APA YANG MUSTI DIPERSIAPKAN OLEH FPU INDONESIA ??

Foto UN di Darfur

Tulisan ini membahas keluhan rekan – rekan calon FPU (Formed Police Unit) yang sampai sekarang masih terkatung – katung menunggu keputusan dari pemerintah untuk berangkat ke medan tugas ke UNAMID (United Nations African Mission In Darfur), kita bahas bersama mengenai hal – hal apa yang mesti dipersiapkan oleh Mabes Polri dalam keberangkatannya nanti. Kebetulan sekali sebulan yang lalu saya telah melakukan survey ke Darfur dan melakukan analisa tentang apa yang harus dipersiapkan untuk menghadapi medan tugas di sana, baik dari segi material maupun personal.
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Konsep FPU sendiri adalah sebuah pasukan dalam ikatan kompi (SSK) yang mempunyai kelebihan di daerah missi, kelebihan tersebut adalah : Rapid Deployment yaitu perpindahan tugas yang cepat dalam mengatasi problem keamanan, artinya siap ditugaskan di daerah missi tertentu secara cepat tergantung ekskalasi keamanan, Riot Control kemampuan pengendalian massa yang tidak dipunyai polisi umum biasa, Urban War yaitu teknik dan taktik pertempuran kota, Freed Hostages pembebasan sandera, dan kemapuan mengatasi High Intense Criminal yaitu kriminalitas tingkat tinggi yang menggunakan Heavy Weapon/arms, jadi sudah tergambar bahwa kepolisian Indonesia yang mempunyai kemampuan ini adalah Brigade Mobil. Sedangkan pasukan pendukung FPU yang akan turut serta nanti juga orang – orang terbaik dari bagiannya masing – masing, untuk dokter yang berangkat adalah seorang ahli bedah, dari komlek seorang perwira adalah seorang ahli komunikasi lulusan ITB, untuk logistik dipersiapkan seorang ahli mekanik yang terbaik.
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Jadi permasalahan personal apakah ada masalah ? Menurut saya kemampuan Kepolisian kita malah Over Qualified bisa diadu dengan FPU dari negara lain seperti dari Bangladesh dan Nepal yang sudah berada di Darfur, mereka kebanyakan berasal dari polisi Samapta. Tidak seperti pasukan Brimob kita calon FPU yang terbiasa bertugas di daerah Konflik di seluruh Indonesia (saya juga mendengar calon FPU adalah anggota terbaik di resimennya).
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Problem yang tergambar jelas pasti masalah Logistik, ya memang…….. karena untuk pasukan FPU yang berangkat sekarang ini seluruh peralatan pendukung baik untuk personal maupun pasukan harus dipersiapkan sendiri artinya menganut prinsip Self Sustaintment, pemerintah melalui Mabes Polri harus menyiapkan segala perlengkapan sampai ke Mission Area kemudian ada penilai dari PBB yang menilai peralatan itu untuk diadakan pergantian pembiayaan atau Reimbusment, permasalahannya bagi Polri hal pemberangkatan pasukan dengan metoda Self Sustaiment adalah hal yang baru, selain perlengkapan untuk personal dan pasukan, juga harus dipersiapkan akomodasi untuk pasukan sebelum UN mendirikan tempat permanen Hard Wall untuk pasukan……. (kira – kira 6 bulan setelah ditempatkan atau bisa lebih…….), jadi sementara belum permanen harus didirikan tenda…. tetapi believe me ngga akan kuat lah tinggal di tenda di Darfur dengan average temperatur 45 – 50 derajat Celcius di siang hari, dan 5 – 10 derajat Celcius di malam hari, jadi walaupun memakai tenda….. tetap juga harus memakai Air Conditioner, juga harus ada fasilitas MCK yang baik, Dapur yang baik, Ruang Rekreasi, ruang pertemuan dll….. tentunya dengan prinsip : Senyaman – nyamannya buat prajurit.. Pada waktu survey kemarin, Komandan kontingen mengusulkan kepada Mabes Polri untuk kalau bisa langsung memakai internasional kontraktor di sana untuk membangun fasilitas akomodasi, dengan tujuan tidak usah memakai tenda …. langsung akomodasi Hard Wall tapi terbentur dengan peraturan kontrak di negara kita.
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Masalah kendaraan pasukan di Mission Area juga harus diperhatikan, tidak sembarang kendaraan bisa di bawa….. tapi harus masuk ke dalam Spefikasi Teknis (Spek Tek) UN, artinya kendaraan tersebut harus cocok dalam penugasan di Darfur yang sebagian besar daerah gurun pasir dan gunung berbatu….. namun banjir di musim hujan….. yang jelas setiap kendaraan harus 4X4 dengan ban Dessert , keperluan kendaraan tersebut antara lain untuk : Pengangkut pasukan (truk), Patroli (light truck), Mobil Komandan (jeep), Armored Personal Carrier (APC) khusus untuk daerah gurun, mobil tangki pengangkut bahan bakar, mobil tangki pengangkut air bersih, truk bengkel (Recovery Truck), Alat berat loader, jadi tahukah rekan – rekan dalam kesepakatan dalam survey UN menyanggupi total 53 (lima puluh tiga) kendaraaan….. tapi seperti saya sebutkan harus ditalangi dulu pembiayaan kendaraan tersebut oleh pemerintah.
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Untuk Perlengkapan pribadi juga harus diperhatikan….. yang jelas persenjataan yang menjadi standar PBB yang tahan akan cuaca panas (belum ditentukan sih…. tapi saya dengar-dengar diupayakan menggunakan Styer cal 5,56 untuk setiap anggota, dan tambahan pistol glock cal 45 untuk para komandannya), demikian juga Body Armoured harus yang level 4, yang minimal menahan peluru cal 7,76 (peluru dari senjata yang paling banyak digunakan baik GOS maupun Pemberontak…… the amazing great weapon all the time AK – 47)
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Untuk sarana kesehatan juga harus dipersiapkan minimal Hospital level 2 artinya bisa untuk digunakan untuk Light Surgery…. artinya bisa melakukan operasi luka tembak, atau operasi penyelamatan nyawa sementara, sebelum datang Air Support.
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Akhir kata ….. rekan – rekan FPU’ers pasti bisa membayangkan berapa biaya pengadaan seluruh peralatan ini…….( jangan kaget kalau saya pernah dengar sekitar 350 Milyar Rupiah), inilah yang sedang diperjuangkan oleh para pimpinan kita di Mabes Polri … memang meloloskan anggaran untuk FPU (yang sangat besar) di akhir tahun anggaran adalah hal yang bisa dikatakan mustahil….. Jadi saya berharap kita semua bisa mengerti kenapa perjalanan kita agak tersendat ….. Ok ?
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Jangan kecewa dulu rekan – rekan ….. tetap semangat …..

