Sudan here we come……

 

peta sudan

Tidak pernah terbayangkan pada suatu saat saya bisa menginjak benua Afrika, sampai suatu siang saya di telp oleh seseorang Kombes di Mabes Polri yang menunjuk saya sebagai Wakil komandan Kontingen Polisi Indonesia pada missi PBB di Sudan, memang sebulan yang lalu saya baru pulang dari pelatihan FORM POLICE UNIT di Vicenza Italy, konsep FPU adalah bentuk baru penugasan kepolisian internasional pada setiap penugasan misi perdamaian PBB. FPU adalah suatu unit kepolisian yang mempunyai kemampuan taktis dan teknis dalam menghadapi setiap situasi darurat di suatu negara yang terdapat konflik internal. Konsepnya lebih dekap dengan gerakan militer, artinya dalam suatu kesatuan utuh (setingkat kompi) menempati suatu barak, menguasai suatu wilayah yang menjadi tanggung jawabnya, mempunyai mobilitas yang tinggi, siap menghadapi kontak senjata atau kriminal tingkat tinggi yang menggunakan senjata, yang jelas dari Indonesia telah dipersiapkan FPU dari Brimob. (tentu saja polisi umum tidak mempunyai kemampuan seperti ini), dan mungkin dari 140 orang calon FPU Indonesia, mungkin hanya saya yang berasal dari polisi umum.

Kontingen FPU Indonesia direncanakan akan berangkat bulan desember 2007, dan direncanakan akan bertugas selama 1 tahun. Problem utama di Sudan adalah adanya pertikaian di dalam negara mereka di bagian barat Sudan, tepatnya di Dharfur, konflik yang terjadi memang lebi ke SARA, antara masyarakat Dharfur yang berkulit hitam yang merasa ditinggalkan oleh pemerintah pusat Sudan yang mayoritas keturunan Arab, dalam menghadapi konflik dan pemberontakan ini pemerintah Sudan menggunakan Milisi JANJAWEED yang merupakan suku pengembara keturunan Arab. Tugas FPU nantinya adalah membuat kedua pihak ini untuk tidak saling menyerang.

Memang kesulitan yang pati akan dihadapi adalah kami masih meraba – raba tentang Sikon di tempat tugas kami nantinya, wajar karena kami merupakan kontingen FPU pertama dari Indonesia, sebelum ini memang sudah banyak anggota Polri yang pernah ikut missi PBB, seperti di Kamboja, Namibia dan Bosnia Hercegovina. (saya sendiri pernah ikut missi ke bosnia tahun 1997) tapi sangat berbeda dengan FPU, pada waktu itu kami semua merupakan bagian dari CIVPOL (Civilian Police), dalam tugasnya kami lebih individual, dan dicampur dengan CIVPOL dari negara lain dan dengan penempatan di wilayah tugas yang berpencar.

Ok, saya mengharapkan doa restu dari semua yang membaca blog ini, mudah – mudahan tugas ini  bisa berhasil dan bisa pulang dengan selamat.

About these ads

53 Komentar

Filed under Darfur, IDP, PBB, Polisi, sudan

53 responses to “Sudan here we come……

  1. Pasti saya doain Bung Rere.
    Tugas ini, jelas berat. Bukan hanya situasi kondisi yang tak terduga. Melainkan juga membawa nama negara.

    Konflik Darfur memang mengerikan. Saya sudah bertemu dengan beberapa refugee dari sana. Cerita-cerita pembantaian sipilnya sunguh sadis dan kejam luar biasa.

    Jangan lupa, ditulis yaa pengalamannya bertugas.
    Oh ya, kalau mau peta sosial budaya Afrika, silahkan kontak Bung Luigi, di pralangga dot org. Setahu saya, beliau punya banyak kontak di Afrika. Sebab beliau tugas di Liberia sebagai bagian dari baret biru.

    Selamat bertugas, Bung. Insya Allah kalau niatnya baik begini, setiap degup jantung, setiap desir darah, setiap detak nadi, pasti dijaga dan diridhai oleh Yang Maha Kuasa.

