Kapolri Jendral Sutanto menutup latihan Pra-Operasi FPU Indonesia dalam persiapan Missi ke Darfur

Rangkaian latihan pra operasi FPU Indonesia dalam rangka persiapan untuk missi ke Darfur yang dilaksanakan tanggal 23 Januari sampai 23 Februari (1 bulan) telah berakhir dengan sukses tanpa ada kendala, hasil yang diharapkan adalah anggota FPU benar – benar siap menghadapi medan tugas di Darfur nantinya…. dan nampaknya tujuan itu tercapai, indikatornya para pimpinan Polri terkesan dengan kesigapan anggota FPU dalam menjalani setiap materi latihan dan penampilan mereka dalam peragaan dalam upacara penutupan….


Kehadiran Kapolri Jendral Sutanto dalam upacara penutupan Lat Pra Ops menandakan Kapolri sangat concern terhadap keberangkatan FPU Indonesia ke Darfur, hal ini dipandang sangat wajar karena Mabes Polri pertama kali mengirimkan personilnya dalam ikatan pasukan…. sesuatu hal yang baru dan masih meraba – raba mencari format yang sesuai…. kendala pasti ada, yang paling krusial adalah pemenuhan material dan logistik bagi FPU Indonesia, lain halnya untuk penyiapan personil FPU.. anggota Brimob sebagai back bone FPU adalah personil yang sangat terlatih dan mempunyai readiness yang tinggi….

Latihan dan kegiatan yang di laksanakan selama 1 bulan ini antara lain :

1. Latihan kesiapan pasukan dalam menghadapi team Pre Deployment Visit dari PBB, untuk menguji kemampuan dalam ikatan pasukan FPU Indonesia (dalam minggu pertama latpraops)
2. Pengenalan daerah Missi Darfur oleh komandan Kontingen UNMIS Akbp Ari Laksmana.
3. Pengenalan Budaya Masyarakat Sudan oleh Dubes Sudan.
4. Human Right dan pengenalan Peace Keeping Operation oleh Deplu.
5. Latihan Bahasa Arab dan Inggris oleh Sekolah Bahasa Polri dan test Bahasa Inggris dari PDV team PBB.
6. Latihan berkuda oleh Direktorat Satwa Mabes Polri.
7. Latihan mengemudi mobil left steering, mengemudi truk dan mengemudi Armored Personal Car (APC).
8. Vaksinasi personil FPU (12 macam vaksin) dan test kesehatan jiwa oleh Bid DOKKES Mabes Polri.
9. Latihan menembak (pengenalan senjata Styer, tembak reaksi, tembak sniper, pistol) oleh PUSLAT Brimob Polri.
10. Cross Country dan Speed Marching oleh PUSLAT Brimob Polri.
11. Latihan luar di Pelabuhan Ratu dengan asumsi medan sesungguhnya (penghadangan, penyerangan, patroli, navigasi, PHH, penyergapan rumah) oleh PUSLAT Brimob Polri.
12. Pembekalan Duta Besar Amerika Serikat tentang keadaan di Darfur (beliau pernah 5 tahun berdinas di Sudan)
13. Pengarahan dari Australian Federal Police (AFP) tentang Peace Keeping Operation.
14. Persiapan peragaan dalam upacara penutupan.

Latihan dan kegiatan tersebut dapat diikuti oleh seluruh personil FPU dan menunjukkan kesiapannya untuk di terjunkan ke daerah Missi yang mempunyai kondisi Ekstrim di Darfur.

Kapolri dalam sambutannya menekankan kepada seluruh anggota FPU agar dapat menjaga nama baik Indonesia, karena baiknya tugas FPU Indonesia akan membawa baik Indonesia, namun buruknya FPU Indonesia juga membawa buruk nama Indonesia di mata Internasional.

Dalam upacara penutupan ini juga diperagakan kemampuan FPU Indonesia dalam menghadapi tugas di Darfur dan terlihat para tamu undangan termasuk Kapolri memberikan respon yang positif atas peragaan ini, juga dipamerkan jenis – jenis material dan Logistik yang akan dibawa FPU Indonesia ke Darfur….

FPU Indonesia direncanakan berangkat keseluruhan pada tgl 1 sd 10 Mei 2008, namun akan ada team yang berangkat duluan (termasuk saya)…. karena kami akan mengurus clereance peralatan setelah kapal mendarat di Port Of Sudan, dan ada juga team yang ikut dengan Kapal Cargo Container yang mengangkut peralatan FPU dari Tanjung Priok.