22 Komentar

Filed under Darfur, FPU, IDP, PBB, police, Polisi, polri, sudan, UNAMID

22 responses to “APA YANG MUSTI DIPERSIAPKAN OLEH FPU INDONESIA ??

  1. bona

    thanks atas infonya pak, but kita perlu tau apakah memang kita ini akan berangkat atau tidak, karena lama nunggu akhirnya jenuh lho, sekarang ini kita dalam keadaan hi spirit, saya tidak yakin kalau peralatan itu akan semua dipenuhi mengingat biaya yang tidak sedikit, jangan2 nanti sudah ada pengganti kelompok fpu 2, shg kita tidak jadi berangkat

  2. jidin

    Salam hormat Dan…..
    terimakasih banyak atas infonya tentang fpu so masalahnya clear n kite-kite bisa memahami dan dari sekarang kita bisa memprediksikan apa-apa yg harus dipersiapkan,semoga aja segala ssuatunya berjalan ssuai rencana. udah ga sabar neh Dan…pengen cepet berangkat,hee….

  3. @ bona dan jidin………
    iya begitu dooonk tetap semangat… rekan – rekan, berangkat sih pasti…. tapi cuma waktunya agak tertunda sedikit karena hal tersebut diatas…. dan ada tambahan informasi lagi di kolom “INFO FPU” dan saya berjanji akan selalu update kabar terbaru tentang FPU kita, terima kasih

  4. jagal

    thanks Mr.Reinhard…
    kami smua calon kontingen FPU Sudan skrg dlm Hi-Spirit in our basecamp. penjelasan dari Komandan udah di-86 oleh kita2. penjelasan spt ini yg dibutuhkan oleh smua anggota. beruntung AKBP JONI A mempunyai WADAN KONTINGEN yg Hi-Tech. kami yakin nanti klo kita brtugas “disana” akan terjalin rasa kekeluargaan & kekompakan yg solid. dan insya allah, FPU Indonesia akan menjadi panutan buat FPU dr negara lain. Amiiinnn….
    Bravo Bhayangkara Sejati.

  5. Rendy

    Jangan terpaku pada tugas luar negerimu, tapi laksanakan tugas pokok kita dulu dengan baik. Itupun belum menjamin bisa ikut serta dalam penugasan luar negeri karena tidak gampang untuk tidak dihilangkan namamu dari daftar yang sudah ada dengan alasan “PERTIMBANGAN TERTENTU” untuk tugas luar negeri yang tidak jelas kapan berangkatnya. Tugas kepolisian sangat erat kaitannya dengan nasib si polisinya, jadi laksanakan tugas pokok kita saja.