  2. rere

    thanks bg itop atas doanya, saya akan selalu update laporan pandangan matanya….

  3. wah.. asyik nih ada seorang polisi yang ikutan nulis blog :) salam kenal pak :)

  4. Terima kasih Bang Freddy, tapi untuk up date terus susah juga juga yaa… he he he

  5. inong

    pak selamat ya atyas tugasnya disana. semoga sukses.
    MAAF PAK MAU NANYA. KIRA-KIRA TANGGAL BERAPA AKAN DIADAKAN SELEKSI ATAU TES UNTUK PASUKAN dk DI SUDAN? TERIMA KASIH BANYAK…

  6. @inong bulan depan, masih ada kesempatan ……. udah daftar ? btw u dari polri ?

  7. restu

    wah hebat memang polisi kita, berani benar,, semoga bapak dapat menjalankan tugas dan di beri kemudahan di sana dalam hal apapun, selalu merasa dekat dengan rumah dan menjadi orang yang selalu beruntung, amiiin

  8. @restu : terimakasih atas atensinya, semoga kita selalu diberi petunjuk oleh Nya

  9. restu lagi

    mlm pak, maaf mau ikut tanya kalo mau ke sudan di tes apa aja pak? dah gt, b. inggris mutlak harus bener2 lancar? saya dari Polri dah ada TR bagi yang berminat daftr k personil masing2 ksatuan, i am affraid but i want to try something new, i am female……. alias police woman

  10. Standar UN Test adalah : Bhs Inggris tulisan dan lisan (wawancara) dan mengemudi, wajib banget karena lingkungan tugas kita di PBB berbahasa inggris (dan perancis).
    Kenapa musti takut kalau polwan ? polwan kita beberapa kali ikut missi PBB, dan bahkan tahun 2000 komandan kontingenya dari polwan yaitu ibu GAUT, beliau menunjukkan kemampuan yang sejajar bahkan lebih dari POLKI….
    Ok Restu semangat yaaa….

  11. selamat ya bung rere.. sepertinya misi anda adalah misi yang sangat berbahaya dan beresiko kebetulan saya punya teman polisi yang akan ke sana bersama2 dengan misi anda namun saya kaget waktu diberi tahu bahwa uang sakunya perhari cuman Rp. 10.000,- apa itu cukup, mungkin harga rokok disana aja bisa2 Rp. 50.000,- blm untk tlp. keluarga.. apa itu mungkin STANDAR PBB. di jakarta aja sekali makan 10.000 itu pun di warteg.. waduh kasian yah……..

  12. INONK

    makasih ya balesannya… aku bukan dari polri, aku tenaga medis aja kok. cuman mas saya yang polri. KALO BOLEH TAU KIRA-KIRA TANGGAL BERAPA YA TESNYA? DAN UNTUK TES ITU BERAPA LAMA/HARI? BISA DIJELASIN GAK SISTEM TESNYA. TERIMA KASIH BANYAK YA…. :)

  13. @ronal : betul itu… per day : 1,26 usd, cuma ada yang perlu diingat, kita tergabung dalam FPU Indonesia, dan Indonesia dalam hal ini adalah negara kontributor, segala kepentingan masalah kesejahteraan tergantung kebijakan pemerintah kita….
    @Inonk : waduh saya ngga tau , setahu saya TR sudah dikirim ke wilayah, coba hub bag personalia masing – masing daerah, testnya kalau Indonesia ada kesehatan, Psi, Bhs Inggris dan mengemudi.

  14. jagal

    mobile brigade-pelopor
    saya bangga punya Komandan yg jago english ama i.t
    baru kali ini saya liat blogg- kepunyaan abdi bhayangakara. kami akan slalu mendampingi Komandan di penugasan kita nanti. WE RIDE TOGETHER N WE DIE TOGETHER…!!!!!
    we are special police force of indonesian. BRAVO !

