KEADAAN DI DARFUR DILATIHKAN FPU INDONESIA

FPU INDONESIA

Kondisi di Darfur yang masih belum stabil sekarang ini, dapat menimbulkan bahaya bagi anggota FPU Indonesia, oleh sebab itu latihan adalah suatu kewajiban yang tidak bisa ditawar…..

Dalam beberapa hari ini telah di skenariokan beberapa hal yang mungkin dihadapi di medan tugas nanti, seperti RIOT dan cara mengatasinya dengan PHH, Penyanderaan, Pengawalan VVIP, Kontak senjata dan cara mengatasinya, Pertolongan dan evakuasi bagi korban anggota FPU dan lain – lain.

Dalam latihan ini sudah ditampilkan dalam full form equipment, dengan tujuan didalam daerah tugas nanti masing – masing anggota sudah mahir menggunakannya, peralatan itu termasuk persenjataan, kendaraan dan perlengkapan lainnya. Dalam latihan ini sudah digunakan APC (Armored Personel Carrier) yang telah di cat putih sesuai warna PBB.

Pembebasan sandera

Dalam foto diatas diperlihatkan bagaimana FPU indonesia berlatih pembebasan sandera, menangkap tersangkanya dan mengamankan tersangka dengan APC untuk dibawa ke local police, untuk menjalani proses hukum, perlu diketahaui bahwa fungsi keplisian dalam tugas UNAMID adalah represif terbatas, yaitu hanya dalam upaya paksa menangkap tersangka dalam keadaan tertangkap tangan, atau sesuai perintah UNAMID Commisioner of Police…..

Evacuation

Dalam foto berikut diperlihatkan bagaimana evakuasi korban menggunakan helikopter, suatu hal yang mungkin dapat terjadi mengingat rawannya daerah penugasan dan letak rumah sakit yang jauh dari Indonesian Base, jadi penanganan korban hanya dalam tingkat awal karena fasilitas kesehatan FPU hanya hospital level I (treatment awal) sedangkan rumah sakit Level IV terletak di Khortum yang jaraknya ribuan km dari Indonesian Base.

VVIP protection

Diperagakan juga bagaimana VVIP escort yang mendapat serangan mendadak dan cara escapenya dan menyelamatkan VVIP sampai ke ‘safe place’.

Dan the last but not least dilatihkan bagaimana pasukan FPU menghadapi Demonstrasi masa dan mengatasinya menggunakan PHH…

5 Komentar

Filed under Darfur, FPU, IDP, PBB, Polisi, polri, Publik, sudan, UNAMID

5 responses to “KEADAAN DI DARFUR DILATIHKAN FPU INDONESIA

  1. ternyata pasukan FPU Indonesia gak kalah ya sama pasukan negara lain😀

    @itikkecil : FYI kemampuan tersebut adalah standar PBB, dan akan diuji oleh PDV (Pre Deployment Visit) team yang akan datang pada tanggal 2 Februari ini untuk mengecek kemampuan FPU Indonesia, apakah sesuai standar PBB.

  2. Blog yang bagus. Foto-foto dan kisahnya sangat bagus dan eksklusif. Terus berkarya, Bang…….

    @ irawan : Thanks sudah berkunjung….sesuai title nya “kata – kata tanpa makna dari seorang polisi” saya juga ngga ada beban mau tulis apa, nanti ada kunjungan balasan😀

  3. gita

    hebat ya ternyata polisi indonesia…especially for BRIMOB.. btw, kpn rencananya tim fpu indonesia akan diberangkatkan? kok sepertinya hampir tdk pernah dipublikasikan ke media elektronik abt rencana pengiriman fpu ke sudan..ok deh utk tim fpu terus semangat ya…!!!

    @gita : terima kasih atas ucapan penyemangatnya….. memang patut diakui bahwa berita mengenai pengiriman FPU kurang terekspos di media massa, ini dikarenakan karena kami menunggu kepastian keluarnya KEPPRES tentang pemberangkatan, dan Puji Tuhan kemarin tgl 4-2-08 telah di tanda – tangani oleh Presiden….

  4. gita

    wah…selamat ya atas dikeluarkannya keppres, semoga polisi indonesia semakin dilihat oleh dunia internasional..
    info2 fpu ini sangat menarik perhatian saya untuk dijadikan bahan penulisan tesis yg bertema ttg polisi indonesia, terus update ya bang info ttg fpu-nya….

  5. mardiaz

    bg, pake phh nya mana nih, ada turtlenya gak,jgn lupa fotot2nya bg ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s