POLISI BERADA DI LINGKUP MANA ??

polisi

Dalam beberapa komentar dalam tulisan saya, muncul suatu perdebatan dari pengunjung situs saya mengenai bagaimana seharusnya badan Kepolisian Indonesia, berada dibawah Departemen tertentu, Lansung dibawah Presiden atau dibawah Pemerintah Daerah…… ??

Nah, saya akan memberi sedikit gambaran karena kebetulan saya diberi kesempatan untuk melihat berbagai kepolisian dari berbagai belahan dunia, memang tidak ada aturan universal tentang bagaimana posisi Polisi seharusnya berada, Di Indonesia sendiri mengalami perubahan beberapa kali, pada saat setelah kemerdekaan RI Polri berada dibawah mendagri, kemudian dibawah kementrian kepolisian, setelah orde baru berada di bawah panglima ABRI/TNI dan berubah lagi setelah Reformasi tahun 2000 menjadi berdiri sendiri di bawah Presiden.

Sejarah polisi di dunia sendiri panjang sekali, berawal dari zaman Romawi kuno… kata polisi berasal dari kata – kata POLITIA yang artinya “pemerintahan kota – kota” pada saat itu tugas tanggung jawab keamanan berada pada tentara Romawi yang pada saat tidak berada dalam peperangan, inilah cikal bakal GENDERMARRIE (polisi militer). Memang kepolisian yang sebenarnya baru ada semenjak tahun 1800 an di Inggris pada saat LANDLORD menyewa orang untuk menjaga area nya dari serangan penyamun, dan pada saat Inggris bersatu (wales, Scotland, Britania, Irlandia) masing – masing negara ini dibawah Raja Inggris sepakat membentuk kepolisian Nasional Inggris, yang terkenal dengan sebutan “BOBY” dengan topinya yang khas dan selalu patroli jalan kaki keliling kota, dan cerita – cerita dektektif imajiner mereka karangan “SHERLOCK HOLMES” yang memang gambaran dektektif zaman dahulu mereka.

Kalau berbicara polisi khususnya dalam film – film pasti kita teringat aksi – aksi laga polisi mereka, namun kita pasti bingung kalau kita menonton film “FUGITIVE” yang berperan adalah polisi “MARSHALL”, kalau melihat “LAST TRAIN” yang ada “TRAIN POLICE” kalau film “BAD BOYS” kita melihat “LAPD dan DEA” dan “ALL PRESIDENT MAN” ada polisi “SECRECT SERVICE atau NSI” dan “SILENCE OF THE LAMB” ada “FBI” nah…. sebenarnya ada berapa jenis polisi sih di Amerika Serikat ? Jangan heran … di sana ada lebih dari 200 an lembaga kepolisian yang mempunyai tugas memerangi kejahatan. Lho ?? pertanyaan kita bagaimana mengatur mereka semua dan apakah tidak terjadi overlapping tugas penegakan hukum ? ternyata tidak juga, mereka bahkan sering berkoordinasi dan tetap berpegang dengan aturan tugas mereka masing – masing, (walaupun patut diakui memang dalam beberapa kasus terjadi overlap), contohnya LAPD yang berada di bawah Pemda California hanya bertugas menegakkan hukum pada wilayah negara bagian California, dengan aturan UU/PERDA mereka sendiri, kalau ada Tersangka yang kejahatannya lintas negara bagian mereka ditangani FBI (Federal Berrau of Investigation) dengan menggunakan UU Nasional. Biasanya FBI menangani kasus – kasus – kasus tindak pidana umum (tidak menutup juga kasus yang lain), FBI sendiri berada di bawah “DEPARTMENT OF JUSTICE” (di Indonesia mentri Kumdang), kalau permasalahan Narkoba ada DEA (DRUGS ENFORCEMENT AGENCIES) yang berada di bawah kementrian Kehakiman, kalau masalah Senjata, miras dan rokok ada Berrau of ALCOHOL, TOBACCO and FIREARMS (ATF), masalah pelarian tahanan (MARSHALL), masalah imigran gelap (INS), keuangan (SS), Kepolisian daerah Newyork (NYPD), penjaga pantai (COAST GUARD) dan masih banyak lainnya.

Di negara lainnya seperti ITALIA bahkan seperti di italia ada 2 polisi : CARABINIERI di bawah departemen pertahanan, dan POLIZIA di bawah pemdanya masing – masing….. kalau kita pikirkan ribet sekali kan…? Seperti di Italy kepolisian ada 2 institusi juga bukan suatu penghalang…. mereka jadi bersaing siapa yang terbaik dalam menangani permasalahan masyarakat…. jadi kalau orang kecopetan di Italy mereka bebas memilih polisi mana yang dianggap paling baik…. entah CARABINIERI atau POLIZIA.