  15. @mr jagal…. terima kasih nanti kita ketemu di medan tugas, sebagai info biar sudan daerah antah berantah tapi masih bisa connect internet asalkan bw laptop, krn ada provider namanya sudanese menyediakan cdma yg 3g. Kalau pakai telp messenger bisa sangat menghemat biaya telp ke indonesia……

  16. bonds

    wuaduh bapake… maksudnya negara kontributor en kebijakan kesejahteraan ditangan pemerintah itu apa ya???? kok diriku nggak mudeng…, honor bisa ditambah gitu ya bapake…, by the way saya dari kantor sebelah artha graha en nanti saya melu karo bapake loh….

  17. mr bro

    waduh saya kemaren mau ngedaftar berangkat ke sudan, tapi pas ngarti gajinya cilik, ya mundur dah, biasane lak gaji nang pbb antara 100-175, kalo cuman dapet segitu sich mendingan berangkat ke poso waelah,adoh2 ninggalke keluarga mek entuk sakmono, mengabdi sich mengabdi,tapi nak nombok,yah bapake waelah sing budal,nyong nang kene wae,hidup bapak-bapakee,ojo lali jaga keselamatan ya

  18. rudi

    berarti kalo begitu kita dapat berapa pak untuk gaji/tunjangan perbulan, menurut pak rere kan 1.26 usd berarti hanya 38usd perbulan,kan gak mungkinlah pak udah jauh2 ninggalin keluarga cuman dapat penghasilan segitu? kira2 ada tunjangan lain2 gak pak,trus fasilitas apa yang kita dapatkan disana baik yang diberikan oleh UN ataupun oleh pemerintah kita,saya lihat di cnn pemberotak disana sdh menggunakan senjata anti serangan udara,trus kalo brimob kita bawa ultimax apa tdk ditertawakan? malah dipikir senjata senapan burung pak? mhn penjelasan mengenai renc perlengkapan yang akan kita bawa,tidak mungkinkan kalau kita bawa randinas danki2 kita yang jenisnya jimny katana,lha wong di indonesia aja sering mangkrak di bengkel kayak punyanya akp fachri

  19. restu lagi..

    selamat pagi bapak….( di sini pagi) semoga bapak polisi yang di sana selalu mendapatkan kebahagiaan dan ketentraman batin amiiin… selamat hari raya idul fitri …

  20. sawali

    Untuk pak Reinhard yth>
    Salut calon wadan kontingen kita IT Expert sehingga sebelum berangkat ke medan laga kita sdh dibekali sedikit pengetahuan tentang apa yg kita hadapi, secara singkat saja dlm kesempatan ini sebelum kita benar2 berangkat ke sudan, mungkin ada baiknya kalo perangkat2 komandan kita ini mengusulkan ke mabes polri tentang plengkapan yang akan kita gunakan,kalo melihat dari berita2 yg ada bahwa rebel di sudan ini sangat beringas dan mereka memiliki senjata yang cukup lengkap,karena mereka ini adalah militer,apakah persenjataan dan peralatan pendukung seperti GPS, radio komunikasi, kendaraan patroli kita nanti sudah benar2 cocok untuk menghadapi mereka, yang saya bingungkan kenapa malah polisi lebih dahulu diberangkatkan kesana, sedangkan kita tidak lebih fokus mengirimkan polisi ke lebanon setelah militer kita sdh berada disana, dan mengapa militer kita tidak juga diberangkatkanke sudan? Dan saya lihat kenapa di sudan hanya ditugaskan personil2 dr negara ketiga seperti bangladesh,nepal,pakistan, india,indonesia, sedangkan negara2 eropa dan amerika serta negara lain yang maju tidak dipersiapkan kesana,biasanya kalo hal ini trjadi maka PBB msh menganggap missi ini msh terlalu rawan. Mumpung kita belum berangkat kalau bisa peralatan kita benar2 dipersiapkan dengan matang, baik yg bersifat deffence maupun offence, trims untuk para komandan yang dapat memperjuangkan masalaah ini.

