PERSENJATAAN FPU : Non Lethal Weapon (Pepper Ball Launcher)

Pepper Ball Launcher

Salah satu persyaratan FPU untuk ditugaskan dalam Mission Area adalah : Kemampuan Pengendalian Huru Hara (PHH), karena dalam penugasan pasukan perdamaian tidak mungkin diturunkan unsur Militer dalam menangani huru – hara/demonstrasi, salah satu contoh pada Missi PBB di Kosovo (2002), pada saat itu polisi masih usur sipil tidak bersenjata (Unarmed), pada saat itu PBB dihadapkan demostrasi besar – besaran yang melibatkan hampir 200 rb orang, karena pada saat itu polisi hanya sebagai Police Observer yang bekerja perseorangan dan bukan ikatan kelompok apalagi mempunyai kemampuan PHH, akhirnya pada saat itu diturunkanlah UN Military yang tentu saja tidak punya kemampuan PHH…. hasilnya dapat diduga….. sapu bersiiiiih…. pada saat itu terdata kurang lebih 200 (dua ratus) demonstran tewas karena kekurang mampuan militer menangani PHH (dan memang mereka tidak dilatih untuk itu…) Setelah peristiwa Kosovo PBB berpikir untuk menugaskan kepolisian berseragam (Formed Police Unit) yang dapat menangani huru – hara dan ganguan kriminalitas bersenjata…. Semenjak saat itu FPU selalu ada dalam setiap missi perdamaian PBB seperti di Timor Leste, Haiti, Liberia dan terakhir di Sudan….

Launcher

Dalam tulisan ini saya akan membahas salah satu persenjataan Non Lethal (tidak mematikan) yang digunakan oleh FPU Indonesia dalam penugasan ke Darfur, yaitu Pepper Ball Launcher ….. senjata ini adalah modifikasi dari senjata permainan perang – perangan anak muda sekarang yaitu Paint Ball atau Soft Gun, cuma peluru cat diganti dengan Pepper Ball yaitu gas air mata…. yang menimbulkan rasa pedih di kulit dan mata, ini terasa lebih menjamin terlindunginya HAM (he he he), Penggunaan Pepper Ball Launcher berkaca dari pengalaman buruk penggunaan Peluru Karet yang ternyata bisa juga menimbulkan Kematian atau setidaknya Luka Parah apabila ditembakkan dari jarak dekat……

Pepper Ball launcher ini menggunakan Gas untuk penembakannya…. bisa melesatkan 3 peluru per detik…. dan apabila terkena tubuh, peluru bulat plastik akan pecah dan mengeluarkan gas air mata…. (aduuuh periiih…. ), Tempat peluru bola dalam senjata bisa memuat 100 (seratus) peluru, Pepper Bal Launcher adalah persenjataan PHH tingkat peleton, dalam setiap peleton minimal ada 2 orang penembak …. Sekarang bagaimana keiistimewaan PBL dibandingkan Pelontar Gas Air Mata ?…. Menggunakan PBL adalah lebih efektif karena sasaran (para demonstran) dapat dibidik sesuai target, sedangkan penggunaan Gas Air Mata dengan Pelontar, akan menghasilkan ledakan dari tabung Gas Air Mata, menyebabkan Gas Air Mata Tersebar ke udara secara meluas tetapi dampak gas air mata seperti senjata makan tuan, karena petugas polisi pun terkena dampaknya….

Pepper BAll berisi Gas Air Mata…… Bentuk Peper Ball yang dimasukkan dalam Launcer

GO FPU’ers !!!!, FYI : FPU Indonesia mendekati keberangkatannya karena KEPPRES tentang keberangkatan telah ditanda – tangani oleh Presiden……….

About these ads

12 Komentar

Filed under Darfur, FPU, IDP, PBB, police, Polisi, polri, Publik, sudan, teroris, UNAMID

12 responses to “PERSENJATAAN FPU : Non Lethal Weapon (Pepper Ball Launcher)

  1. ronaldo

    boleh dong mas, pinjem buat airsoft gun

    @ronaldo : boleh – boleh aja…. tapi syaratnya ngerasain di tembak 1 butir ball pepper… mau ngga ?

  2. keboiwa

    kenapa pake pepper ball? lebih enak pake salted chocolate ball.

    @ keboiwa : ha ha ha…. nanti para demonstran bukannya bubar… tapi malah ngumpul……..

  3. HandraYP

    Mas, Kebetulan saya bekerja di perusahaan Security yang sering mengahadapi Huru hara.. Apakah bisa dibeli untuk kebutuhan tersebut ? kalau bisa dimana bisa membelinya ?

    Terima kasih
    Handra

    @HandraYP : Coba hubungi PT Pasific Aman Garda, alamat serta contact email bisa di googling saja…. terima kasih…

  4. HandraYP

    Thanks for infonya mas

  5. Andiko

    Buat yang mau beli Pepperball atau yang lebih canggih dengan harga lebih murah bisa hubungi saya di apandu2000@yahoo.com… Kalau merasa di PAG masih kemahalan..
    Karena kebetulan yang masukin barang ini ke BRIMOB dan Delog saya juga..;-)
    Salam Brigade!!!

    Rgds,
    Andiko

    @Andiko : Trims, Infonya……..

  6. Noerman Adhiguna

    Dear Sir / Madam

    Bagi semua peminat Pepper Ball, PT.Era Palapa Nusantara adalah sole agency for Indonesian Police. Dan bagi yang berminat untuk membeli Pepper Ball dapat langsung menghubungi Non-Lethal Solution Ltd, USA, sebagai Authorized Sole International Distributor.
    Bagi Bpk. Andhiko Pandu Nugroho, sebagai Ex pegawai PT.Era Palapa Nusantara, diharapkan tidak melanggar hukum dengan menjual Pepper Ball tanpa ijin dari PT.Era Palapa Nusantara, dan TANPA Holding AGENCY dan CERTIFICATE UJI LITBANG dari Indonesian National Police (POLRI) yang pada saat ini di pegang oleh PT.Era Palapa Nusantara.

    Best Regards

    N. Adhiguna
    (Ex. Shareholder-Employee (Director) PT.Era Palapa Nusantara.)

    @Noerman Adhiguna: Terima kasih atas infonya, kalau soal jual menjaual saya ngga ikutan deh mas… :mrgreen:

  7. hangoverkids

    jhahaha..om andiko dpet teguran tuch..

  8. martin lubis

    mw nanya pak, kok kelaitannya jarang dipake di dalam negeri ya? lbh murah pake water canon kah? hahaha…

  9. hmmmm jadi ingin masuk polisi aja dech… :D

  10. bos klo mau beli pistol yang pake pil peluru meledak gmna caranya?tolong inbox di emailku ya .. thks

    @aku_wae: paling gampang ikut PERBAKIN saja dulu ….

  11. bos klo mau beli pistol peel puru gas gmna caranya tolong inbox di emailku lelakitanpaistri@yahoo.com ato sms di 087738172123 serius neh … salam sejahtera selalu

  12. mw nanya pak, kok kelaitannya jarang dipake di dalam negeri ya? lbh murah pake water canon kah? hahaha…<– iya lah lebih murah water canon,,,dan lebih hebat efeknya,,jika watercanon nya diisi dari sedotan septitank,, hahaha,,,ditulis aja di mobil water canon,,,sudah diisi tinja sedotan septitank,,,,pasti demonstran udah pada kabur duluan,,sapa mau kena e'ek

    @pahlawan: iya memang dibeli khusus untuk FPU :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s