  6. jidin

    yth Pak Rendy…
    Terimakasi atas suggestionnya. Melaksanakan tugas dengan baik adalah komitmen kami n juga kontrak hidup kami,menulis di blog inipun mengisi wkt sehabis melaksanakan tugas itupun klo ada.. kalo ada kesempatan penugasan ke luar negeri WHY NOT gitu lho…! kalo memang punya qualified toh ini semua buat bangsa dan negara, tapi ga munafik c tertarik dengan feenya jg yg tentunya halal donk,hee……
    Tuk Mr. Reinhard makasih byk atas infonya
    Bravo Brimob…..!

  7. ronaldo

    waduh2 kenapa mas jidin ngomongin mslh fee,khan udah diksh tau awal2 ma wadan kontingen kite, kalo gajinya gak sama dengan penugasan2 sebelumnya, karena fpu ini yang membiayai adalah negara republik indo ytc, jd cuman dikit buok, tul gak dan reinhard??? berapa sich yang bakal kita terima??

  8. Salam kenal dan salut buat bapak…

    Sekiranya bapak berkenan saya ingin berkonsultasi melalui email tentang keadaan di Darfur, karena saya sedang ada pengajuan proposal untuk pembangunan rumah pengungsi dan UN barracks di Darfur bersama kontraktor dari Korea dan Amerika. Siapa tahu nantinya akan ditempati para duta bangsa Indonesia, sangat senang sekali rasanya bisa berpartisipasi.
    Terimakasih sebelumnya atas tanggapan dan informasi dari bapak.

    oza10@yahoo.com

  9. Buat semua aja: kabar terbaru dari dan kontingen kita….. tidak lama lagi ada kepastian mengenai terbitnya keppres tentang FPU, karena beliau turut hadir di rapat high level antara Deplu, dan Polri dan sekertariat Presiden……., Keppres ini perlu untuk payung hukum pengadaan barang kita untuk berangkat nanti…..
    Buat mas oza : u r welcome to contact me : reinhardjambi@yahoo.com
    thanks all….

  10. Bagi FPU’er saya mengutip ini dari paragraf atas dan mohon agar kita siap :

    “Selain perlengkapan untuk personal dan pasukan, juga harus dipersiapkan akomodasi untuk pasukan sebelum UN mendirikan tempat permanen Hard Wall untuk pasukan……. (kira – kira 6 bulan setelah ditempatkan atau bisa lebih…….), jadi sementara belum permanen harus didirikan tenda…. tetapi believe me ngga akan kuat lah tinggal di tenda di Darfur dengan average temperatur 45 – 50 derajat Celcius di siang hari, dan 5 – 10 derajat Celcius di malam hari, jadi walaupun memakai tenda….. tetap juga harus memakai Air Conditioner, juga harus ada fasilitas MCK yang baik, Dapur yang baik, Ruang Rekreasi, ruang pertemuan dll….. tentunya dengan prinsip : Senyaman – nyamannya buat prajurit.. Pada waktu survey kemarin, Komandan kontingen mengusulkan kepada Mabes Polri untuk kalau bisa langsung memakai internasional kontraktor di sana untuk membangun fasilitas akomodasi, dengan tujuan tidak usah memakai tenda …. langsung akomodasi Hard Wall tapi terbentur dengan peraturan kontrak di negara kita”

    Kalo gitu FPU dan IDP itu “SAMA” (sama2 di tenda)

    Tiga bulan penugasan pertama adalah satu dari yang paling berat.

    Yang jadi pertanyaan apakah kita bisa bertugas maksimal membawa nama Bangsa Indonesia apabila nanti kita lebih mengurus mengenai kesehatan dan masalah kita sendiri ?.

    Terimakasih Dan.

  11. Riyono

    Thank you sir for all the information you give… I’am one of the contingent member in kedung halang Bogor. We hope we can go to the mission area ASAP.
    And we already have vaccine and still continue until 9 vaccine.

    When we can meet you so we can gather in kelapadua Sir? We are waiting.

  12. Brigjon comando

    Tetap semangat kita pasti berangkat ke Mission area sesegera mungkin ok.

    Rekan rekan jangan patah semangat belajar dan berlatih untuk mempersiapkan diri kita di ditu tuch…

    Salam komando

    Combat ranger…..!

  13. khoirul umam

    Salam komando Komandan. saya tidak sabar ingin mengimplementasikan apa yang sudah saya pelajari selama ini di mission area.

    Ismi Umam

    Kai fa halukum?

    I hope we all ready and steady.