  21. mamat

    SUKSES DAH BUAT MAS RERE, PAK POLISI KITA INI HITECH JUGA YA, SO PASTI NTAR ANGGOTANYA DISANA BETAH. OK DEH SAYA DENGER DI SUDAN BANYAK SEKALI WABAH MALARIANYA DAN PENYAKIT MENINGITIS,ITU TUH KATANYA PENYAKIT YG MENYERANG OTAK, SO SAYA SARANIN BUAT BG RERE UNTUK MGHINDARI MALARIA HARUS BETUL2 DIBERSIHKAN AIR YG TERGENANG N JGN TIDUR SIANG2,SIAPIN BETUL KELAMBU DITIAP2 VELBED,KRN SY LIAT KONDISI CAMP GERMAN TROOPS DI SUDAN SAJA PARAH,DR LOBANG WC BANYAK KECOA KARENA HANYA SEBAGAI LOBANG SAJA,ITU YG PERLU DISIAPKAN DR TANAH AIR, TRUS PGALAMAN SAYA MEMEBAWA PASUKAN DITEMPAT2 TERPENCIL YAITU MEMBAWA IN FOCUS DAN BAWA CD YG BANYAK UNTUK MENGHIBUR PARA ANGGOTA. JGN SAMPAI KRN MRK STRES AKHIRNYA MEMBAWA DAMPAK KPD PELAKSANAAN TUGAS APALAGI INI TUGAS INT’L LHO,SEKALI ANDA MEMBAWA MSLH BUKAN HANYA POLRI ATAU RERE SAJA YG MDAPAT AIB, TP SLRH BANGSA IND AKAN MNANGGUNGNYA, APLG SY DENGAR ANDA ADALAH YG PERTAMA KESANA. PEMBINAAN ROHANI DAN MENTAL PERLU DILAKUKAN,HUB ANTARA ANGGOTA DAN KOMANDAN LAYAKNYA DIHILANGKAN DULU DAN BUATLAH SEBAGAI KEL BESAR. SETAUN TIDAK SEBENTAR,DAN INGATKAN KEPADA KESATUAN ANDA UTK SEGERA MELAKUKAN TEST PSIKOLOGI SEBELUM BRANGKAT,JGN ANGGT MMILIKI PERSOALAN DIRMH LANTAS DIPERINTAHKAN BRANGKAT,AKHIRNYA MALAH MEMBUAT MASALAH. CARI KESIBUKAN DGN MEMBAWA ALAT2 OLAHRAGA UTK MEMBUNUH WKT. TERUTAMA MSLH LOGISTIK HRS PERLU DIPERSIAPKAN SCR MATANG DR TANAH AIR,ADAKALANYA BARANG2 YG DIPERLUKAN TDK TERDAPAT DISANA. SO PESAN SAYA JG NAMA BANGSA DAN NEGARA,SELAMAT DAN SUKSES SEMOGA KEMBALI UTUH BESERTA PASUKAN DAN TIDAK ADA HAMBATAN YG BERARTI. SALOOM

  22. @bang Mamat : Saran diperhatikan, kita juga sudah memikirkan sarana welfare, hiburan dll. Termasuk didalamnya : alat fitness, karaoke, internet dll…

  23. jagal

    sudann….here we come…
    udah gak sabar lg neh kami brangkat.
    teman-teman pada nanyain kapan brangkatnya..?
    kapan lg kluar negri klo gak tugas kaya beginian..
    saatnya cari sesuatu yg baru diluar sana.
    salam hormat buat Kompol Reinhard dari tim pelopor dan tim gegana yg tergabung dlam kontingen FPU.
    SALUTE UP !
    JIWA RAGAKU DEMI KEMANUSIAAN
    BRAVO KORPS BRIMOB POLRI !!!!
    JAYALAH SELALU RESIMEN YG HILANG………

  24. anita

    congratulate for Mr.rere
    i’m very proud of you because u can be the part of indonesian force in sudan.