Demikian para pembaca blog saya… Mohon doa restu agar FPU Indonesia (140 orang) dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan paling penting pulang kembali dengan selamat bertemu dengan keluarga.

About these ads

22 Komentar

Filed under Darfur, FPU, Polisi, polri, UNAMID

22 responses to “Kapolri Jendral Sutanto menutup latihan Pra-Operasi FPU Indonesia dalam persiapan Missi ke Darfur

  1. mardiaz

    bang, kayaknya ada latian yang kelupaan, antara lain gimana cara operasikan laptopnya wadan kotingen, trus ada isu dari rekan-rekan katanya fpu kita gak berangkat2 karena wadannya msh over weight, bener gak sih bang, beeeehhhhhhh

    Sembarangan… gua udah full muscle and six pack bro…. siap untuk tempur !

  2. selamat bertugas….semoga selamat sampai kembali ke tanah air…

    @ arva : Terima kasih atas doa restunya……

  3. diaz

    six packnya abang itu six pack beehhhhh…..

    @diaz : perasaan ngga ada foto gw di situ……

  4. mardiaz

    ada bang, foto abang yg lg pembukaan lat di pelabuhan ratu, yang terlihat menonjol hanya di selangkangan soalnya abis latian wadan kontingen infonya bkunjung ke mak erot yang asli di cisolok, lagian latiannyo koq malah di pelabuan ratu, nakal nian ini,hehe, tapi keren juga tuh kacamatanya, kompol anwar tu siapo bang??

    @mardiaz : he he he…. memang lokasi lathan hanya berjarak 5 km dari rumahnya mak erot, sayangnya ngga sempat berkunjung….. Kompol Anwar angkatan WS dinas sebagai kanit VC pola Jatim…..

  5. selamat bertugas deh!!

    btw, kok ada yg endhut pak polisinya?
    he he he piss…..

  6. hidup indonesiaku….semoga lancar…diberikan kemudahan dalam bertugas, doa kami selalu menyertaimu….

  7. bang tu kakaku ikut nggak ya? mas hariyanto yogya

    @wawan yogya: Terima kasih atas ucapanya…. sekarang yang berangkat kebanyakan dari brimob kelapa dua, yang dari Jogja ada 1 org , tapi bukan mas nya…. terima kasih…..

  8. ya emeng kakaku tugas di brimob kelapa dua, jadi g ada to? trus katanya di undur berangkat nya sampe awal juli, apa benar?
    trus bang..n’tu misi berapa bulan di sana?

  9. maap…. ni bang kompol reinhard hutagaol bukan????
    hehehehe…. maap….

    @wawan : Keberangkatan memang menungu barang – barang sampai di Darfur, memang kalau sampai bulan Juli itu sudah cepet banget, perkiraan si bulan Agustus…., Iya brother itu namaku, pernah ketemu kita ? Untuk nama kakak aku lihat dulu daftarnya, ngga hapal semua sih :-)

  10. AMBANG BANTUL

    Bang aku mau nanya, yang diberangkatkan Perwira ya?
    Trus kalo polisi sari Gassum bisa ikut ga ?

    @AMBANG BANTUL : di FPU kan ? Perwiranya cuma 30 % ……. polisi dari gasum ? ada …. dari 140 orang ada 35 orang non Brimob, namanya team pendukung : bengkel, cooking, ahli bahasa arab dan lain – lain….

  11. Buat anggota Brimob detasmen C, tenri betta…..
    tetep semangat dalam menjalangkan tugas negara,,,,, meskipun rasa rindu terhadap orang tua, anak, istri,.. buktikan bahwa kalian adalah abdi negara yang sadar akan stabilitas negara..
    ….

  12. masbagus

    Salam Kenal Dari Saya Mas Bagus (https://masbagus.wordpress.com/), Mohon ijin ambil gambar dan link di blog saya. Thx ya……. :)

    @ masbagus : silahkan mas, asal disebutkan sumbernya… salam kenal, thanks

  13. afx

    klo dapet perintah saya siap ikut…tapi sayangnya saya cuman bintara dalmas polres jadi ga bakal dapet perintah…hehehe…tapi bener2 keren yah…pengabdian sejati…salut buat polri…smoga tuhan melindungi setiap langkah kita…cayyyooo kepolisian indonesia…

    @afx : lah ini bukan di perintah kok , berangkat ini melalui test dan tidak membedakan perwira atau bintara….. jadi kalau ada info daftar saja lewat personil polda….

