POLISI PEMBUNUH !

Masyarakat Jambi beberapa waktu yang lalu dikejutkan oleh serangkaian pembunuhan berantai (Serial Murdered), tercatat di kepolisian korbannya sebanyak 7 (tujuh) orang dan dengan TKP tersebar di daerah Riau dan Sumatra selatan, dan yang lebih mengejutkan, tersangkanya adalah seorang Polisi, Iptu Gribaldi Handayani SH, Perwira Pertama berdinas di Polda Jambi, terdapat pertanyaan besar di masyarakat : Bagaimana seorang Polisi yang seharusnya menjadi pelayan dan pelindung masyarakat melakukan hal yang sangat mengerikan ini ????. Dalam pergaulan masyarakat dan sesama polisi, Gribaldi dikenal sebagai sosok yang ramah dan senang membantu orang lain. Para keluarga korban dan korban sendiri pada awalnya merasa sangat terbantu atas kehadiran GRIBALDI, mereka menaruh kepercayaan kepadanya, bahkan sudah dianggap sebagai keluarga.

Saya sendiri turut terlibat dalam penyelidikan dan penyidikan dugaan pembunuhan ini, kami para penyidik dari Satuan Reserse Umum Polda Jambi pada awalnya ragu apakah GRIBALDI adalah tersangkanya, benarkah ia begitu tega melakukan semua pembunuhan tersebut, sikapnya yang berani dengan gaya yang meyakinkan berhasil membuat para penyidik dalam kasus ini menjadi ragu. Karena minimnya alat bukti yang ada, GRIBADLDI tidak langsung diperiksa sebagai tersangka. Pada saat interogasi terhadap GRIBALDI Penyidik menemui kesulitan, ia terlihat cerdik dengan gaya bicaranya yang tegas, sebelum menjawab selalu dipikirkan dulu, cerita yang diterangkannya mempunyai pola yang jelas dengan menggabungkan fakta, alibi, argumentasi dan khayalan yang baik, sehingga kami penyidik kalau tidak melakukan cross check keterangannya dengan fakta di lapangan, bisa terlihat keterangannya adalah suatu hal yang benar. Saya melihat, sepanjang proses penyidikan GRIBALDI tidak pernah sedikitpun merasa bersalah, tidak ada empati terhadap korban yang dibunuhnya, bahkan ia menyalahkan mereka.

Ketika membaca sebuah tulisan pada sebuah website Prof SARLITO, Dekan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia tentang psikopat, barulah penulis menyadari bahwa ada beberapa kemiripan ciri seorang psikopat dapat ditemukan di dalam diri GRIBALDI. Ciri itu antara lain sbb. :

1. Kurangnya rasa empati selalu berbohong,

2. Emosi yang tidak terkedali,

3. Egoistis,

4. Manipulatif,

5. Tidak mempunyai rasa toleransi

Saya kemudian membandingkan ciri – ciri tersebut diatas dengan beberapa sikap GRIBALDI selama penanganan. Untuk itu diperlukan suatu metoda dan cara khusus untuk melakukan penyidikan terhadap seorang Psikopat, mengingat rumitnya kondisi kejiwaan seorang tersangka.

(bagian pertama)

6 Komentar

Filed under hukum, Polisi, polri

6 responses to “POLISI PEMBUNUH !

  1. Pak Polisi yang hobby nge-blog, salut…lanjutkan Pak…
    kunjungi webkita juga http://www.infojambi.com

    OK, bang jay… thanks sudah aku kunjungi… mantaaab, tolong disebarkan tentang FPU Indonesia di Media jambi juga … Thanks

  2. mantap oiii blognyo pak polisi… slamat ngeblog pak polisi,, kami mengundang pak polisi untuk mengunjungi blog kami :

    http://meranginjambi.blogspot.com

    @ Haris : LAH BERKUNJUNG KANDO, SELAMAT ATAS BAPAK BARU NYO PAK NALIM….

  3. Kenapa kalau membaca blogmu ini saya sering menahan nafas ,ya? Your way of writing is soo terrific overwhelmingly great! Membuat orang penasaran untuk membaca to be continuednya itu kemana.. Mudah2an caramu menarik kesimpulan pada suatu perkara diikuti adik2mu, Re..
    Since you are in Indonesia already, I believe🙂, just keep on writing and good luck for you🙂

    @ mba esti : terima kasih mba .. waduh masa sih mba jangan bikin GR ah haha … pujiannya jadi membuat aku menahan nafas …..

  4. natanael pare

    trimakasih Dan,bnyak info dan ilmu yg sy dpt lewat blog Komandan.maju trus Dan,sy slalu menunggu kelanjutan tulisan DAN.ALFASHIR,DARFUR.

  5. arief

    …polisi juga manusia bang..itu pernah ku dengar..tapi polisi juga psikopat lom pernah kudenger koq bang…
    jadi pengen tahu ni bang..sebagai orang awam..tes psikologi tu apa c & gimana..apakah benar bisa menjangkau atau mendeteksi kejiwa an seseorang jika dilakukan benar2, hasil diaknosanya tu seberapa akurat?
    mungkin bisa dikupas di tulisan selanjutnya…
    sukses bang re…

  6. kalau dibuatkan film bagus nih pak, jadi masyarakat tahu bahwa polisi yg baik mengungkap polisi yang jahat

    @deden: hehe sudah ada filmnya a good cop and a bad cop …🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s