    i’m very interesting with this mission

    i’m anita, police woman

    i hear from my commandor there`s an telegram from headquarter…

    that undp need police woman force to send to sudan for eliminate gender programme…

    i have just join with police language center in cipinang last may 2007 for english intermediate programme and i have just gone to UNDP in thamrin … talk with the the commandor but i have forgot his name, but im still remember that he is from malaysia.

    they give many information for us.

    you give me many informatin in this blog

    may i have your email address sir ?? btw this is my email : nyitnyit88@yahoo.com

    with my pleasure please contact me if you read this message or just reply.

    thanks sir

  25. diaz

    untuk rekan2 yg bakalan berangkat ke sudan,jgn takut gak ada hiburan, soalnya wadan kontingen udah punya album film yg gak bakalan abis2 sampe pulang ke indonesia, hehe
    apa perlu dicopy msg2 nih bg biar gak rebutan?? hehe

  26. diaz

    waduh si jagal ini kesian bener ya,kalo gitu minta turunan dong ama wadan kontingen gimana caranya bisa keluar negeri terus, masak giliran keluar negeri malah cuman afrika doang, makanya baek2 ama wadan selama disana biar diksh ilmu,bener gak bg? ngomong2 kalo ntar ada hi level mo ikutan lg bang? hehe,kalo saya sich sekedar pelatiannya aja bang ya

  27. @ Mardiaz : Jangan begitu donk… kan ngga semua bisa punya kesempatan kaya kamu bisa bolak – balik ke LN kaya setrikaan… he he, High Level Coespu, kamu mah cuma berani yang boongannya aja… coba donk yang realnya, jangan ijin melaporkan “dada tipis” aja begitu mau ditunjuk jadi wadan Kontingen ha ha ha…

  28. keren bangeth nih tulisannya

  29. jagal

    santai aja boss…..
    rejeki gak lari kmana… ijin Ndan. ada taruna terbaru gak dr FPU kITA ?
    salam kenal buat Mba Anita ya…

  30. s a j y

    salam kenal aja buat this blog.
    im the new comer.
    s a j y
    bravo BRIMOB

  31. anita

    wah banyak juga ya yang masuk di blog ini…
    ayo bang rere…
    maju terus pantang mundur

  32. diaz

    wuah abang tambah semangat aja nich ada kontingen polwan yang berangkat,hehe

  33. Hryana

    Selamat bertugas, Tuhan tidak pernah tidur, dan pasti akan menyertai Bapak…

  34. Salam kenal…

    searching…eh..nyasar ke sini. Baru kali ini saya menemukan Blog nya Pak Polisi. SElamat ya..semoga Tugasnya lancar, semangat dan tetap ngeBlog…

    O,ya saya punya teman polwan kemarin juga ikut seleksi ke sudan. Kalau boleh tahu kapan pengumumannya ya…

    Untuk Bapak yang akan bertugas ke sana, saya ucapkan selamat jalan…semoga di mudahkan dalam tugas dan lancar semuanya, kembali ke tanah air dengan selamat. Semoga Polisi Indonesia makin jaya….

  35. PATRIOT INDONESIA

    Bung Rere, selamat siap-siap ke Sudan ya…
    Mau tanya nih, apakan benar saat ini sudah ada anggota Polri di Sudan? Karena saya baca di salah satu website (pralangga), sudah ada 6 orang ya. Apakah mereka nanti akan gabung dengan pasukan bung Rere? apa mereka yang disebut tim Aju?
    Maklum orang awam bung, tapi salut untuk Polri yang sudah mengibarkan bendera Merah Putih di negeri saudara kita Sudan.
    Negara ini dulu merdeka karena dukungan RI dan sekarang kita kembali mendukung supaya mereka benar-benar bisa menjadi negara merdeka kembali.
    Salam kami, MERDEKA !