  14. G. J. Tambunan

    Mohon ijin kmndn, Police Advicer dan FPU diberangkatkan bersamaan atau tidak? Kapan berangkatnya? (saya sdh lulus tes yang diadakan oleh UNSAT di jakarta)…Trims (FPU na INP gagah perkoso)

    @ G. J. Tambunan: FPU memang masih termasuk UNPOL namun mempunyai tugas yang sangat berbeda dengan Police Advisor, jadi keberangkatannya pun ngga ada hubungannya dengan Police Advisor, PA akan di reckrut sesuai kebutuhan UN mission mereka mempunyai data in out dan perkiraan banyak PA yang dibutuhkan, walaupun anda lulus UNSAT belum berarti anda bisa langsung ikut missi, karena itu tergantung chief of personal UN Mission, mereka akan mewawancara dulu kandidat melalui telepon dan itupun tidak semua, mudah 2x ana anda termasuk list mereka…. :)

  15. G. J. Tambunan

    trims FYI kmndan, tapi saya belum PA saya masih BA, kesempatan saya kecil donk. But i’ll keep trying. makasih komndan, tetap di update foto dan kisahnya, seru untuk di ikuti dan memacu semangat. kibarkan terus bendera merah putih di kancah international, suatu saat man in brown akn mengalahkan man in blue dan BRINYOT akan mengalahkan team SWAT…. cayo kmndan……..

    @ G. J. Tambunan: Sama saja kesempatannya, yang membedakan adalah nasib saja, karena ha untuk menentukan siapa kandidat untuk berangkat adalah bukan Mabes, bukan penguji UN kemarin, namun anggota chief of Personnel Missi yang akan memilih……… semoga keberuntungan berpihak pada anda, kalau kemampuan sih jangan kuatir kita mampu bersaing kok :) terima kasih

  16. manofsat3por

    truz maju pantang mundur…….fpu jaya….walaupun blon brangkat…

    @manofsat3por: Yang jelas sih jadwalnya mundur terus :P tapi maju teruss pantang mundur :P

  17. manofsat3por

    izin komandan,mo nanya situasi (cuaca & musim )terakhir,menyampaikan kita disini siap lebaran,maksudnya PAM.tapi masih truz latihan dan tetap semangat menuggu pemberangkatan.

    @ manofsat3por: situasi menjelang bulan November Desember agak adem, bahkan ada yang disebut “winter desert” kalau anda merasakan bisa samapai 5 derajat celcius, memang sunguh aneh cuaca di gurun, yang jelas tetap semangat deh, ok ?

  18. adhel jogja

    kak alwan napa susah sekali di hubungi.apa disana ga da jaringan telp..???
    semangat ya kak.adek doain moga kakak sehat slalu,,,dan balik ke indonesia dengan selamat…
    amin……

    @ Adhel : Memang kadang – kadang jaringan telepon (apalagi Internet) down sama sekali disini, jadi agak susah dihubungi… namun beritanya kita semua baik – baik kok.. jangan kuatir lah … :)

  19. hendro

    kalau POLRI mau mengirim prajurit ke SUDAN, kirimlah prjurit yang muda2 supaya di uji mentalnya ….. jangan hanya jadi macan di kandang sendiri/cuma hanya menakut-nakuti masyarakat …… !!!!!!

    @ hendro : hehehe saya setuju nih usulnya mas…..

  20. saya tertarik juga mau ikutan nih kapan ya.. ada pembukaan ke sudan yang kedua. saya bintara kesehatan dinas di dokkes. kira-kira kapan tesnya? dan berapa orang dibutuhkan untuk anggota kesehatannya?

    @ hendra : masih banyak dibutuhkan, keslap kita ada 4 orang, dokter 2.. tapi missi ini masih lama kok.. 10 tahun aja ngga selesai…. pasti ada TR ke wilayah untuk seleksi kok…

  21. kahar

    kami bangga padamu abdi yng senang tiasa mengabdi..
    saya juga mau tuga skeluar negri tapi sayang cita2ku tdk kesampaian
    masalahnya saya di tempatkan di papua…..tempat yng jauh dari peradaban…..

  22. DANI IRVAN

    IJIN PENGEN IKUT NDAN SYARATNYA APA AJA NDAN……BIAR BISA MASUK GIMANA NDAN

    @dani: syaratnya sehat, bintara maupun perwira, dan lulus tes Polri dan UN, pastikan nama terkirim ke pusat dari satker masing 2x apabila ada panggilan test.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s