Menurut saya SISTIM KEPOLISIAN APAPUN mau dibawah Dephan, Mendagri, DEPSOS, atau Pak RT…. yang penting tujuannya adalah prinsip universal polisi “TO SERVE AND PROTECT” melayani dan melindungi Masyarakat.

About these ads

5 Komentar

Filed under hukum, Polisi, polri

5 responses to “POLISI BERADA DI LINGKUP MANA ??

  1. ronaldo

    boleh nambain pak,jumlah polisi US itu bukan 200 tetapi 3685 karena tiap county mereka punya county police dan sheriff yang ditunjuk oleh warga, dan kesemua itu dinamakan POLICE, karena Police disana berarti penegak hukum, jangan kaget kalau DEA punya wewenang untuk narkotik, cost guard, sheriff, dll mereka juga berhak untuk tangani narkoba di wilayah teritori hukumnya. Tetapi yang perlu diingat, wewenang FBI adalah menyidik kejahatan antar state, atau kej yg melibatkan pejabat federal, tkp di gedung federal seperti RS, bank2, dan kantor federal lain, kss2 tsb sdh pasti wewenang dr FBI, jd anda jangan salah mengartikan bahwa LAPD hanya menyidik Perda saja, dan kadang2 para Police itu bisa kordinasi untuk membawa kss tersebut ke tingkat mana yang ancaman pidananya lebih tinggi, jgn heran kalo pembunuhan itu diatur di UU Federal dan juga diatur di UU State dan terkadanag ancaman dalam UU Daerah lebih tinggi, contoh di kota Texas, karena kalau tidak diancam lebih tinggi, banyak sekali kejahatan gunakan senpi, itu saja tambhan dari saya, kebetulan saya pernah kuliah di soutwest univ lho, dimana para pejabat2 polisi amerika belajar disana. Good LUck

  2. @ ronaldo : Terima kasih atas tambahan informasinya, berguna sekali untuk rekan – rekan lainnya sebagai bahan pemikiran…. anda benar mas ronaldo, UU state dan Federal bisa di kompromikan dengan presecutor dengan ancaman hukuman yang terberat…. dan di USA (anglo saxon) berbeda dengan sistem hukum di negara kita (continental)… di amerika hukuman dikomulatifkan, jadi jangan heran kalau seorang kriminal di sana bisa kena sampai 200 tahun penjara, kalau di Indonesia dicari hukuman yang terberat kalaupun ada yang lain, ditambah 1/3 ……, di Amerika memakai sistem Juri hakim hanya memutuskan hukuman, kalau di indonesia hakim lah yang memutuskan nasib terdakwa…..

  3. ronaldo

    sebenarnya saya lebih setuju kalau indonesia menggunakan sistem juri, tapi sayangnya background educ wni kita masih lemah sekali, karena dalam sistem juri lebih ditonjolkan bahwa pidana dilihat dari KEPATUTAN dr kacamata masy awam,sehingga juri bukan org yang tau hukum dan juri diacak, jadi pertimbangan juri adalah suatu keputusan yang dianggap pure, beda dgn di indonesia sdh banyak UU kita yang sdh tdk relevan dengan dinamika masyarakat ind, tetapi tau sdiri kan kalo kita itu msh adopt UU Belanda dan para legislatif kita selalu buat UU berdasarkan keinginan penguasa maupun gol yg ujung2 pembuatan UU hrs disorong dengan duit sogokan, itulah product indonesia, kesian yee

  4. @ ronaldo : itu betul sekali, Hakim di Indonesia kalau saya bilang seperti Tuhan…. berhak menentukan nasib seseorang dari cara pandangnya sendiri…. bahkan menentukan hidup mati seseorang dalam persidangan kasus yang ancamannya Hukuman Mati..
    Celah – celah penyimpangan banyak sekali…. karena …. HAKIM JUGA MANUSIA…..
    (juga polisi, juga jaksa…… hehehe)

  5. brucele sandika

    Ijin pak, saya sependapat dengan bapak.Mau dibawah dephan,depsos atau apapun kita kan tetap polisi dan tujuannya tetap sama yaitu melindungi,mengayomi dan melayani masyarakat.Yang terpenting adalah sisitim management di tubuh polri harus berjalan dengan baik.contoh sisitim yang tidak berjalan dengan baik adalah masalah kenaikan pangkat..klo dulu tiba waktunya naik,pasti akan naik tapi skarang klo ngga diurus,ya ngga naik2.padahal itu merupakan tugas polisi bagian personalia.
    klo di indonesia hakim bukan saja seperti Tuhan tapi melebihi………….
    trima kasih pak

    Trims atas tanggapannya…. nanti saya teruskan kepada malaikat….. hehehe …. agar disampaikan kepada pengambil keputusan di negeri ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s