  36. toni

    ijin komandan sy toni .dulu liat komandan saat komandan kuliag di fisip ui depok waktu itu komandan jabat kapolsek cilinci

    ng

  37. eko

    mohon ijin komandan
    Sekedar saran aja komandan, kalau bisa senjata otomatis yg nanti di bawa oleh FPU jangan RPD karena rantangnya sering macet dan kecepatan reloadnya llambat sekali. mungkin kita bisa pakai mini mi nya TNI. tetapi lebih baik lagi kalo kita bs beli dari luar negeri.

  38. atangsetiawan

    salut buat bpk komandan,
    semoga selamat dan sukses mengemban tugas mulia dari bangsa dan negara.

    atang
    polda metro jaya
    mhs krim ui 2000/2001

  39. diaz

    halo bang, pa kabar? saya denger indonesia mau ngikutin jejaknya india yang mau kirim fpu polwan ya, karena kalo tdk salah sudah ada tr penawaran ke polda2, ya lumayanlah kalo memang beber2 ada, paling tidak kan ada temen sebangsa dan setanah air,hehe

  40. Benar sekali bro… tapi apa ngga rawaaanssss kecuali mereka sperti FPU india dalam kesatuan utuh…….

  41. sigit

    malam komandan,
    maap saya penghuni baru kebetulan tertarik dg topik fpu di sudan.
    mohon saran-saran komandan kebetulan saya dan rekan-rekan dari mobrig jawa tengah akan mengikuti test ini pd tgl 23-28 feb 2008.
    selamat bertugas and semoga bisa di terima mengawal komandan bertugas di sudan.
    salam brigade,….

    sigit c.w.u
    gegana brimob jateng

    @ Sigit : selamat mengikuti test, mudah – mudahan lulus…. saya dengar yang ikut sekitar 300 an yang diterima 140 orang…. kalau anda mungkin akan turut FPU 2, untuk FPU 1 sudah tinggal berangkat bulan Mei Tahun ini…

  42. vena

    Ijin bang, saya bhayangkari dari danru abang di FPU ini. Saya cuma mau kasi support moril kpd pasukan FPU Indonesia, semoga selama bertugas disana selalu dalam lindungan-NYA, semoga semua anggota kontingen FPU ini kembali ke tanah air tercinta ini dengan selamat, sehat tanpa tertinggal satu apa pun di sana. AMIN. Saya sangat bangga punya suami tergabung dalam pasukan FPU ini walaupun banyak juga yang menyangsingkan misi ini. Tapi ya itu tadi, rejeki gak bakal kemana, ya gak bang? hehe, saya pribadi sih asal suami pulang dlm keadaan sehat walafiat tanpa ketinggalan satu apa pun, udah sukur alhamdulillah banget, secara pergi kesana kan gak cuma bawa nama Polri aja tapi juga bawa nama Indonesia ke dunia internasional. Mohon ijin bang, saya titip suami saya dan semua anggota kontingen FPU Indonesia semoga diberikan yang TERBAIK dan diberi keselmatan oleh-NYA selama di sana sampe pulang ke tanah air ini. Amin3x ya robbal alamin. Mohon ijin bang.

    bhayangkari
    brimob sat 3 pelopor

    @ Vena : Terimakasih dik, sudah mampir ke blog saya, tolong juga disebarkan ke rekan – rekan bhayangkari lainnya untuk yang kangen sama suami di medan tugas, mungkin blog ini bisa jadi sarana kontak…. karena saya akan update terus kegiatan kita selama setahun disana (dan sudah dimulai dari awal sekali semenjak survey ke sudan)… Mudah – mudahan kita semua selamat sampai kembali ke Indonesia.. Amin…

  43. rony

    yang penting suaminya jangan jajan ya mbak, soale uakeh hiv aids lho disana

    @ rony : no comment….

  44. mardiaz

    kabarnya bg reinhard udah berangkat ya ke sudan, met jalan ya bang, semoga sukses selama disana tidak ada hambatan dan dapat mengharumkan nama baik Indonesia di belantara afrika, jangan lupa cepet2 kirim kabar, kita semua selalu mendoakan abang supaya cepet berkumpul lagi, ada salam hormat dari erwin, aswin.

