudan ataupun Darfur. Ok, selamat bertugas dari Ltk inf Khairul anwar 91 AD.

      @Bg Khairul : Mohon ijin kalau FPU kami sudah selesai tugas di Darfur selama 1 tahun, sekarang sudah rotasi dengan FPU 2, bg Khrisna pun sudah kembali dari Darfur, beliau habis menjalani sespim dan penempatan di Bareskrim Mabes Polri.

  12. AKBP Krishna Murti SIk MSi

    kalau mau cari informasi email ke alamat email saya:
    krishna_murti_sik@yahoo.com

    add friendster saya di email yg sama. ok selamat

  13. Saya adalah mahasiswa,fakultas hukum pengamat kemiliteran, kepolisisan, dan keamanan. Saya mohon, tolong seragamnya disamakan dengan warna sepatunya, begitu juga buat rompi anti pelurunya. karena keamanan personil, juga sangat ditunjang, oleh warna seragam yang sesuai dengan kondisi alam(gurun)…, kalau soal senjata, dan kendaraan, kalau boleh usul, tolong dibawa, APC yang berupa panser bersenjata,atau pinjam milik TNI.Tapi setahu saya POLRI punya banyak, walaupun jarang dipakai.Alasan saya, di daerah konflik seperti itu, butuh kehandalan dan proteksi terhadap nyaywa personil yang cukup tinggi. Terima kasih atas perhatianya, saya mohon, untuk dipertimbangkan soal seragamnya.

    @ anandika : Jangan Kuatir mas, kita sudah mempersiapkan peralatan kita dengan spek yang sesuai dengan kondisi gurun, body armor yang level IV, APC yang memang sesuai dengan keadaan gurun… semua karena kita telah mengadakan survey dahulu ke lapangan, dan lagi peralatan kita all brand new dengan pengadaan baru….

  14. Selamat bertugas fpu….indonesia bersamamu..korp brimob mendoakan keslamatan kalian…BRIGADE..

    @ Kurnia : Terima kasih brother, ditunggu bergabung dengan kami, banyak sekali kesempatan, FPU 2 akan di Tawila, dekat Zam – Zam sekitar 25 Km dan akan mulai tahun depan, segera mendaftar…. Ok ?

  15. kalau menurutku seragamnya kurang keren. masih lebih sangar punyaknya brimob. Sorry pak polisi, kalau ga salah… seragamnya kayak pemburu.
    Hehehe… gimana kalau tugas yang akan datang seragamnya lebih keren dikit… yang itu ga keliatan polisi. emm… satu lagi, coba kalau topinya ga berbentuk seperti itu… kayaknya lebih sangar.

  16. arief

    Mohon ijin DAN bisa minta alamat email anggota brimob yang di sudan.terutama dari sat 3 pelopor

  17. safii

    mohon ijin komandan minta tlng di 87 kan ke anggota atas nama briptu RIDWAN.S dr SAT 1 GEGANA.di mintakan alamat emai nya…sekali lg terima kasih komandan.

    @safii : kirim saja ke alamat ini:
    fpu_ina@yahoo.com
    ok mas ?

  18. Hendra

    AH jlek banget ni seragam, kaya punya kamra dulu, cari warna lain kah yah pake loreng2 gitu, seperti polisi di luar negeri sana ….

    @ Hendra : memang bagus atau tidak relatif yaa, tapi kalau anda perhatikan anggota FPU yang berdinas di gurun sangat bagus sebagai camuflage… kalau loreng 2x mah pasti ngga, karena itu ciri militer…

  19. halo, semuanya. bagi rekan yang tahu e mailnya akbp jhoni asadoma, tolong diberiatahu saya. Sekarang siapa Dansatgas FPU di Darfur?

    @bg Khairul : salam hormat bg, yg sekarang berada di sudan FPU 2, komandannya AKBP Nasludin (91) alamat emailnya bisa di fpu_ina@yahoo.com

  20. Mida cuantiks

    mohon maaf , Kok topinya kayak tukang pancing dibelakang rumah saya hehehe….

  21. senjatanya bagus.. hehe
    tampangnya pun memasyarakat, asli tampilan polisi indonesia :)

    maen2 ke blog saya ya…

    @nirwan: terimakasih untuk mampir, sudah ada kunjungan balasan kok :)

  22. kayak satpol pp gitu bos…. nggak ada yg lebih keren

  23. kayak satpol pp dipegangi senjata gitcuuuuu….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s