    Ila liqo

  14. edy pamuji

    semoga fpu dapat berangkat secepatnya pulang dengan selamat. amiin…

  15. inonk

    buat pak rere, saya mau tanya,.,.. apakah mungkin ada rencana untuk membuka pendaftaran baru lagi untuk pemberangkatan anggota polri untuk PBB?… dan apakah yang harus mendaftar tersebut harus dari BRIMOB?…untuk pasukan yang sekarang sudah ada kemungkinan akan diberangkatkan bulan apa?

    terimakasih banyak atas jawabannya….
    sukses selalu.

  16. dodik

    ane akur aje ma ente2 FPUers…

  17. Buat semua aja: Terima kasih atas support dan dukungan moralnya untuk FPU Indonesia…. sekarang ibaratnya tinggal tunggu “bisul” nya pecah…. untuk berangkat…. dan ada yang perlu saya sampaikan : BELAJAR BAHASA ARAB …. better than english…. thanks to dodiek, khoirul dkk anda bisa jadi interpreter saya…🙂 untuk inonk… kalau FPU prioritas Brimob memang mba… tapi masih terbuka untuk UNMIS atau UNAMID sebagai POLICE OBSERVER… atau POLRI mau meniru FPU India di Liberia yang POLWAN semua…. hehehe

  18. jidin

    happy nu year……Mr. Reihard
    belum expire kan taon baruannya,hehehe…..smoga aja all of everything will be better ditaon baru ini termasuk misi fpu indonesia,ameeen! Gimana Dan ada taruna terbaru buat kite-kite fpu’er tentang misi kita??? ada kabar kita mau dikarantina lagi katanye jadi kaya peserta dangdut mania aja neh,hehehe..o iya Dan izin menanyakan kalo mau cari info tentang syarat2 menjadi polisi pbb dimana?? kaya aa andrew tuh cool abis dia bisa jadi UN Police di nu york sana,pastinya dia menjadi kebanggaan INP juga donnk…kalo ada boleh dikirim via email Dan; s.jidin@yahoo.co.id

  19. Selamat Tahun Baru Juga Mas Jidin….. Yah memang sebelum brkt keatuan pasukan memang harus Karantina juga….. (seperti dangdut mania …. hehehe) wajar aja karena untuk berangkat harus mempunyai gambaran tindakan untuk kesatuan …. kalau istilah sononya “HOW TO USE OF FORCE…” kalau di kita mungkin LAT PRA OPS…. Untuk jadi polisi PBB di UN syaratnya harus paling tidak pernah ikut mission… BHS INGGRIS yang PERFECT…. dan kalau mau tahu sebenarnya kita bisa mendaftar sendiri…. kalau mau tahu baca aja di website UN di sana ada kolom Lowongan Pekerjaan, daftar aja sendiri…
    Thanks… Juga buat FPU’ers yg lain HAPPY NEW YEAR… (untuk informasi tentang FPU silahkan lihat di halaman “INFO FPU” selalu saya UPDATE DENGAN BERITA TERBARU…….)

  20. "H"adk asuh tebo

    sukses dalam tugas…

    @ Heru : Teima kasih brother, kapan lulus dari PTIK ? jangan seperti kakak asuh satu lagi dari Jambi yaa, semoga sukses selalu, dan dapat penempatan yang bagus, mudah mudahan bisa bareng lagi amiiin

  21. polres Magetan

    Salam hormat komandan ….

    Sebelumnya trimakasih banyak atas info masalah FPU, mgkin kalimat FPU terdengar baru banget di dalam Polisi Umum seperti kami ini. Memang kemarin ada STR dari Mapolda Jatim meminta daftar anggota yang berminat untuk mjd pasukan FPU tp sebenernya kami sendiri kurang jelas apa itu FPU??
    Terus untuk Polisi umum seperti kami ini apakah bisa ikut ambil bagian sebagai pasukan FPU itu???
    dan apakah harus masuk Brimob dulu sebelum jd pasukan FPU Ndan ????
    Sedangkan biasanya kalo Polisi umum itu sudah merasa nyaman apa yg telah kami kerjakan.
    Mgkin kalo tidak membuka situs ini kami juga gk bakal tau apa yg di maksud dg FPU …….
    Kami mohon penjelasan dari Komandan,…………..
    Trimakasih sebelumnya
    n yang
    @resmgt: tidak musti anggota brimob, bisa anggota polisi biasa untuk support unit , namun diutamakan punya keahlian untuk dijadikan duty officer (SPK), mekanik, juru masak, komunikasi , keuangan dan penerjemah …. yang jelas wajinb harus menguasai bahasa inggris

  22. ndk sabar menunggu keberangkatan nie bravo fpu IV

    @indra: selamat sudah terpilih jadi FPU IV, siapkan mental dan fisik … seminggu pertama harus banyak minum agar tidak dehidrasi … pasti mimisan, bibir pecah dan migren … gpp nanti juga terbiasa….afwan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s