  45. Bang mhn info terakhir bang.

    @ Vdel : makanya ikut milis donk….. tanya bagaimana gabungnya sama rekan 2x lain………….

  46. mardiaz

    abang ini sentimen nian samo aku, dak pernah dibales ????? makmano bang lemak dak di darfur, jangan makan terlalu banyak bang, kagek sampe lembang OW, kalo kelebihan berat badan musti nyoto gopek/kilo, haha, gek samo cak bang ibong OW 22kg, beratssss nyotonyo, ado lg alat yang abang takutin waktu test di selapa dulu………..hehee

    @ Mardiaz : kapan ngga di jawab kandooo ??? perasaan jawab terus …..
    alat di selapa ?? oooo jepitan lemak …. ooooh no no no ….. trauma gue…….

  47. Wahyu

    Bung Rheinard, kalo bisa mampir2 ke Yei & Kajhiko, ada beberapa guard kami saat bekerja di Sudan (mereka anggota dari SPLA) , yang masih saya ingat Sergeant Hwani, Corporal Makaur & Corporal Abuy, 2 orang pertama dari suku Dinka (suku terbesar di Sudan selatan, Dinka yang berarti Lembu/sapi)
    Menarik sekali saat mendengar adanya kontingen dari Indonesia yang akan menjaga perdamaian disana, puluhan tahun mereka berperang saudara, agak miris juga saat pertama datang kesana, karena saya seorang muslim dan akan mengadakan survey hutan di daerah Sudan Selatan yang notabene penduduk nya adalah Nasrani, tetapi Commander Pagam menjelaskan bahwa mereka berperang dengan manusianya bukan dengan agamanya, bahkan beliau sempat memberi seekor kambing saat Idul Adha, serta satu orang guard yang juga seorang muslim untuk menjaga saya.
    Loyalitas mereka sangat tinggi, terbukti saat terkena malaria saya ingin sekali makan yang pedas2 asli cabai rawit, Corporal Makaur sampai-sampai berlari 3 hari 3 malam melintasi perbatasan Congo hanya untuk membawakan saya sebungkus cabai rawit yang masih segar !!! hiks.. saya terharu sekali saat itu, karena sebagai anggota militer dia melintasi perbatasan tanpa ijin hanya karena ingin melihat saya senang.. hiks..
    Saya bangun sebuah rumah panggung (mudah2an masih ada) sebagai contoh rumah sehat mereka, di tepi hutan jati wilayah Kajhiko.
    Salam saya jika anda sempat bertemu mereka
    satu lagi pesan “jangan mandi disungai !! apalagi jika punya luka luar, masih terdapat Fireworms yang akan hidup dan berjalan2 dalam tubuh”
    Sukses Bung

  48. siang nich bang rere…kl ada penugasan ke sudan mang nya bisa cuti.kira2 psikologinya gmn??mereka disana baik2 aja kan??makasi..GBU.

    @ Lita : tentunya bisa mba, syaratnya ada di tulisan saya yang terbaru… bagus lah buat menenangkan pikiran sesaat……… kami semua baik baik saja mba.. terima kasih…

  49. Kalau ke Sudan saya harap membuat gambar tentang hewan2 buas afrika yang terkenal itu yaaaaa

    @ Sunarli : Waduh berdinas di Africa Utara yang arealnya gurun pasir Sahara, jadi tidak ada binatang seperti singa, gajah dll…. paling ada onta dan keledai… :)

  50. mantf pasukan FPU disudan jangan pernah menyerah dengan keadaan oche……… bravo indonesia

  51. mantaf pasukan FPU jangan pernah menyerah dengan keadaan bravo indonesia

  52. arya

    Ada Yang tahu ngak, kapan pengumuman Seleksi Polwan yang ke Sudan, yang test nya tanggal 18 Agustus 2009 di sebasa cipinang.

  53. fernando parlin

    izin komandan…saya dari polisi umum dan dari dulu saya ingin sekali pindah ke brimob…apakah bisa komandan????mohon petunjuk……BRIGADE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s